Sudah 6 bulan berlalu saya berlangganan Indohome dari PT Telkom Indonesia, selama berlangganan tentunya ada pro dan kontra yang saya alami, ada untung dan malang yang saya jumpai, ada kesal dan senang yang saya rasakan.

Dalam artikel ini saya ingin berbagi pengalaman bagaimana rasanya menggunakan Indihome sebagai penyedia jasa internet dan saluran TV berlangganan.

Berikut ulasannya:

1.    Gangguan koneksi

Selama 6 bulan berlangganan, tidak pernah terjadi gangguan seperti putus koneksi internet atau terhentinya siaran TV, semuanya lancar-lancar saja.  Sama sekali tidak pernah ada masalah terkait koneksi internet dan siaran tv, semuanya berjalan lancar.

2.    Kualitas perangkat jaringan yang digunakan

Perangkat jaringan yang dimaksud adalah modem, wifi access point router, Tv box tidak pernah bermasalah. Bahkan modem Wifi Router dan  tv box atau decoder TVnya tidak pernah dimatikan, selalu standby 24 jam.

Alasan tidak dimatikan karena kalau dimatikan loading awalnya agak lama, ya tidak lama juga sih, cuma kalau untuk anak-anak itu cukup lama; Terutama kalau sedang buru-buru mau nonton acara favorit mereka.

Pernah saya alami beberapa kali TV-nya tidak bisa loading,  sudah berkali-kali direstart, tidak bisa juga. Akan tetapi dengan mengikuti panduan yang tersedia maka tv bisa kembali berfungsi. Sampai sejauh ini tidak pernah meminta bantuan dari teknisi Indihome jika ada masalah.

Perangkat WiFi AP router-nya pun sangat tangguh, jangkauannya jauh, bahkan sampai di jalan depan rumah dan selama 6 bulan tidak pernah dimatikan dan tidak pernah hang( Kecuali kalau mati lampu, hahahaha)

Mau akses wifi dari ruangan mana saja tidak ada masalah, jumlah koneksi yang banyak pun tidak ada masalah, internet tetap stabil.

3.    Koneksi internet

Koneksi internet sangat memuaskan, untuk paket langganan 10 Mbps bandwidth paling rendah yang pernah dicapai adalah 7 Mbps, sedangkan bandwidth tertinggi bisa mencapai 12 Mbps.

4.    Kuota

Indihome memberlakukan penurunan kecepatan untuk pelanggan 10 Mbps jika mencapai kuota 300 GByte menjadi 2 Mbps.
Kenyataannya adalah dalam sebulan pemakaian saya tidak pernah mencapai 100 GByte, paling tinggi 20 GByte.

Aktivitas pemakaian internet adalah streaming youtube, WA call, Line Video Call, browsing, download, blogging upload, email upload download, update gadget, upload dan download via sosmed.

Nah dengan aktivitas seperti itu kuota 300 GB tidak pernah dicapai, bahkan 10 persen-nya saja tidak sampai.

5.    Tagihan bermasalah?

Selama berlangganan Indihome tidak pernah saya alami masalah pada tagihan, artinya tagihan yang saya terima sesuai dengan pemakaian. Pembayaran pun bisa dilakukan menggunakan kartu kredit.

6.    Hilangnya Channel favorit secara sepihak

Sewaktu berlangganan ada tertera bahwa beberapa channel favorit akan berakhir setelah bulan Juni namun setelah bulan Juni sampai sekarang masih tetap disiarkan channel tersebut, contohnya bein-sport 1 -3.

Selain itu beberapa bulan sekali ada tambahan channel baru yang gratis, walaupun bukan channel favorit.

7.    Promo diskon tanyangan TV

Tanyangan TV beberapa kali mendapatkan promo gratis untuk semua channel-channel favorit dan juga penawaran harga diskon jika ingin menambah channel baru.

8.    Ada film box office on demand dan rekaman ulang siaran

Ini adalah fitur yang bagus, jika bosan nonton acara tv kita bisa nonton film-film box office secara gratis. Rekaman ulang acara favorit pun bisa kita tonton kembali.

Kira-kira begitulah pengalaman berlangganan IndiHome, kekurangannya adalah lebih pada channel TV yang tidak tersedia, padahal di provider TV kabel lain tersedia, contohnya BBCknowledge.

Sekian, semoga berguna.