Saat akan membeli tas laptop memang membuat pusing karena kita dihadapkan pada banyaknya pilihan merk, pertimbangan harga, ukuran, praktis tidaknya, pas tidak nya dibadan, warna dan motifnya mesti yang keren, besar kecilnya laptop yang bisa dibawah, apakah bisa dibuat untuk jadi tas traveling liburan atau tidak, apakah tas itu anti maling atau tidak.

Yaaa begitulah kira-kira syarat-syarat yang mesti dipenuhi sebuah produk tas sehingga bisa meyakinkan kita untuk membelinya. Apakah dengan mudah kita menemukan tas tersebut? Rasanya tidak sulit, tapi kendalanya adalah harga. Harganya pasti mahal jika harus memenuhi semua kriteria tersebut.

Bagi saya, ada beberapa persyaratan penting sebuah tas laptop yang wajib dipenuhi, cukup beberapa saja. Kita tidak perlu mempertimbangkan beragam kriteria yang rasanya tidak penting.

Berikut beberapa kriteria tas laptop yang penting yang mesti dipertimbangkan saat memutuskan untuk dibeli.

  1. Cek ukuran laptop yang bisa masuk

Biasanya pada spesifikasi sebuah tas laptop tertera ukuran laptop yang bisa dimasuk ke dalam tas. 15” Inch, 14 Inch atau 13” Inch. Ukuran yang tertera tersebut adalah ukuran maksimun laptop yang muat dalam tas.

Kalau yang tertera untuk ukuran 14inch, sedangkan laptop kita  15 inch maka jangan paksakan untuk membeli, apapun kondisinya. Karena walaupun laptop bisa masuk tas, biasanya karena dipaksa, maka tas anda tidak lama lagi akan rusak, karena kelebihan beban.

2. Bagian kulit yang tahan air dan keras

Saya pernah membeli laptop dan bertanya kepada penjualnya. Apakah tas ini tahan air? Jawabnya Iya, type bahan tas ini adalah water resistant, yang artinya bahan tas tersebut dapat menahan air untuk beberapa waktu lamanya tanpa harus membuat bagian dalamnya basah.

Setelah melewati waktu daya tahan air maka air akan menembus ke dalam tas.

Tipe bahan tas lainnya adalah yang ketika terkena air maka bahwa tas tersebut sama sekali tidak basah, efeknya sama seperti ketika daun talas yang terkena air. Nah, bahan yang seperti ini  biar terkena air dalam waktu yang lama pun tidak akan basah bagian luar dan dalamnya.

Tapi jangan direndam dalam air ya, pasti basah bagian dalam tas karena air akan merembes masuk melalui celah-celah lubang seperti celah resleting dan lainnya.

3. Anti maling

Tas anti maling itu syaratnya banyak, salah satunya adalah bahan tas harus tahan disayat pisau cutter? Rasanya sulit cari tas laptop yang seperti ini kecuali tas kulit. FYI, tas kulit untuk laptop harganya jutaan rupiah. Rasanya tidak masuk kriteria kita.

Menurut saya tas laptop anti maling itu adalah tas yang resletingnya tidak mudah dibuka, agak keras dan kalau bisa resletingnya terbuat dari logam.

Bagian dalam tas harus terdapat laci-laci atau kantong-kantong tersembunyi yang tidak mudah dijangkau.

4. Beban berat tapi rasanya ringan

Tas laptop yang bagus itu meskipun beban yang diisi banyak dan berat tapi terasa ringan saat dibawa.

Cek tali-tali pengikatnya, tas yang bagus itu biasanya talinya kuat dan empuk untuk menjaga beban berat tas tidak melukai  atau membebani bahu kita secara berlebihan.

 Ada beberapa tas, bentuk dan talinya sangat enak dipakai dan membuat beban menjadi lebih ringan saat dibawah dibanding tas lain yang diisi berat beban yang sama.

5. Model yang ramping dan professional

Jika laptop tersebut juga dipakai saat bepergian untuk urusan bisnis, maka pertimbangkan untuk membeli tas yang tampilan profesional dan ramping sehingga membuat terlihat lebih profesional.

Jangan pilih tas laptop yang besar, dan tebal, dimana ketika dipakai terlihat seperti orang yang sedang pindahan atau salesman door to door yang membawa banyak barang dagangan dalam tasnya.

6. Kompartemen laptop yang tersembunyi dan terpisah dengan lainnya

Biasanya tas laptop itu, kompartemen atau tempat untuk menaruh laptop berada pada satu bagian dengan tempat untuk menyimpan barang-barang lainnya. Laptop yang bagus biasanya kompartemen laptop itu terpisah dengan kompartemen lainnya.

Jadi saat kita membuka tas laptop untuk mengambil charger hape maka tidak akan terlihat laptop kita.

7. Daya tahan bagian bawah tas laptop

Untuk tas laptop model ransel, kalau kita menaruh tas laptop kita pada posisi tegak maka bagian bawahnya bukanlah bagian yang menempel pada punggung  saat dipakai tapi bawah adalah bagian dudukan dari tas.

Nah, bagian ini harusnya sama kuatnya dengan bagian lain dari tas dan mesti terbuat dari bahan yang lebih tebal dan empuk untuk menahan laptop agar tidak terbentur saat ditaruh dengan posisi tegak.

8. Support portability

Pastikan tas laptop yang akan dibeli terdapat fitur-fitur yang mendukung teknologi masa kini. Seperti adanya lubang untuk memasukan kabel headphone atau earphone, juga terdapat colokan USB yang terhubung dengan power bank untuk kebutuhan mengecas.

9. Sempatkan untuk mencoba terlebih dahulu

Ini yang sulit bagi yang biasa membeli online. Kalau tidak sempat mampir ke gerai tas maka coba tas milik teman anda, jika tidak ada juga maka mau tidak mau anda mesti datang ke toko dan mencobanya langsung.

Karena untuk memastikan tas tersebut masuk dalam kriteria di atas maka tidak ada cara lain selain melihat langsung tas tersebut.

Mungkin anda tidak harus membelinya langsung di toko kalau dirasa harganya terlalu mahal atau tidak bisa ditawar. Anda bisa pulang dan membelinya secara online jika selisih hargnya terasa jauh berbeda.

Kira-kira tips di atas sudah yang  terbaik untuk membeli sebuah tas laptop, rasanya harganya tidak terlalu mahal, 500 ribu pun sudah dapat tas dengan kriteria di atas. Jangan terlalu perhitungan dengan harga jika kualitasnya dan bisa bertahan lebih dari 5 tahun pemakaian.