Sebaiknya sebuah rumah dan ruangan-ruangan di dalamnya harus terbebas dari binatang yang namanya kecoak, apalagi kamar tidur. Seperti diberitakan pada kompas.com baru-baru ini, seekor kecoa hampir menyebabkan kematian seorang wanita.

Kejadiannya di kota Chennai, India, seekor kecoa diketahui berada di dalam rongga kepala seorang wanita, kecoa itu masuk ke dalam rongga kepala ketika si wanita itu tertidur lelap dan terjebak di dalam rongga matanya.

Tidak lama setelah kecoak itu masuk dan berada dalam kepalanya  maka dampak yang dirasakan oleh wanita bernama Selvy ini sungguh merupakan sebuah siksaan.

Awalnya Selvi  mengeluh sakit dan kesemutan, serta muncul rasa seperti ada yang merayap di dalam kepalanya.

Perempuan berusia 42 tahun itu mengaku, sakit yang dia alami terasa luar biasa.

“Saya tak bisa menerangkannya dengan kata-kata, saya memang sempat berpikir ada serangga di dalam,” ungkap dia.

Menurut Selvi, ketika serangga itu bergerak, ada sensasi terbakar yang dirasakan di antara kedua matanya.

“Saya menghabiskan waktu semalaman dengan duduk dan merasakan ketidaknyamanan itu,” sambung dia.

“Saya hanya menunggu pagi untuk segera pergi ke RS Stanley, setelah mendapat rekomendasi dari seorang kawan,” kata perempuan itu lagi.

Di RS, tim dokter harus menggunakan endoskopi melalui lubang hidung untuk mencari tahu penyebab rasa tak nyaman itu.

Mengejutkan. Dokter mendapati seekor kecoa besar dalam keadaan hidup bersarang di dalam tengkorak. Kecoa itu didapati berada di antara mata wanita tersebut.

Rupanya, kecoa itu merangkak naik di dalam hidung Selvi itu saat dia sedang tidur. Binatang itu kemudian terjebak karena tak bisa menemukan jalan keluar.

Pertama-tama, para dokter mencoba mengeluarkan kecoa itu tanpa alat besar. “Tapi kecoa itu seperti tidak mau keluar,” ungkap salah satu dokter.

Dokter akhirnya harus menggunakan forceps untuk menarik kecoa melalui rongga hidung wanita itu.

Forceps adalah alat yang menyerupai sepasang sendok yang mencapit kecoa itu.

“Ini merupakan pengalaman pertama saya setelah praktik sebagai dokter selama 30-an tahun,” ujar Dokter M N Shankar, yang memimpin tindakan terhadap Selvi.

Lebih mengejutkan, kecoa yang diperkirakan sudah berada di dalam kepala selama 12 jam itu, masih bergerak-gerak ketika dokter menariknya keluar.

Dokter mengatakan, kecoa itu bisa membuat lubang di otak untuk mencari jalan keluar. Hal itu bisa menyebabkan infeksi bahkan kematian.

Sungguh, mengerikan…..

Mulai sekarang segera basmi kecoa di rumah anda, jagalah selalu kebersihan rumah dan lingkungan anda, jangan biarkan kecoa berkembang biak dan bebas berkeliaran.

Semoga berguna

Sumber: Kompas.com