Pada tahun 1968 Alan Curtis Kay melontarkan konsep Dynabook yang berisikan ide-ide pemikiran tentang komputer. Meski hanya sebuah konsep pemikiran namun Dynabook merupakan sebuah pemikiran cerdas yang menjadi dasar bagi terciptanya komputer personal modern seperti Laptop atau Notebook dan Tablet PC. Alan kay kemudian menuangkan idenya dalam sebuah makalah yang lebih detail membahas soal Dynabook namun tetap saja ide tersebut dianggap sebagai hal yang mustahil. Ide mustahil itu pun seperti terlupakan namun untung tidak sampai hilang.

Pada tahun 1983 atau sebelas tahun setelah Alan Kay memperkenalkan detail Dynabooknya, muncul sebuah alat yang bernama Apple Bashful dari Apple. Apple Bashful sendiri tidak pernah produksi. Foto prototype Apple Bushful terungkap dari perusahaan rekanan bernama Frog Design yang bertugas men-design produk tersebut. Sepertinya perkembangan teknologi tablet PC cukup lambat.

Perlahan namun pasti akhirnya tablet pc pertama berhasil dijual untuk umum. Kali ini di tahun 1988, Grid System berhasil menjual Gridpad dengan harga yang sangat mahal bahkan untuk ukuran jaman sekarang, US$ 2370, wow. Teknoloagi Gridpad adalah kemudian digunakan juga oleh Apple Newton dan produk Palm karena sang pembuatnya Jeff Hawkins, adalah penemu Palm Computing. Pemakaian Gridpad terbatas terbatas pada institusi kesehatan dan hukum, wajarlah karena harganya yang mahal.

Setahun setelah keberhasilan Grid System, pada tahun 1989, Wang Laboratories mengeluarkan produk bernama Freestyle. Produk ini menggunakan teknologi stylus-based system yang memungkinkan pengguna menulis dalam file dokumen apa saja atau sekedar membubuhi keterangan dengan system pendeteksi suara melalui handset telepon dan kemudian mengirim dokumen tersebut melalui email. Komponen Freestyle seperti tablet, stylus, kartu antarmuka, perangkat lunak, kabel, telepon, faks dan scanner, dijual secara terpisah atau lengkap keseluruhannya.

Di tahun 1993, muncul AT&T EO Personal Communicator. Kelebihan Tablet PC ini dibandingkan pendahulunya yaitu sudah dilengkapi dengan perangkat komunikasi wireless, modem, fax, mikrofon, kalender, program database dan word processor. Menggunakan chip AT & T Hobbit yang diciptakan oleh AT & T secara khusus untuk menjalankan kode dari bahasa pemrograman C. Kesuksesan AT&T membuat persaingan para produsen tablet semakin seru.

 

Pada tahun 1993 Apple mengeluarkan produk mereka bernama Newton. Apple Newton merupakan perangkat PDA dengan kelengkapan layaknya sebuah tablet. Apple Newton adalah produk tablet generasi pertama di mana hardware dan softwarenya dikembangkan langsung oleh Apple. Apple Newton dipasarkan dengan harga US$6000, Wooow.

Raksasa IT, Microsoft, juga tidak mau ketinggalan. Tahun 2002 mereka mengeluarkan Microsoft Tablet PC yang dilengkapi dengan berbagai fitur seperti handwriting recognition dan semua fungsi PC diadopsi ke dalam tablet tersebut. Di lengkapi dengan processor berkecepatan 500 sampai 600-MHz , memory sebanyak 128MB of RAM dan hard disk sebesar 10GB serta USB port. Tablets tersebut menggunakan Operating system Windows XP. Namun konon khabarnya produk ini tidak terlalu laku di pasaran.

Layaknya singa yang dibangunkan dari tidurnya,Apple pun langsung melakukan gebrakan luar biasa dengan mengeluarkan tablet PC generasi kedua mereka yang bernama Apple iPad, tahun 2010. Produk ini adalah produk tablet pc tersukses sampai dengan saat ini.