Rosa Parks hanyalah seorang wanita kulit hitam Amerika Serikat yang biasa-biasa saja. Sebuah insiden yang menimpanya ketika menumpang sebuah bis umum, membuatnya masuk dalam daftar tokoh besar pejuang Hak Asasi Manusia.

Saat ini apa yang dilakukan oleh Rosa adalah sebuah tindakan yang benar, kulit putih, kulit hitam, kulit merah semua sama, semuanya manusia, kenapa harus dibeda-bedakan. Namun pada masa-masa itu praktek pembedaan berdasarkan warna kulit sering terjadi di segala aspek kehidupan dan itu sah-sah saja.

Secara kronologi, kisah awal keterlibataan Rosa dalam penegakan HAM dan anti rasialisme bermula dari sebuah kejadian kecil dan spontan. Menolak paksaan supir bis untuk memberikan tempat duduknya kepada penumpang warga kulit putih.

Rosa Parks telah memberikan pelajaran penting kepada generasi sekarang, berani menolak secara tegas dan spontan terhadap praktek ketidakadilan. Meski ia harus kehilangan pekerjaan dan berbagai kerugian akibat dari aksinya itu, tapi sikap berani dan tegas Rosa yang spontan kemudian menjadi motivasi bagi sesama kaum kulit hitam lainnya untuk bangkit, menentang segala ketidakadilan dari peraturan yang rasialis.

Kini, rakyat Amerika dan juga dunia menyadari betapa penting dan monumentalnya aksi dan tindakan Rosa Parks.Meski kini ia telah tiada namun semangat wanita pemberani itu haruslah tetap dijadikan motivasi kepada kita sampai kapan pun.