Dalam perjalanan ke kantor saya bertemu dengan sekumpulan pemuda dengan jaket yang  seragam, dari penampilannya sepertinya mereka adalah bekerja pada kantor yang sama.

Kesimpulan itu saya ambil setelah melihat logo yang tertera pada jaket para pemuda itu dan akhirnya saya dapat pastikan bahwa mereka itu bekerja pada sebuah instansi swasta.Seluk Beluk Membuat dan Menciptakan Sebuah Logo

Dengan hanya melihat sebuah logo kita bisa mengenali dari mana asal-usul pemilik logo itu, siapa pemilik dari logo tersebut.

Dalam keseharian sering kita jumpai banyak logo berseliweran di depan muka kita, mulai dari yang bagus, berkarakter, mudah dimengerti arti dan maksud logo tersebut sampai ada juga logo-logo yang sulit kita pahami arti  dan maksud logo tersebut.

Banyak logo yang dibuat dengan desain professional tapi juga sering kita jumpai yang asal jadi, tanpa makna tanpa arti.

Setelah mengecek ke sana kemari, maka saya sampai pada beberapa poin penting terkait logo.

Ternyata sebuah logo itu tidak sembarang dibuat, logo itu punya makna tertentu dibalik bentuk, warna dan tulisan yang tertera.  

Bagi anda yang mau membuat sebuah logo untuk komunitas, usaha bisnis dan perkumpulan ormas tidak ada salahnya anda menyimak hasil penyelidikan saya, meskipun saya bukan seorang logo desain tapi menurut pengamatan saya sebuah logo itu harusnya seperti berikut ini:

       Logo itu unik

Logo yang unik artinya logo itu harus bisa membedakan produk atau apapun yang diwakilinya dengan produk lain atau objek lain yang kurang lebih mirip.

Saking uniknya logo membuat orang akan segera tahu dan mampu membedakan produk atau objek apa yang diwakili melalui logo tersebut.

Kalau mau membuat atau menciptakan logo yang bagus maka buatlah logo seunik mungkin agar membedakan dengan produk lain yang sama.

        Kenali benar objek yang diwakili oleh logo

Objek yang diwakili oleh sebuah logo bisa bermacam-macam mulai dari sebuah produk barang, jasa, ormas, partai politik, perusahan dan sebagainya.

Desain bentuk sebuah logo menurut pengamatan saya biasanya tidak jauh-jauh dari bentuk objek yang mereka wakilkan.

Misalnya OS windows menggunakan bentuk jendela rumah sebagai logonya, produk Cisco menggunakan logo jembatan San Francisco sebagai logonya.

Sebuah logo itu menurut pengamatan saya, bentuk dan rupanya biasanya tidak jauh dari objek yang diwakilinya.

        Warna logo

Warna-warni sebuah logo itu ternyata ada artinya, misalnya warna merah pada logo melambangkan energik, berani dan sexy.

Berikut adalah arti warna-warna pada sebuah logo:

Merah: energik, seksi, berani

Orange: kreatif, ramah, muda

Kuning: cerah, inventif, optimisme

Hijau: pertumbuhan, organik, instruksional

Biru: profesional, medis, tenang, dapat dipercaya

Ungu: spiritual, bijaksana, menggugah

Hitam: kredibel dan kuat

Putih: sederhana, bersih, murni

Merah muda: menyenangkan dan genit

Coklat: pedesaan, sejarah, mantap

          Pilih kata-kata atau  symbol

Menurut para pakar logo, jenis logo itu terdiri atas dua jenis, logo yang berupa kata-kata dan logo yang berupa symbol. Sebuah perusahaan yang mempunyai nama unik bisa menggunakan tulisan nama perusahan tersebut sebagai logo.

Contohnya IBM dan coca-cola, karena nama mereka begitu unik, cuma satu-satunya di dunia maka sangat tepat menggunakan nama mereka sebagai logo.

Namun jika nama perusahaan kita cukup banyak kemiripan maka agar logonya unik maka kita harus mencari disain symbol yang unik juga.

          Buat logo anda sederhana dan tidak rumit

Logo yang bagus itu adalah logo yang sederhana dan gampang untuk dipahami, dengan melihat sepintas saja maka orang bisa langsung menebak seperti apa perusahaan dan produk yang mereka jual.

Logo yang baik juga harus bisa terlihat menarik dan elegan jika ditempatkan di mana saja, dengan latar belakang beraneka ragam.

Apalagi di jaman digital seperti sekarang ini, desain logo dituntut untuk benar-benar bisa beradaptasi dengan segala macam latar belakan website sosmed yang beraneka ragam warnanya tanpa harus mempengaruhi penampilan dari logo tersebut.

        Logo tidak menjamin produk atau obyek terwakil bakalan sukses

Sebagus apapun disain logo yang kita buat, tidak akan menjamin keberhasilan dan kesuksesan produk kita. Sukses tidaknya sebuah produk ditentunkan oleh banyak faktor, logo hanya membantu untuk menciptakan image atau citra dari sebuah produk agar mudah dan dapat diingat oleh calon pelanggan.

Jangan terburu-buru untuk membuat perubahan atas logo yang sudah kita buat jika tidak ada perubahan atas usaha dan bisnis yang kita jalani.

Tetaplah bersabar dan terus kembangkan usaha kita, jika usaha kita sudah maju dan sukses maka kita bisa membuat sedikit perubahan terhadap logo kita sesuai dengan kondisi yang ada.

        Dari mana sumber inspirasi untuk membuat logo

Jika anda punya uang untuk menyewa desainer logo maka anda bisa membayar mereka untuk membantu membuatkan logo yang pas bagi anda.

Tapi jika anda tidak punya dana lebih maka anda bisa memanfaatkan internet karena internet adalah sumber inspirasi terbanyak dan tidak ada batasnya.