Kata Ping cukup populer dikalangan pengguna gadget dan pemakai aplikasi chating. Apakah ping itu, apakah ping hanya sekedar kata biasa, mengapa harus menggunakan ping. Saya punya cerita menarik seputar Ping, P I N G.

Waktu itu sekitar awal tahun 2003, hari pertama masuk kerja, pertanyaan pertama yang terlontar adalah apa itu ping? Pertanyaan itu muncul ketika pertama kali melihat seorang rekan yang sudah senior mengetikan kata ping pada layar windows berlatar warna hitam. Kata ping yang diketikan diikuti dengan beberapa seri angka-angka aneh, yaaa, ternyata itu adalah alamat IP address.

Jawaban dan penjelasan atas pertanyaan tentang kata ping saat itu tidak begitu menggembirakan, cukup suram, sesuram latar belakang layar command prompt windows waktu itu. Beberapa hari setelah itu saya masih disibukkan dengan perintah ping.
Apa itu ping, apa fungsi perintah ping. Berbagai informasi saya gali untuk mendapat penjelasan rinci terkait kata ping dalam command prompt. Terus terang, seringnya belakangan ini mendengar orang mengucapkan kata ping, rasanya seperti kembali ke masa 2003. Cukup!!

Ping atau P I N G adalah kepanjangan dari Packet Internet Groper, ping merupakan salah satu perintah pada aplikasi command prompt yang berguna untuk mengecek koneksi antara komputer yang menjalankan perintah ping tersebut dengan komputer lain yang terkoneksi dengan komputer itu.

Apa ada pengalam lucu terkait ping? Ya waktu itu, saat kata ping sama sekali belum tenar, saya mencoba membantu seorang pengguna komputer yang sama sekali tidak mengerti soal jaringan. Saya menyuruhnya melalui sambungan telepon, untuk melakukan perintah ping ke sebuah alamat IP address. Hasilnya adalah muncul pesan unrecognized command, ini jelas yang salah yang memberikan instruksi, bahwa perintah ping adalah P I N G bukan P I N K. Pantas aja kalau tidak dikenali perintah pink tersebut.

Pengalaman yang kedua adalah ketika mengajarkan saudara tentang bagaimana mengecek koneksi jaringan dengan cara yang paling gampang dan mudah. Sebelumnya saudara itu sering mendengar saya mengucapkan kata ping ketika berbicara dengan rekan-rekan di kantor, dan ketika dia saya menjelaskan makna kata ping dia pun mengakui bahwa sebelum mendengar penjelasan saya dia berpikir bahwa ping adalah nama bos atau atasan saya di kantor. Hahaha ada-ada saja.

Ping menggunakan semacam metode mirip dengan Sonar yang dipakai di kapal laut, untuk mengetahui kondisi kedalaman air. Ping menggunakan protocol ICMP atau Internet Control Message Protocol.

Cara kerja Ping adalah dengan mengirimkan sebuah pesan kepada tujuannya, jika pesan yang dikirim sampai dan diterima oleh komputer atau perangkat yang dituju maka selanjutnya, komputer tujuan akan mengirimkan pesan balasan yang menyatakan bahwa pesan sudah diterima.
Ini adalah karakter asli dari Ping. Ketika sebuah komputer melakukan perintah ping maka komputer tujuan tidak perlu membuka atau menjalankan aplikasi command prompt untu membalas pesan itu ke  sumbernya. Pesan relpy dikirim secara otomatis oleh komputer penerima tanpa harus membuka aplikasi command prompt.

Pesan balasan akan secara otomatis dikirim oleh penerimanya jika ia menerima pesan tersebut. Perintah ping selalu diikuti oleh alamat komputer atau perangkat tujuan, bisa berupa IP address bisa juga berupa nama DNS dari perangkat komputer. Ada beberapa opsi tambahan yang mengikuti perintah ping, seperti jumlah pesan ping yang akan dikirim, besar atau ukuran data dari pesan ping yang bisa dikirim.

Seperti apa manfaat yang bisa didapatkan dari perintah Ping, tujuan utama perintah ping adalah untuk mengetahui bahwa koneksi antara komputer sumber dengan komputer tujuan sudah terbentuk atau masih tetap terkoneksi. Hal lain yang bisa dimanfaatkan adalah untuk mengetahui besarnya kapasitas bandwidth dari sebuah jaringan atau koneksi antar komputer.

Apa indicator atau tanda bahwa koneksi antara komputer sudah terbangun atau tidak mengalami gangguan, hanya dengan menggunakan perintah Ping? Tandanya adalah setelah mengetikan perintah ping dan diikuti oleh alamat tujuannya pada aplikasi command prompt, maka sesat kemudian akan pesan replay from alamat yang dituju.

Jika tidak muncul pesan replay atau yang muncul adalah pesan request time out atau RTO, maka kemungkinan besar koneksi antara kedua komputer yang sedang saling berkirim pesan itu mengalami gangguan.

RTO tidak semata mengindikasikan bahwa koneksi antara perangkat A dan perangkat B terputus secara fisik.  Ada banyak alasan mengapa hasil perintah ping menampilkan pesan Request Time Out.

1.    RTO terjadi karena komputer tujuan tidak merespon balik pesan yang dia terima.

2.    RTO terjadi karena pesan balasan yang dikirim oleh komputer tujuan terlalu lama sampai ke komputer asal. Setiap pesan yang dikirim malalui perintah ping memiliki durasi waktu dan jika melewati batas durasi waktu yang ditentukan maka status pengiriman dinyatakan gagal karena pesan tersebut akan di-drop.

3.    Cek Firewall dulu sebelum Ping, pesan RTO yang didapat, kemungkinan besar disebakan oleh system pengaman firewall yang terpasang dan aktif pada system operasi komputer anda memblok pesan tersebut.

4.    RTO terjadi karena protocol ICMP tidak diperkenankan lewat karena dianggap bisa memberatkan atau membebani jaringan.

Ya begitulah, jika seseorang mengirimkan pesan ping kepada anda maka sebaiknya anda cepat-cepat membalas pesan ping tersebut karena itulah yang paling diharapkan oleh pengirimnya ketika melakukan perintah ping.
Jika tidak dibalas maka dalam waktu beberapa menit anda dinyatakan tidak tersambung atau lepas dari koneksi jaringan.