Koneksi wifi yang saat ini sedang digunakan beroperasi pada dua jenis frequency yaitu 2.4 GHz dan 5 GHz. Setiap perangkat yang beroperasi menggunakan frequency 2.4 GHz tidak dapat terkoneksi dengan perangkat wifi yang beroperasi pada Freq 5 GHz.

Jadi ketika kita hendak membeli laptop maka pastikan terlebih dahulu jenis koneksi wifi pada laptop tersebut. Wifi adalah jenis koneksi yang paling sering saat ini, hal ini dikarenakan fleksibelitas dan sangat memudahkan penggunanya untuk bergerak bebas ke mana saja.

Memastikan jenis koneksi pada wifi sebenarnya tidak sulit, yang membuat orang sering bingung adalah karena pada spesifikasi dari laptop tersebut tidak pernah disebutkan jenis frequency apa yang dipakai oleh wifi yang tersedia.

Biasanya pada bagian konektifitas Wifi yang tercantum hanyalah kata Integrated atau wifi 802.11 b/g/n atau Wifi 802.11 ac atau intergrated Wifi 802.11 ac or Wifi 802.11 b/g/n.

Berikut penjelasan tentang Wireless Network Protocol:

1. wifi 802.11 b/g/n

Wireless Network Protocol type Wifi 802.11 b/g/n adalah protocol yang menandakan bahwa koneksi wifi pada laptop tersebut hanya dapat beroperasi pada frequency 2.4 GHz.

Namun memiliki lebih dari satu antenna untuk memancar dan menangkap sinyal. Koneksi wifi jenis ini lumayan bagus dibandingkan jika yang tertera hanya protocol WIfi 802.11 b/g.

2. Wifi 802.11 ac

Wireless Network Protocol type Wifi 802.11 ac adalah protocol yang menandakan bahwa koneksi wifi pada laptop tersebut hanya dapat beroperasi pada frequency 5 GHz.

Kemampuan dan kecepatan wifi jenis ini di atas atau lebih tinggi dari wifi 802.11 b/g/n.
Yang perlu diwaspadai jika membeli laptop dengan protocol wifi 802.11 ac adalah koneksi hotspot atau perangkat hotspot seperti modem Mifi dan Wifi AP jarang yang beroperasi pada frequency 5 GHz.

Jadi sebelum membeli pastikan terlebih dahulu bahwa jaringan wifi di mana laptop tersebut bakal terkoneksi, juga beroperasi pada frequency yang sama dengan laptop tersebut, jika tidak maka laptop tersebut tidak akan bisa terkoneksi.

3. Wifi 802.11 ac or Wifi 802.11 b/g/n

Jika tertera Wifi 802.11 ac or Wifi 802.11 b/g/n pada spesifikasi laptop maka sudah bakal dipastikan bahwa laptop tersebut mendukung untuk koneksi ke jaringan wifi yang menggunakan freq 2.4 GHz maupun yang beroperasi pada freq 5 GHz.

Semoga dengan penjelasan ini tidak lagi ada keraguan dalam membeli sebuah laptop hanya karena koneksi wifi.
Semoga berguna