Hati-hati, ternyata MicroSD atau memori card itu ada yang palsu juga, seorang penulis dan juga pengamat toko online di sebuah situs berbahasa Inggris mengatakan bahwa toko online sekelas Wish.com memberikan penawaran fantastis untuk berbagai barang yang biasa diminati pencinta gadget, mulai dari kacamata night vision hingga adaptor Bluetooth dan tentunya kartu memori microSD.

Asal tahu saja toko online ini, yang didirikan oleh mantan programmer Google dan Yahoo, telah menarik perhatian banyak pembeli, karena harga barangnya yang super murah.

Tapi kita mesti berhati-hati, sang pengamat toko online itu mengatakan bahwa barang jualan toko tersebut terlalu mencolok perhatian dengan harganya yang fantastis murahnya. 

Contohnya,  microSD dengan kapasitas besar , 512 GB hanya dihargai sekitar 175 ribu rupiah, sangat murah. Tapi ternyata, sebagian besar kartu ini kemungkinan besar tidak asli alias palsu. Kartu memori tersebut jika dipakai maka masih dapat terbaca oleh perangkat hape kita, akan tetapi kapasitasnya tidak sesuai dengan yang tertera pada kemasan atau spek yang ditawarkan.

Berikut ini adalah hal-hal yang mesti anda perhatikan untuk menghindari membeli kartu microSD palsu:

Cek tampilan kemasan kartu microSD yang ditawarkan.

Gambar iklan di Wish.com untuk kartu MicroSD Huawei 512GB Class 10. (Kelas 10 berarti sangat cepat.).

Masalahnya di mana? Menurut sang pengamat, Huawei tidak membuat kartu microSD untuk dijual bebas.

Inilah masalah dengan gambar iklan tersebut. Raksasa teknologi Cina, Huawei, tidak membuat kartu microSD untuk dijual bebas. Mereka memang membuat Kartu Memori Nano-eksklusif tapi itu hanya dipasang diperngkat mereka jika anda membelinya.

Misalnya jika anda membeli hape Huawei maka anda akan diberikan juga kartu memori merk tersebut, tapi Huawei tidak pernah menjual microSD secara terpisah. Yang dijual di wish.com sepertinya palsu, sebab menurut sang pengamat kapasitas microSD buatan Huawei tidak ada yang berkapasitas seperti yang dijual terpisah dan bebas tersebut.

Contoh lainnya adalah kartu MicroSD VGBATM 512GB Class 10. Dimana palsunya?

Verbatim tidak membuat kartu microSD 512GB, kartu microSD Verbatim 512GB terasa begitu menipu karena meskipun Verbatim membuat kartu memori tapi tidak dengan kapasitas 512GB, untuk lebih pasti lagi maka sebaiknya anda mengecek produk asli mereka di internet, terutama dari sumber terpercaya seperti dari situs resmi mereka.

Contoh lainnya lagi seperti ini, ada penawaran berbunyi sepeti ini “Kartu MicroSD Asli.” Penjual kartu memori bahkan tidak mencantumkan merknya sama sekali.  Kartu jenis ini biasanya dibuat dengan sangat baik, mirip sekali dengan produk aslinya.

Contohnya pada list produk Kartu MicroSD di Wish.com yang terlihat sangat mirip dengan desain kartu memori Samsung EVO Plus ini.

Masih kurang yakin? Jangan sampai anda terpancing untuk   membelinya dengan alasan hanya sekedar ingin membuktikan asli tidaknya; Itu gambling namanya, ingat judi itu haaaraam( kata bang Roma).

Jangan termakan dengan harga yang murah dan toko online yang terkenal, kenapa? Karena Wish.com bukan satu-satunya toko online yang menjual kartu microSD palsu. eBay juga sudah dibanjiri kartu microSD palsu. Bahkan Amazon telah menjual (dan kadang-kadang masih menjual) kartu microSD palsu, bukan amazon langsung tapi penjual rekanannya.

Bagaimana orang memalsukan kapasitas isi kartu MicroSD?

