Beberapa tahun silam, pemakain atau pemilihan kabel data harus benar-benar dan sesuai dengan jenis perangkat yang hendak dikoneksikan. Penentuan jenis kabel straight atau cross haruslah tepat sesuai dengan perangkat yang digunakan, kabel straight dipakai untuk koneksi komputer ke hub dan switch sedangkan kabel cross untuk komputer dengan komputer, switch dengan switch dan komputer dengan Ethernet interface dari router.

Saat ini koneksi antar perangkat tidaklah dipusingkan dengan aturan jenis kabel mana yang harus dipakai, hal tersebut berkat adanya suatu fitur dari hardware NIC yang dikenal dengan Auto-MDI/MDIX.

Apa sajakah hal-hal yang terkait dengan Auto-MDI/MDIX berikut penjabarannya.

1.    Tentang MDI dan MDIX
Auto MDI/MDIX adalah pengembangan dari dua teknologi NIC sebelumnya, MDI dan MDIX. MDI adalah kepanjangan dari Medium Dependent Interface dan MDIX adalah medium dependent interface crossover. Perangkat yang NIC yang berlabel MDI hanya support terhadap kabel jenis straight sedangkan MDIX support terhadap jenis kabel cross.

2.    OSI Layer
MDI danMDIX adalah bagian dari OSI layer 1 atau Physical Layer. MDI dan MDIX mengatur tentang bagaimana koneksi secara fisik dan transmisi sinyal elektrik dari kabel.

3.    Auto MDI/MDIX
Auto MDI/MDIX menjadikan sebuah NIC mampu mengenali dan mengatur kebutuhan koneksi berdasarkan jenis kabel yang tersambung.

4.    Switch dan Hub
Pastikan pada spesifikasi dari switch dan hub tercantum tulisan atau penjelasan yang menyatakan port-port nya sudah support fitur auto-MDI/MDIX, contohnya seperti ini: Auto-negotiation of MDI/MDIX Cross Over, futur ini memungkinkan kita untuk menghubungkan komputer ke switch dengan kabel cross.

5.    Manage dan unmanage Switch
Beberapa perangkat switch manageable bisa diatur fitur auto MDI/MDIX yang membuat pengguna bisa memilih memakai atau menonaktifkan fitur tersebut. Pada switch unmanageable fitur auto tidak bisa diatur, fitur auto-MDI/MDIX selalu aktif.

6.    Auto MDI/MDIX pada Perangkat wi-fi
Fitur auto-MDI/MDIX juga banyak diterapkan pada port Ethernet dari perangkat wi-fi. Jadi jika anda memiliki perangkat wi-fi yang support auto mdi/mdix maka tidak perlu kuatir dengan jenis kabel apa yang mesti dipakai untuk tersambut ke wi-fi jika sewaktu-waktu dibutuhkan.

Fitur auto-MDI/MDIX sangat membantu dalam proses koneksi dengan kabel data, tanpa auto-MDI/MDIX maka kita harus menyesuaikan jenis kabel dengan perangkat yang akan disambungkan.