Saya pernah beli tablet Android buat anak, tabletnya lumayan bagus dan mahal untuk ukuran saat ini. Kenapa mahal, iya harganya 1,3 jt dan hanya bisa koneksi ke jaringan WiFi saja, merknya pun tidak begitu terkenal.

sebelum-beli-tablet-cek-dulu-jenis-koneksinyaDengan harga segitu, sekarang ini kita bisa beli tablet yang lumayan bagus dengan banyak merk termasuk merk-merk terkenal.

Untuk diketahui bahwa koneksi jaringan pada tablet ada beberapa jenis antara lain.

1. Koneksi WiFi

Jaringan wifi merupakan jaringan yang banyak dipakai dan belum tersedia dalam jangkauan yang masal atau luas, lebih banyak tersedia pada jaringan hotspot atau yang sifatnya lokal.

Koneksi WiFi dapat membuat menghubungkan tablet dengan jaringan internet.

2. Koneksi Bluetooth

Bluetooth tidak bisa diandalkan untuk koneksi data, Bluetooth lebih banyak dipakai untuk menghubungkan tablet dengan perangkat tambahan seperti headphone dan perangkat tambahan lainnya.

Meskipun bluetooth bisa dipakai untuk konek ke internet tapi koneksi semacam ini jarang sekali dipraktekan; Koneksi Bluetooth tidak cocok dipakai untuk konek ke internet.

3. Koneksi Selular

Jaringan selular terdiri atas beragam jenis antara lain jaringan CDMA, GSM dan juga 4G LTE, selain untuk kebutuhan komunikasi data, koneksi ke internet, jaringan selular juga dipakai untuk komunikasi suara atau voice.

Kondisi ideal sebuah tablet

Idealnya sebuah tablet itu harus dilengkapi deng 3 jenis koneksi di atas. Menurut pengamatan saya tidak semua tablet dilengkapi dengan ketiga jenis koneksi.

Semakin lengkap koneksi sebuah tablet maka semakin bagus tablet tersebut, beda dengan sebuah hape smartphone yang mewajibkan produsen smartphone untuk menyediakan ketiga jenis koneksi tersebut, tablet malah jarang yang memiliki kelengkapan koneksi seperti hape smartphone.

Jadi sebelum membeli pastikan jenis koneksi atau jaringan apa yang tersedia dan cocokan dengan kebutuhan anda, apakah anda suka mobile dan terus terhubung ke internet atau hanya butuh koneksi ke hotspot lokal saja.