hari pertama kerja setelah lulus kuliahMasuk kerja kembali setelah libur panjang selama 6 hari tidak saja membuat malas-malasan kerja tapi ingatan akan hari pertama bekerja di kantoran kembali muncul, meski sudah hampir 12 tahun yang lalu namun kenangan hari pertama kerja setelah lulus kuliah masih jelas dalam pikiran.

Hari pertama sampai di kantor, kata selamat pagi dan jabatan tangan adalah kerjaan pertama yang mesti dilakukan sampai semua karyawan sudah dapat jatah.

Penuh dengan formalitas, sopan santun, ramah tamah; hahahaha masih lebih baik jaman pertama kali masuk kuliah, tidak ada basa-basi, tidak banyak ramah tamah, semuanya langsung, to the point, bahasanya pun bahasa gaul. Inilah salah satu aturan tidak tertulis dalam dunia karyawan professional yang mesti ditaati.

Apa yang dikerjakan saat pertama kali di kantor ?

Setelah sesi salaman dan kenalan selesai, yang dilakukan berikutnya adalah menunggu untuk briefing, sambil menunggu, lebih baik cari posisi tempat duduk yang pas, lokasinya tidak terlalu terlihat atau mencolok dari segala sudut, tujuannya adalah mencari posisi yang tepat untuk mengamati seisi ruangan tanpa mesti diketahui seisi kantor, hahaha dasar. Posisi menentukan prestasi, bro!!

Inisiatif basa basi

Ya bisa dibilang seperti itu, sebagai karyawan baru dengan titel fresh graduate, tidak ada sedikit pun pengalaman yang bisa diandalkan untuk dipakai bekerja. Jadi biar kelihatan penuh inisiatif dan coba memberikan kesan yang bagus buat para bos di kantor maka terpaksa harus aktif, tanya ini, tanya itu.

Setelah dengar penjelasan atau jawaban dari karyawan senior, ngangguk-angguk padahal belum tentu ngerti, hahahha itulah yang namanya inisiatif basa-basi. Pertanyaannya gak mutu, amatiran tapi sok pro. Yang penting inisiatifnya dong, jangan lihat kualitasnya, namanya juga masih fresh.

Bertanya dan menjawab

Ingat bro, bahasa yang dipakai mesti formal, kalau tidak mau terkesan kampungan, apalagi sampai terdengar banyak karyawan wanita di situ, kesannya nora’ banget. Hahahaha, Jadi senyum-senyum sendiri.

Cara bertanya dan menjawab mesti diatur sedemikian rupa biar tidak kelihatan polos, padahal memang masih polos, intinya mesti dikondisikan seformal mungkin dalam menjawab dan bertanya biar kesannya pro.

Kata seorang kerabat, kalo menjawab pertanyaan atau menjelaskan sesuatu jangan sok teori, jangan ilmu kuliahan lurus-lurus dipakai, bisa jadi bahan bencandaan nanti ( hahaha, siaaap boss). Satu lagi nih aturan tidak tertulis yang gak boleh dilanggar, jangan juga sok tau, jangan memotong pembicaraan karyawan senior.

Junior tidak punya hak

Waktu istirahat, saya ngobrol-ngobrol dengan rekan senior yang sudah duluan kerja beberapa bulan sebelumnya. Konon katanya junior yang baru masuk biasanya diperlakukan seperti waktu OSPEK di kuliah tapi caranya lebih halus. WTF….

Perintah senior mesti dikerjakan, termasuk yang tidak ada hubungannya sama kerjaan kantor seperti beli makan siang dan buat kopi untuk senior. Naaasibnya jadi junior. Tapi syukur, saya tidak mengalami itu, seniornya baik-baik semua, atau mungkin karena saya-nya yang pandai cari muka (hehehe).

Penasaran menanti hari berikutnya.

Hari pertama memang terasa begitu lama, waktu berjalan begitu lambatnya, rasanya hari itu segera berlalu. Berharap secepatnya hari berganti. Masalahnya bukan biar cepat gajian tapi penasaran apakah saya bisa mengerjakan kerjaan yang dikasih dengan baik.

Rasanya tidak sabar lagi menanti tugas-tugas kerja yang terberat, seperti apa sih tugas berat itu, apakah saya mampu mengerjakannya, apa sanksinya jika gagal. Sabar bro, waktunya pasti akan datang, tidak perlu terburu-buru.

Siap mental professional dan belajarlah dari para senior. Rangkaian pertanyaan penuh kegalauan yang hanya bisa terjawab seiring waktu berjalan.

Mengkhayal dapat pujian dari bos

Biasalah kalo newbie tuh seperti itu, yang dipikirkannya yang enak-enak saja. Dapat bonus, dapat kenaikan gaji, dapat promo jabatan macam-macamlah. Hahaha bodoh amat, yang penting hepi. Waktu sudah hampir jam 5 sore sudah saatnya untuk siap-siap pulang.

Tidak sabar untuk segera sampai di rumah

Jam 5 teng, langsung pamitan pulang, secepatnya ingin sampai di rumah, pingin cerita panjang lebar sama orang rumah hari pertama di kantor, pingin nelpon pacar sepuasnya dari rumah tentang bonus dan gaji yang serta masa depan yang cerah… lebay dikitlah, pingin minta saran kerabat yang sudah pengalaman kerja, ya macam-macamlah.

Ya begitulah pengalaman hari pertama jadi karyawan kantoran, semoga berguna.