Bulan ini pengeluaran saya untuk belanja online cukup besar, salah satunya adalah untuk membeli mesin cuci.

Setelah bantalan penyangga bagian pengering mesin cuci Sanken yang kami pakai selama lebih dari 13 tahun sudah keropos dan tidak bisa lagi menahan beban, maka terpaksa harus kami ganti dengan yang baru.

Sebenarnya mesin lama kami tersebut masih bisa berfungsi dengan baik untuk mencuci, tapi untuk mengeringkan atau memeras air dari pakaian yang basah sudah tidak bisa lagi.

Karena sudah percaya dan yakin dengan merk Sanken yang awet dan tahan lama maka pilihan mesin cuci yang baru juga kami pilih yang merk Sanken juga. ( hahahah bukan promo ya, tapi kenyataan).

Langkah selanjutnya adalah mengecek di toko online siapa tahu ada promo dan dapat cashback yang besar, atau ada toko yang memang benar-benar menjual murah mesin cuci.

Benar saja ternyata ada banyak penawaran mesin cuci sanken denga harga yang murah.

Pilihan saya jatuh pada Sanken Mesin Cuci 2 Tabung 8 kg TW-8660 P.

Spesifikasinya :

– Mesin cuci 2 tabung

– Kapasitas : 8kg

– Energy Saving (hemat listrik), kalau mencuci cuma butuh daya  150 Watt dan  130 Watt untuk pengeringnya.

Harganya Rp.1,3 Juta, wah murah juga tapi bagaimana dengan ongkos kirimnya, mesin cuci kan berat, bisa 20 Kg, kalau dikenakan ongkir biasa pakai jasa pengiriman seperti JNE dan teman-temannya, maka ongkirnya pasti besar, bisa mencapai 200 ribu.

Setelah dicek kembali ternyata berat barangnya ditulis hanya 50 gram. Tapi tunggu dulu ini lokasi penjualnya di mana? Oh ternyata di daerah DKI Jakarta.

Supaya proses kirimnya cepat dan murah, tips dari saya adalah gunakan filter lokasi saat pencarian produk pada toko online.

Mencari penjual yang terdekat dengan alamat pengiriman.

Contoh: Karena saya tinggal di wilayah Bekasi maka secara spesifik pada filter pencarian saya terapkan filter lokasi yaitu Kota Bekasi dan Kabupaten Bekasi, sehingga hasil pencarian yang muncul adalah hanya penjual yang berlokasi atau posisinya di daerah Kota Bekasi atau Kab Bekasi, yang notabene dekat dengan tempat tinggal saya.

Setelah melakukan pencarian dengan filter yang saya inginkan maka muncul para penjual yang berdomisili atau mengirimkan barangnya dari daerah Bekasi. Tapi mesti dicek juga, berat barang untuk menentukan ongkos kirimnya harus kecil, untuk yang saya alami adalah masih sama, 50 gram.

Yang saya lakukan selanjutnya adalah bertanya kepada penjualnya melalui fasilitas chating pada aplikasi toko online tersebut soal biaya kirim.

Penjual kemudian merespon bahwa pembeli tetap memilih salah satu penyedia jasa pengiriman seperti JNE dan lainnya, tetapi barang yang sebenarnya  akan dikirim pada hari yang sama juga dengan menggunakan mobil pickup dan biayanya adalah 100 ribu, dan langsung diserahkan kepada sopir mobil pickupnya.

Setelah melakukan pembayaran pada pagi hari, pada siang harinya sekitar jam 1 siang barang sudah sampai di rumah saya.

Setelah cek kelengkapan barang di kartu garansi, langsung saja mesin cucinya dites, hasilnya: Mesin cuci bekerja dengan baik.

Kesimpulannya adalah

Pertama, jika hendak membeli barang yang besar dan berat di toko online, seperti mesin cuci, maka pastikan terlebih dahulu penjualnya berada di wilayah kota atau kabupaten yang paling dekat dengan domisili kita.

Yang kedua adalah pastikan berapa ongkos kirim yang dikenakan apakah mengikuti tarif jasa pengiriman atau ada kebijakan lain dari penjualnya, pastikan hal tersebut dengan bertanya langsung kepada penjualnya melalui fitur chat yang terpadat pada aplikasi toko online tersebut.

Semoga berguna