Minum air putih memang menyehatkan tapi apa yang terjadi akan kita alami jika minum air putih dengan jumlah yang lebih banyak dari yang disarankan?

Tidak banyak orang yang mencobanya, mungkin karena aktivitasnya tidak mendukung untuk itu atau memang cukup merepotkon jika harus minum air putih sebanyak 4 liter sehari.

Mengutip dari sebuah tulisan akan kisah seorang di internet, saya ingin memberikan kepada anda gambaran seperti apa dampak yang terjadi jika minum air putih berlebihan terhadap tubuh kita, dan apa pendapat pakar kesehatan tentang situasi tersebut.

Aleta Burchyski mengisahkan bahwa dia adalah orang yang membenci untuk minum air putih. Ia merasa bahwa air putih itu sudah terkontaminasi dengan berbagai hal yang membahayakan kesehatan, mulai dari belerang, ganggang, kaporit air kolam renang sampai pipa logam yang sudah tua.

Hampir setiap hari ia menghindari air putih untuk menjauhkannya dari masalah kesehatan,  ia memilih kopi, teh herbal dan sesekali LaCroix.

Tetapi beberapa bulan yang lalu, ia mulai mengalami dehidrasi kronis yang membuatnya terus merasa lelah dan pegal.

Untuk memastikan bahwa benar kurangnya konsumsi air putih membuatnya seperti itu maka ia memutuskan untuk memutuskan untuk melakukan sesuatu yang dikenal di internet sebagai Water Gallon Challenge: minum satu gallon air perhari ( satu gallon air yang dimaksud adalah adalah ukuran volume air, 1 Gallon = 3,7 Liter untuk standar US dan 4,5 Liter untuk standar Eropa, jadi bukan satu gallon minuman air mineral yang isi sebenarnya adalah 19 Liter) selama sebulan, dengan harapan kulit jadi lebih bersinar dan dapat lebih banyak  energi.

Karena ketidaksukaan terhadap air putih maka ia menyiapkan beberapa bahan tambahan untuk penambah selera antara lain Jeruk limau, mentimun, garam laut, campuran elektrolit darurat. Ia juga membuat jurnal untuk memonitor energy yang dihasilkan, kinerja yoga, kapan istirahat di kamar mandi.

Begini pengalamannya hari demi hari.

Hari 1:  Saya kencing setiap 15 menit. Bagaimana aku bisa menyelesaikan sesuatu?

Hari 2: Rasanya tidak mungkin secara fisik untuk buang air kecil lebih dari yang saya lakukan kemarin sebanyak 21 kali, namun hari kedua saya melakukanya sebanyak 23 kali. Contoh lain efek dari tantangan ini adalah mual ringan pada sore hari dan sedikit sakit kepala.

Hari 4: Saya tidak merasa seperti wanita berusia 70 tahun ketika saya bangun tidur pagi ini. Aku membersihkan rumahku dengan stamina bak seorang putri dalam cerita Disney. Apakah air menjadi obat ajaib untuk keletihan umum yang menurut dokter bukanlah hal yang nyata?

Hari 5: Ya! Air adalah kehidupan! Saya tidak lagi merasa pincang ketika memulai hari saya dengan kaki dan tulang belakang meringkuk seperti daun kering. Saya pikir percobaan ini akan membuatku sengsara, tetapi sekarang saya benar-benar mendapatkan hasil yang baik. Sedikit catatang: Meskipun air itu jernih, bahkan air yang sudah difilter pun masih terasa menjijikkan jika tidak diberi tambahan rasa.

Hari 7: Sekarang bisakah kita bicara tentang betapa bagusnya aku dalam yoga? Paha belakang saya jauh lebih fleksibel, dan punggung saya menekuk dengan mudah. Lebih baik lagi, saya memiliki energi sesudahnya, dan saya tidak merasa sakit pada hari berikutnya.

Hari 10: Pergantian ke air yang telah di ultrasonik oleh reverse osmosis (ditambah “pemolesan karbon” dan sterilisasi UV) telah terbukti berkhasiat. Air jadi benar-benar enak dan sangat manis, tanpa sedikit klorin. Sekarang saya adalah pemilik tiga galon air isi ulang yang sangat berbangga diri.

Hari 14: Saya sangat membutuhkan air di pagi hari dari pada kopi. Saya seperti tidak mengenali diri saya sendiri.

Hari 19: Intensitas buang air kecil telah menurun hingga sepuluh kali per hari. Saya masih sangat sadar berapa banyak air yang mengalir ke toilet, jadi saya telah menyumbangkan $ 30 untuk Charity: Water, yang mendanai proyek air bersih di 26 negara.

Hari 24: Terapis pijat saya menegaskan bahwa otot dan fasia saya terasa lebih longgar. Dia terkejut mengetahui bahwa sebelumnya dalam dua tahun lebih dia sudah berusaha menyembuhkan atau membuat lebih baik, tapi tidak berhasil. Mungkin penyebabnya karena  saya hampir tidak pernah minum air putih sama sekali.

Hari 32: Ups, 1 bulan sudah lewat dan saya bahkan tidak menyadarinya — hidrasi adalah rutin, dan saya menyukainya. Apakah saya akan terus meminum 128 ons setiap hari? Tidak, kecuali saya banyak berkeringat. Tetapi anda lebih baik percaya bahwa saya akan terus minum air yang begitu berharga dan sangat murni ini, demi untuk kebaikan karena saya bergantung padanya.

Bagaimana Pendapat Ahli Gizi Terkait Dehidrasi

Hidrasi adalah proses di mana ion dikelilingi oleh molekul-molekul air yang tersusun dalam keadaan tertentu. Hidrasi membantu menstabilkan ion-ion dalam larutan dan mencegah kation untuk bergabung kembali dengan anion.

Dehidrasi adalah kehilangan cairan tubuh.

Nicole Lund, ahli gizi dari Langone Sports Performance Center, Universitas New York, menjelaskan dasar-dasar hidrasi.

Berapa banyak konsumsi cairan yang tepat?

 “Hidrasi yang tepat berarti 85 ons air sehari dari makanan dan minuman, ditambah lagi untuk mengisi kembali apa yang sudah hilang saat berolahraga.” (Itu kira-kira empat ons air untuk setiap seperempat pon kehilangan berat selama latihan Anda.)

Energi dan kinerja

“Perubahan fisiologis terjadi bahkan pada tahap awal dehidrasi, termasuk penurunan volume darah dan lebih sedikit oksigen yang dikirim ke jaringan sel. Perubahan ini membuat Anda lebih sulit berkeringat, yang akan meningkatkan suhu tubuh dan detak jantung serta membuat Anda merasa lebih lelah selama berolahraga. “

Mondar mandir kamar mandi

 Sering bolak-balik ke kamar kecil adalah normal dengan peningkatan asupan air, kata Lund. “Seperti hal lain yang Anda ubah secara drastis, tubuh Anda perlu waktu untuk menyesuaikan diri jika mulai minum lebih banyak.”

Apa yang kesimpulan atau catatan pentingnya

 “Kita semua ketika bangun pagi akan mengalami sedikit dehidrasi. Cara termudah untuk membuat atau menghilangkan dampak hehidrasi adalah tersedianya segelas besar air di pagi hari. ”

Jadi, jangan takut untuk minum banyak air putih, bayak cara yang bisa ditempuh dan membuat anda mewujudkan tantang 3 liter perhari, jangan takut bolak-balik kamar mandi, itu hanya dampak sementara, pikirkan manfaatnya yang lebih besar.

Semoga berguna.

Sumber: outsideonline.com