Resep jus kali ini tidak saja untuk menaikan semangat tapi juga berkhasiat memurnikan, memperkuat jantung, dan menambah zat kalium.

Dengan porsi sayuran berdaun gelap yang pas, wortel untuk meningkatkan sistem kekebalan dan membantu penglihatan Anda, dan apel untuk membantu pencernaan, ini adalah jus yang Anda ingin bangun setiap pagi untuk memberikan semangat membara.

Tambahkan kunyit, agen anti-inflamasi yang kuat, yang membantu berbagai kondisi termasuk memar, nyeri dada, kolik, sakit gigi, dan kram menstruasi, dan Anda siap untuk memulai hari dengan mental baja.

Bahan-bahan

1 buah Apel hijau

3 Wortel

4 lembar daun Kale, buang batangnya

2 genggam daun bayam atau selada romaine

½ lemon, peras airnya

Kunyit segar berukuran 5cm

Sejumput cabai rawit (opsional, sesuai selera)

Khasiat Bahan

1# Apel

Aple adalah pemanis alami yang sempurna karena rendah indeks glikemik. Berfungsi untuk mengontrol tingkat insulin karena melepaskan zat gula ke dalam aliran darah secara perlahan.

Apel juga dapat mengurangi gangguan usus, termasuk divertikulitis dan beberapa jenis kanker.

Apel dapat membantu detoksifikasi dan menghilangkan logam berat dari tubuh kita seperti timbal dan air raksa atau mercury.  

Apel mengandung vitamin A dan C, fosfor, flavonoid besi, dan kalsium.

2# Wortel

Wortel memiliki sekitar 52 kalori untuk satu porsi. Wortel mengandung sumber vitamin A, K, dan serat yang baik untuk kulit dan antipenuaan.

Sebuah artikel yang diterbitkan dalam Journal of Nutrition mengklaim wortel dapat melindungi dari sinar ultraviolet.

Wortel telah terbukti mengurangi risiko kanker paru-paru, payudara, dan usus besar. Wortel juga dapat membantu mencegah infeksi.

Studi menunjukkan bahwa karotenoid tinggi, beta-karoten, alfa-karoten, dan lutein efektif dalam menurunkan risiko penyakit jantung.

Wortel baik untuk kesehatan mata, gigi, gusi, dan tulang.

Sebuah penelitian di Universitas Harvard menyatakan, “Orang yang mengonsumsi lebih dari enam wortel seminggu lebih kecil kemungkinannya untuk menderita stroke daripada mereka yang hanya mengonsumsi dua wortel sebulan.”

3# Kale

Tambahan sayur kale untuk beberapa vitamin K, antioksidan, anti-inflamasi, dan baik untuk organ kardiovaskular.

4# Selada Romaine

Selada Romaine  adalah salah satu jenis sayuran berdaun gelap terbaik yang dapat dipakai untuk pembuatan jus karena rasan manis yang ringan.

Daun selada ini bukan hanya terasa enak tetapi juga mengandung banyak vitamin termasuk A, K, C, B1, B2, dan B6, serta omega-3, folat, serat, mangan, kalium, besi, magnesium, kalsium fosfor, dan tembaga.

Kandungan akan Vitamin C, beta-karoten, asam folat, kalium, dan seratnya membuat selada romaine baik untuk jantung.

Kandungan nutrisinya telah terbukti dapat menurunkan tekanan darah tinggi.

5# Bayam

Bayam kaya serat, menghasilkan energi, dan dapat meningkatkan kekuatan otak. Bayam mentah adalah pilihan yang jauh lebih baik karena mengandung fitonuten, termasuk karotenoid, yang memberikan perlindungan antioksidan untuk sel kita.

Dengan hanya 29 kalori per porsi, bayam sarat dengan sejumlah vitamin dan nutrisi.

