Biasanya kalau orang habis makan, makan siang atau makan malam yang banyak perut rasanya kencang dan tidak nyaman. Rasa kenyang yang berlebihan buat kita tidak nyaman sehabis makan selain disebabkan oleh banyaknya makanan yang kita makan juga bisa disebabkan oleh pola tingkah kebiasaan kita sehabis makan.

Berikut adalah apa saja kebiasaan yang baik yang mesti kita lakukan ketika atau sehabis makan:

  1. Berdiri

Habis makan itu lebih baik kita usahakan untuk mengambil posisi berdiri dan jangan duduk saja.

Posisi berdiri membuat makanan lebih cepat bergerak ke pencernaan untuk dicerna sehingga membuat rasa tidak nyaman karena kekenyangan lebih cepat hilang dibandingkan jika  posisi kita hanya duduk saja.

  1. Berjalan-jalan

Selama bertahun-tahun para peneliti menemukan bahwa berjalan-jalan ringan setelah makan selama 15 menit dapat membantu proses pencernaan makanan.

Pada tahun 2008 para peneliti di Jerman menemukan bahwa orang yang sehabis makan banyak dan berjalan ringan di Treadmil dapat mempercepat makanan untuk menuju ke lambung dibandingkan hanya duduk dan  minum.

Penelitian lain juga mengungkap manfaat lain dari berjalan-jalan sehabis makan, dikatakan bahwa berjalan-jalan setelah makan dapat berpengaruh kepada kadar gula darah. Berjalan-jalan setelah makan dapat mengurangi kadar gula darah yang dapat mengebabkan penyakit kardiovaskular dan diabetes.

Dalam sebuah hasil penelitian yang diterbitkan pada tahun 2009, para peneliti menemukan bahwa 20 menit berjalan kaki yang dilakukan sekitar 15 menit setelah makan malam dapat membuat kadar gula darah menjadi turun pada orang dengan diabetes tipe 2 dibandingkan jika mereka berjalan-jalan sebelum makan malam atau tidak berjalan sama sekali.

Studi lain yang dipublikasikan baru-baru ini oleh Diabetes Care, ditemukan bahwa pada orang dewasa yang kelebihan berat badan dan kurang bergerak, berjalan selama 15 menit setelah makan dapat memperbaiki kadar gula darah mereka dibandingkan jika berjalan-jalan di pagi hari selama 45 menit.

Para peneliti mengatakan bahwa berjalan-jalan setelah makan membuat glukosa dalam darah menjadi berkurang karena digunakan atau diambil oleh otot tubuh saat kita bergerak atau berjalan.

Kesimpulan

Jadi setelah makan kebiasaan baik yang mesti kita lakukan adalah jalan-jalan dulu selamat 15 menit, jangan cuma duduk-duduk atau tiduran di sofa, karena berjalan-jalan selama kurang lebih 15 menit setelah makan dapat membantu meningkatkan proses pencernaan dan juga menurunkan kadar gula darah.