Perangkat WiFi Access point biasanya hanya dilengkapi dengan fitur router saja, namun ada beberapa perangkat yang dilengkapi dengan fitur tambahan yang cukup penting yaitu fitur atau kemampuan sebagai repeater sinyal.

Dalam dunia WiFi dan juga Radio Frequency pada umumnya, repeater merupakan perangkat yang memiliki kemampuan untuk menangkap sinyal, menguatkan sinyal tersebut dan mengirimkannya kembali, dengan kata lain repeater berfungsi sebagai penerima sinyal, penguat sinyal, dan juga pengirim sinyal.

Tujuan dipasang repeater adalah untuk menambah atau memperbesarĀ jangkauan sinyal.

Ada dua perangkat WiFi yang menurut saya mesti dipertimbangkan untuk kita digunakan dalam menambah kehandalan jaringan wifi atau juga untuk mengatasi persoalan lemahnya penerimaan sinyal yang biasa kita hadapi pada WLAN.

Dua wifi tersebut merupakan produk buatan TP Link yang cukup banyak dipakai, selain karena harga yang murah juga karena kualitas produk yang cukup baik.

Produk tersebut adalah TP-Link CPE210 dan TP-Link TL-WA901ND, dalam posting kali ini saya akan membahas tentang perbedaan di antara kedua perangkat Wifi tersebut, beserta kelebihan dan kekurangan keduanya.

1. Mana Wifi yang tepat untuk pemakaian indoor atau outdoor

TP-Link CPE210 adalah wifi yang dirancang untuk dipakai pada bagian luar ruangan atau outdoor sedangkan untuk TP-Link TL-WA901ND, wifi AP ini dikhususkan untuk pemakaian dalam ruangan.

Apakah kedua perangkat tersebut dapat ditukar pemakaiannya? Di mana TP-Link CPE210 digunakan di Indoor dan TP-Link TL-WA901ND digunakan di outdoor.

TP-Link CPE210 dapat dipakai di dalam ruangan sedangkan TP-Link CPE210 dapat juga dipakai di outdoor tapi dengan tambahan alat seperti konektor SMA Reverse, antenna outdoor dan mesti dimasukkan ke dalam boks panel agar tidak kena air saat ditempatkan di luar ruangan.kabelsmareverse

2. Pola penyebaran sinyal wifi

TP-Link CPE210 menggunakan antenna yang terintegrasi dengan perangkat wifi secara keseluruhan dan memiliki sudut pancar sinyal sebesar 65 derajat. Agar pancaran sinyal dapat menyebar ke segala arah maka kita butuh 6 buah perangkat TP-Link CPE210 agar total penyebaran sinyal-nya mencapai 360 derajat atau ke semua arah.

Efek dari sudut pancar yang hanya 65 derajat adalah jika ada wifi klien yang berada di luar sudut pancar maka sinyal yang diterima kemungkinan jelek atau tidak dapat sama sekali.

Sedangkan wifi TP-Link TL-WA901ND menggunakan 3 buah antenna Omni directional yang memancar ke segala arah.

3. Antenna bawaan dan antenna tambahan

TP-Link CPE210 menggunakan antenna patch yang penyebarannya sinyalnya 65 derajat dan terintegrasi di dalam casing atau bodi perangkat. Pada WiFi TP-Link CPE210 antenna-nya adalah fix antenna sehingga tidak bisa ditambahkan dengan antenna external.

TP-Link TL-WA901ND meskipun merupakan wifi Indoor tapi antenna-nya bisa digonta-ganti dengan antenna external.

Tujuan penggantian antenna adalah untuk menambah daya jangkau penyebaran sinyal wifi.

4. Fungsi repeater atau range extender

Fungsi range extender atau repeater terdapat pada kedua wifi ini, namun ada perbedaan mendasar pada karakter repeater dari kedua wifi tersebut, hal ini disebabkan karena antenna bawaan yang dipakai.

TP-Link CPE210 yang menggunakan antenna patch 65 derajat hanya bisa menerima dan memancarkan sinyal sesuai dengan arah pancaran antenna-nya. Artinya sinyal yang diterima kemudian dipancarkan kembali ke arah yang sama.

Sedangkan pada TP-Link TL-WA901ND, sinyal yang diterima dari sisi manapun dapat dipancarkan kembali ke segela arah, hal ini dapat terjadi karena antenna yang digunakan adalah antenna jenis Omni directional.

5. Fungsi Access Point dan AP router

TP-Link CPE210 adalah jenis Wifi Access point router yang dapat berfungsi sebagai router namun berbeda dengan AP router jenis lain yang tersedia port USB untuk terkoneksi dengan modem, pada TP-Link CPE210 tidak ada interface lain selain port RJ 45 untuk terkoneksi ke LAN dan atau ke perangkat sumber koneksi internet.

TP-Link TL-WA901ND adalah murni wifi Access point saja tidak fitur router pada wifi ini.

Kesimpulan

a. Hati-hati membeli dua perangkat ini, jika anda butuh access point maka kedua perangkat ini, TP-Link CPE210 dan TP-Link TL-WA901ND sudah support, pastikan benar apa kebutuhan utama anda; Apakah butuh Access point + Repeater saja, atau butuh AP router atau butuh Access point + router + Repeater.

b. Tapi jika anda butuh Wifi AP router maka hanya TP-Link CPE210 yang support namun tidak menggunakan modem USB, koneksi internet sepertinya hanya melalui koneksi LAN atau juga melalui jaringan Wifi.

c. Kedua perangkat ini dapat meneruskan sinyal wifi ke perangkat lain karena terdapat fitur repeater atau range extender.

d. TP-Link CPE210 menurut saya, sangat terbatas hardware-nya. Tidak ada port untuk konektor SMA reverse sehingga antenna-nya tidak dapat ditambahkan dengan antenna yang lebih besar. Padahal untuk sebuah wifi Access point outdoor akan lebih bagus jika antennanya bisa ditambahkan atau diganti dengan antenna yang type karekternya adalah Omni directional.antennaomni