Para pemalsu kartu memeri biasanya memodifikasi pengontrol kartu microSD untuk memalsukan volume atau kapasitas isi memori card. Jadi, saat kita memasukkan kartu microSD ke hape atau komputer kita, maka akan muncul indikasi atau bahwa kartu kita sesuai dengan kapasitas yang ditawarkan. Tidak ada masalah, tapi tunggu dulu, untuk membuktikannya benar-benar palsu maka anda harus mengisi penuh kartu memory tersebut dengan meng copy data ke dalamnya, jika jumlah data yang terisi tidak sampai setengah kapasitas dan ada peringatan seperti ini

  • Tidak ada cukup ruang untuk data Anda
  • Data Anda yang ada mulai ditimpa
  • Kartu macet atau rusak, hape anda jadi hang

Dengan sangat menyesal saya katakan bahwa anda sudah tertipu, kartu memori itu sudah pasti palsu. Segera cabut dan jangan dipakai lagi, kartu memori tersebut bisa membuat data anda rusak.

Bagaimana cara mengecek kartu memori

Kalau sudah membeli kartu memori palsu maka langkah yang anda lakukan( jika tidak bisa dikembalikan) adalah mengecek berapa sebenarnya kapasitas isi memori card tersebut.

Caranya adalah dengan menggunakan beberapa aplikasi berikut ini:

  1. FakeFlashTest

FakeFlashTest adalah program komputer yang dapat memeriksa kapasitas asli dari flash drive. Ada banyak alat penguji microSD palsu, tetapi FakeFlashTest  adalah yang terbaik saat ini.

Bermacam jenis tes bisa dilakukan dengan menggunakan tools ini.

  1. Anda dapat menggunakan Flash test ini untuk memastikan dengan cepat apakah sebuah drive itu palsu atau tidak.
  2. Bisa juga digunakan untuk mengetes kecetapan menulis dan membaca dari sebuah flash drive. Jika proses tulis / baca gagal, ini akan ditampilkan dalam log.
  3. Dapat menganalisa secara mendalam terkait proses menulis dan membaca beberapa flash drive dan kemudian membandingkannya.

Download: FakeFlashTest for Windows (Free)

2. H2testw

H2testw adalah program alat untuk memeriksa status microSD. Proses pengetesan bisa memakan waktu cukup lama.

Sama seperti FakeFlashTest, H2testw memeriksa ruang kosong di drive dengan menulis file ke semua ruang yang tersedia di perangkat, lalu membacanya kembali.

Download: H2testw for Windows (Free)

3. ChipGenius

Chip Genius berbeda dengan tools lainnya. Tools ini tidak  menulis data ke perangkat flash drive  dan membacanya kembali, tapi metode yang dipakai ChipGenius adalah membaca informasi langsung dari memori flash di dalam kartu.

Inilah alasan mengapa ChipGenius sangat cepat ( tercepat ) dalam menentukan sebuah flash drive asli atau palsu.

Saat anda menjalankan ChipGenius, arahkan ke bawah ke informasi detail. Pada bagian informasi, tertera berapa total kapasitas dari flash dirve ( USB flash atau MicroSD) yang sedang dites.

Download ChipGenius

Memperbaiki Kartu MicroSD Palsu Menggunakan DiskPart

DiskPart adalah utilitas partisi disk yang terintegrasi dalam system operasi Windows. Anda dapat menjalankannya menggunakan Command Prompt, dan ini adalah cara mudah untuk membuat microSD palsu dapat berguna lebih.

Caranya adalah

Pertama, Cek drive dari flash drive, catat huruf drive kartu microSD.

    Jalankan aplikasi command prompt dengan melakukan klik kanan, pilih Run as administrator terlebih dahulu.

Ketik diskpart

Kedua, ketik   list volume. Cek volume dari flash drive atau drive yang mau disetting. Yang akan kita lakukan adalah mengecilkan kapasitas terbaca sesuai dengan kondisi nyatanya.

Ketiga, Ketik select volume ( masukan nomor volume dari flash drive yang mau diset) .

Keempat, ketik shrink desire=( masukan nilai yang diinginkan)

Nilai 1000 adalah nilai kapasitas yang diinginkan setelah di setting. Perintah tersebut dalam satuan megabyte. Misalnya, jika Anda ingin mengurangi ukuran drive sebesar 1GB, Anda harus mengetikkan “1000.”

    Masukkan jumlah yang diinginkan [jumlah megabita], dan tekan Enter. Misalnya, jika Anda membeli drive 512GB tetapi kapasitasnya sebenarnya 8GB, Anda dapat mengetikkan perintah untuk mengecilkan 504000 menjadi sesuai dengan ukuran sebenarnya.

Semoga berguna