Bayam mengandung vitamin K, C, A, dan E, serta zat besi, kalsium, kalium, dan fosfor. Satu porsi bayam mentah memberi Anda lutein dan zeaxanthin dalam jumlah besar, yang bertindak sebagai antioksidan dan dapat membantu mencegah katarak dan degenerasi makula.

Bayam mengandung oksalat, seperti halnya sayuran hijau, buah-buahan, dan kacang-kacangan lainnya. Oksalat adalah zat alami yang ditemukan pada tumbuhan dan hewan. Individu dengan masalah batu ginjal harus mengurangi makanan yang diperkaya oksalat.

(Memasak sayuran yang mengandung oksalat hanya mengurangi sedikit kandungan oksalat, meskipun banyak vitamin dan mineral yang hilang selama proses memasak.) Memutar sayuran dalam membuat jus dapat mengatasi masalah.

Peringatan bagi yang menderita batu ginjal harus memeriksakan diri ke dokter sebelum makan bayam.

6# Kunyit

Penggunaan kunyit sudah ada sejak ribuan tahun yang lalu di Cina dan India. Kunyi digunakan untuk menyembuhkan penyakit, bersama dengan ramuan lainnya. Herbal dan rempah-rempah dapat menambah banyak manfaat kesehatan untuk diet kita.

Kunyit merupakan bahan utama yang paling berkhasiat dalam perlindungan antioksidan yang tinggi untuk melawan radikal bebas. Kunyit mengandung vitamin A, C, dan E, yang telah terbukti mencegah katarak.

Kunyit baik untuk sistem kekebalan tubuh, mata, tulang, persendian, hati, sistem pencernaan, kolesterol, sirkulasi, kesehatan jantung, daya ingat, dan gula darah.

Kunyit dapat membantu mencegah atau menyembuhkan penyakit kandung empedu, Alzheimer, depresi, psoriasis, diabetes, dan stroke. Karena sifat antioksidannya, kunyit dapat memperlambat proses penuaan. Di India, kunyit dianggap sebagai gizi bagi kulit, dan dapat digunakan untuk membuat masker wajah.

 Kunyit mengandung zat anti-inflamasi yang kuat, yang membantu meredakan memar, nyeri dada, kolik, sakit gigi, dan kram menstruasi.

7# Cabe Rawit

Cabai rawit digunakan dalam detoksifikasi karena dapat merangsang sirkulasi dan menetralkan keasaman. Cabai rawit digunakan untuk mengatasi mulas, asam urat, tremor, demam, perut kembung, sakit tenggorokan, wasir, mual, tonsilitis, diare, batuk, dan sakit perut.

Cabai rawit meningkatkan aliran produksi enzim dan cairan lambung.

Dapat dijadikan sebagai pengawet, cabai rawit secara tradisional digunakan untuk mencegah bakteri mengkontaminasi makanan.

Cabai rawit digunakan untuk membantu mengobati tekanan darah tinggi ringan dan kolesterol, karena membantu mencegah trombosit menggumpal.

8# Air lemon

Manfaat lemon bagi kesehatan telah dikenal selama berabad-abad. Lemon bersifat anti bakteri, anti virus, dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Lemon mengandung banyak sekali vitamin C, bioflavonoid, pektin, magnesium, dan limonene, yang dapat meningkatkan kekebalan dan melawan infeksi.

Jus lemon membunuh beberapa jenis bakteri penyebab jerawat. Minum air lemon dari setengah buah dicampur air hangat atau suhu ruang saat bangun tidur dapat membantu untuk membuat tubuh menjadi basa dan membersihkan racun yang menumpuk dalam semalam di sistem pencernaan kita.

Lemon berperan dalam pertahanan kekebalan tubuh dan membantu perkembangan gigi, gusi, tulang, dan tulang rawan menjadi kuat.

Cara membuat

Buat jus sesuai urutan bahan yang tercantum. Jika menggunakan bubuk kunyit bukan yang segar maka tuangkan jus ke dalam gelas lalu masukan bubuk kunyit dan cabe lalu diaduk.