Bicara tentang TL-WDR4300 N750, produk Wifi Router buatan TP link ini cukup menjanjikan dan menantang untuk dibuktikan apakah kualitasnya sehebat wifi router TP Link TL-MR3420. Masalahnya bukan pada data rate, bukan pada jumlah port UBS yang banyak, bukan pada dual frekuensi 2.4 dan 5 GHz atau bukan juga pada power antenna yang besar tapi berapa lamakah produk ini bertahan di lingkungan penggunanya yang cukup beragam serta cendrung tidak bersahabat, panas dan berdebu.

Berikut adalah pembahasan tentang TL-WDR4300, apa saja point-point penting yang mesti diperhatikan, apakah produk ini merupakan produk yang benar-benar anda butuhkan? Cek yang berikut ini:

1.    Fungsi Router

Produk TL-WDR4300 berbeda dengan TP Link TL-MR3420 yang menggunakan koneksi USB modem untuk terkoneksi ke internet, dengan kemampuan mengenali berbagai jenis USB modem mulai dari mode 3G HSPA+, HSUPA, HSDPA, UMTS, EVDO sampai 4G LTE.  TL-WDR4300 tidak support modem USB, koneksi internetnya hanya bisa tersambung dari koneksi port WAN dan LAN yang notabene adalah koneksi kabel.

2.    Interface Koneksi

a.    Terdapat 4 buah koneksi LAN atau kabel dengan kapasitas 1Gbps pada masing-masing port

b.    Terdapat 1 buah koneksi WAN atau kabel dengan kapasitas 1Gbps pada port tersebut sehingga tidak menyebabkan bottle neck.

c.    Terdapat 2 Port USB untuk koneksi ke perangkat non komunikasi seperti printer, storage device, media player, dan Ftp server. Jadi USB bukan untuk koneksi ke modem. 

3.    Frekuensi yang dipakai

TL-WDR4300 menggunakan dua buah frekuensi sekaligus dalam satu hardware yaitu 2.4 GHz dan 5 GHz. Fitur ini cukup bagus, sisi klien tidak perlu mengganti frekuensi sesuai dengan Access Point ini.

4.    Data rate

Pada judul produk ini disebutkan bahwa data rate –nya adalah 750 Mbps, kenyataannya adalah bahwa 750 Mbps merupakan gabungan antara data rate jika menggunakan frekuensi 2.4 Ghz sebesar 300 Mbps dengan data rate jika menggunakan frekuensi 5 Gbps, sebesar 450 Mbps.

Jadi data rate 750 Mbps bukanlah data rate yang dihasilkan oleh satu frekuensi tunggal. Dalam praktek tidaklah mungkin wireless klien bisa mengakses dengan dua frekuensi sekaligus secara bersamaan dengan menggunakan satu wifi adapter yang sama. 

5.    Antenna dan Power

Terdiri atas 3 buah antenna yang bisa diganti dengan antenna yang bertenaga besar. Jika membutuhkan wifi dengan power yang besar maka TL-WDR4300 bisa menjadi pilihan. Untuk power keluaran dari wifi tanpa antenna pun cukup besar, kurang lebih 20 dB.  

Pada spek dari produk TP link ini, terdapat parameter Reception Sensitivity, Reception Sensitivity adalah sensitivitas wifi dalam menerima sinyal. TL-WDR4300 memiliki sensitivitas yang bagus ( makin kecil nilai Reception Sensitivity, semakin bagus ), maksimal sensitivitas adalah  -94dBm pada frekuensi 2.4 GHz dan -92dBm pada 5 GHz.

6.    Kesimpulan

Wifi router ( bukan via USB modem 3G dan 4G ) ini sangat bagus terutama yang berkaitan dengan dual frekuensi yang beroperasional. Dari sisi harga, TP Link TL-WDR4300 cukup mahal dibanding dengan TP Link TL-MR3420. Harga TP Link TL-WDR4300 N750 yang 800-an ribu rupiah , terasa cukup mahal dibanding TP Link TL-MR3420 yang cuma 300 an ribu tapi dengan perfoma yang sudah terbukti sangat baik dan stabil.

Sumber gambar: www.tp-link.com