Tanpa sambungan atau koneksi  ke jaringan data, sebuah komputer, smartphone atau tablet, sulit untuk bisa diterima oleh penggunanya. Tuntutan terhadap ketersedian konektiivitas dari sebuah perangkat komputer saat ini semakin sangatlah besar dari sisi penggunanya. Jika sebelumnya hanya mengandalkan media kabel maka saat ini media tanpa kabel merupakan koneksi wajib yang mesti dimiliki oleh setiap komputer, smartphone dan tablet agar bisa memuaskan dan diterima oleh penggunanya.

Koneksi data pada perangkat komputer terdiri atas berbagai macam jenis. Secara umum berdasarkan jenis media yang digunakan, koneksi atau komunikasi data antar komputer terdiri atas 2 jenis  yaitu media kabel dan tanpa kabel.

Media kabel terbagi atas beragam jenis mulai dari kabel coax, UTP sampai kabel Fiber Optic.
Media tanpa kabel terbagi atas berbagai jenis mulai dari koneksi GSM, VSAT, Wireless Fidelity atau Wifi , Infrared sampai teknologi laser.

Dari berbagai jenis koneksi tanpa kabel, wifi merupakan jenis koneksi yang paling banyak digunakan dan selalu tersedia pada perangkat komputer, smartphone dan tablet. Alasan dipilihnya koneksi wifi adalah karena perangkat tersebut memberikan kemudahan dan keuntungan yang lebih dibanding koneksi kabel. 

Keuntungan menggunakan jaringan dengan teknologi Wireless Fidelity atau Wi-Fi untuk koneksi data adalah sebagai berikut:
1.    Jaringan Wi-Fi tidak banyak melibatkan kegiatan instalasi fisik seperti pembuatan jalur dan penarikan kabel, dengan kata lain mudah untuk dikerjakan.

2.    Biaya material untuk pengadaan jaringannya relatif murah dibanding dengan jaringan kabel.

3.    Pengetahuan untuk pemasangan jaringan wifi lebih mudah dan cepat untuk dipelajari.

4.    Penggunaan kabel hampir tidak ada sehingga keraphihannya bukanlah masalah.

5.    Gangguan secara fisik kepada sistem jaringan hampir tidak ada.

6.    Mobilitas penggunanya menjadi tinggi, bisa secara bebas berpindah-pindah ke sana kemari tanpa dibatasi oleh kabel.

7.    Beberapa perangkat yang tidak bisa terkoneksi ke jaringan dengan koneksi kabel dengan menggunakan teknologi  wifi  maka perangkat tersebut bisa terhubung ke jaringan. Misalnya kamera digital yang tidak punya interface RJ45 tapi punya koneksi wifi, dengan adanya jaringan wifi maka perangkat tersebut bisa terkoneksi ke jaringan dan berbagi sumber daya dengan perangkat lainnya yang ada di jaringan.

Jaringan wireless sendiri bisa digunakan untuk berbagai macam koneksi, hampir sebagian besar perangkat digital yang biasa dipakai sudah tersedia koneksi wifi dan bisa terhubung dengan jaringan wifi. Berikut adalah pemanfaatan jaringan wireless Wifi :

1.    Dengan koneksi wifi dari smartphone ke perangkat TV atau audio yang sudah tersedia koneksi wifi maka pengaturan perangkat TV dan audio terpusat pada  smartphone, tidak perlu banyak perangkat.

2.    Dokumen atau foto pada smartphone bisa langsung di cetak di printer tanpa melalui PC, hal ini dimungkinkan berkat koneksi wifi antara printer dan wifi. Bayangkan jika tidak ada wifi, smartphone sulit untuk terkoneksi ke printer dengan hanya menggunakan kabel data.

3.    Jadikan smartphone sebagai cadangan untuk koneksi internet anda. Jika koneksi utama internet yang anda pakai menggunakan wifi router mengalami gangguan maka anda bisa menjadikan smartphone sebagai access point router dan membagi koneksi internet dengan laptop atau pc anda, tentunya dengan menggunakan koneksi Wifi .

4.    Sharing file antara komputer dan smartphone atau tablet tidak perlu menggunakan kabel data lagi, semua bisa dilakukan dengan atau melalui koneksi wifi. 

5.    Me-remot komputer PC dari Smartphone  dengan koneksi wifi

Kelemahan jaringan wifi hanya terletak pada: rentan terhadap gangguan interferensi, jarak atau daya jangkaunya tidak jauh begitu jauh dan bandwidth-nya yang masih kurang besar dibanding jaringan kabel.

Semoga berguna. 
Sumber gambar: https://www.flickr.com/photos/miniyo73/8371683905/