Saat Hape kita dan beberapa pengguna lain terkoneksi ke internet pada sebuah hotspot maka model koneksi dari jaringan wifi antara hape dengan pusat koneksi dari hotspot tersebut dikenal sebagai model point to multi point.

Point to multi point adalah koneksi dari satu perangkat wifi ke beberapa perangkat wifi lain. Tidak banyak yang tahu bahwa koneksi model point to multi point seperti wifi hotspot memiliki banyak macam hal yang mesti dipahami dan diketahui.Apa Saja Koneksi WiFi Point to Multi Point Yang Mesti Diketahui

1.    Apa saja komponen yang digunakan dalam koneksi model point to multipoint?

Koneksi point to multi point menggunakan Wifi Access Point atau AP sebagai pusat koneksi, WiFi AP adalah perangkat wifi yang dapat menerima dan memancarkan sinyal gel radio dari dan ke beberapa wifi klien.
Wifi klien, merupakan perangkat yang berada di sisi klien yang menjadikan klien dapat terhubung ke jaringan wifi.

2.    Apakah harus pakai WiFi Access Point untuk membuat sebuah jaringan Wifi point to multipoint ?

Idealnya harus menggunakan Wifi Access point atau Wifi AP router. Beberapa perangkat seperti wifi klien dan mini wifi dapat dibuat atau difungsikan mirip seperti wifi AP.

Kelemahan perangkat WiFi seperti MiFi yang dimodif layaknya Wifi AP adalah terbatasnya jangkauan sinyal yang dipancarkan dan terbatasnya jumlah klien yang dapat terhubung.

3.    Apakah kelebihan atau keuntungan jika menggunakan wifi AP yang perangkatnya benar-benar khusus dibuat untuk kebutuhan sebagai Access Point.

Jika menggunakan wifi AP benaran maka wifi klien yang terhubung ke AP, bisa saling berkomunikasi dan bertukar informasi data secara langsung tanpa harus terhubung ke internet.  Wifi AP juga berfungsi sebagai penghubung antara jaringan wifi dan jaringan kabel.

4.    Contoh jaringan WiFi yang model Point to Multi point

Contoh jaringan wifi point to multi point adalah hotspot internet, jaringan wifi milik kantoran, jaringan wifi di sekolah-sekolah, di mall, di rumah sakit, di hotel dan sebagainya.

5.    Resiko ancaman saat terhubung dengan sebuah jaringan wifi point to multi point

Saat terhubung ke jaringan wifi yang menggunakan AP maka semua wifi klien yang merupakan tersambung jaringan bisa saling berkomunikasi, oleh karena itu cek file dan folder milik kita tidak dalam kondisi sharing.

Jika kita lupa menonaktifkan sharing file maka orang lain yang terhubung bisa mengakses file atau data-data kita tanpa kita ketahui.

6.    Apakah dalam membangun sebuah jaringan hotspot selalu dibutuhkan wifi ap router?

Wifi AP router adalah perangkat yang dapat menghubungkan jaringan internet melalui modem dengan klien-klien menggunakan koneksi tanpa kabel atau wireless.

Untuk membangun sebuah jaringan wifi yang memiliki akses ke internet maka tidaklah selalu harus menggunakan wifi AP router, kita dapat menggunakan wifi access point biasa yang memiliki port Ethernet sehingga dapat terhubung ke jaringan kabel yang memiliki koneksi ke internet.

Semoga berguna