Pada jaringan komputer koneksi fisik adalah dasar atau awal mula terbentuknya jaringan komputer, tanpa koneksi atau sambungan secara fisik maka tidak akan terbentuk network atau sebuah jaringan.

Jaringan fisik sebagai dasar dari terbentuknya koneksi antara komputer maka sangatlah penting untuk memahami secara mendalam tentang koneksi fisik pada jaringan komputer.

Berikut ini adalah urutan-urutan dari point yang memudahkan anda untuk memahami tentang koneksi fisik pada jaringan komputer.

1. Apa itu Physical Network atau Jaringan fisik
Physical Network atau Jaringan fisik merupakan koneksi antara komputer satu dengan yang lain menggunakan media kabel.

2. Topologi jaringan fisik merupakan peta yang mengggambarkan bagaimana hubungan atau keterkaitan antara satu komputer dengan komputer lain berdasarkan sambungan kabel dari dan ke komputer-komputer tersebut.

Dengan mengibaratkan Topologi dari jaringan fisik sebagai sebuah peta maka akan  memberikan pengertian kepada kita bahwa untuk melihat dan mengetahui bagaimana gambaran arah secara lengkap tentang koneksi kabel antara komputer satu dengan yang lain adalah mutlak harus dengan menggunakan sebuah network topologi.

3. Topologi dari Jaringan Fisik mendefinisikan kondisi dan karakter dari sebuah network secara spesifik, kondisi dan karakteristik tersebut salah satunya adalah koneksi kabel antar komputer.
Jadi jika ingin mengetahui secara pasti bagaimana koneksi kabel pada sebuah jaringan komputer maka anda harus mengetahui topologi jaringan tersebut.

4. Jenis-Jenis Topologi pada Jaringan Fisik adalah sebagai berikut;

b. Star
c. Ring
d. Mesh
e. Point-to-point
f. Point-to-multipoint
g. Hybrid

5. Dari jenis-jenis topologi di atas, topologi star adalah topologi yang yang paling banyak dipakai saat ini.

6. Pembahasan tentang kelebihan dan kekurangan dari masing-masing jenis topologi akan dibahas pada posting berikutnya.

Bagi user, hal-hal tekait topologi bukanlah bagian dari urusan mereka tetapi bagi pemula yang ingin berkarir di dunia computer networking, topologi network adalah dasar yang mesti diketahui dan harus dipahami dengan baik.