Wifi router NETGEAR R6700 Nighthawk AC1750 Dual Band Smart WiFi Router, Gigabit Ethernet (R6700) menjadi yang paling laris dibeli dari Amazon.com. Dengan jumlah review mencapai 21ribu rasanya ini wifi router terlaris dan mungkin terbaik yang pernah ditawarkan dengan harga yang terjangkau untuk semua tingkat pengguna, mulai dari rumahan sampai kantoran besar.

Dilihat dari spesifikasi, wifi ini terlihat luar biasa namun ada beberapa hal menjadi patut dicermati sebab hal tersebut bisa menjadi kelemahannya.

Saya akan menunjukkan ulasannya berikut ini.

  1. Menggunakan kategori standar IEEE 802.11ac Dual Band Gigabit

Jika sebuah wifi berstandar IEEE 802.11ac artinya wifi tersebut menggunakan frequency operasional yang berkerja bersamaan yaitu freq 2.4 GHz dan 5 GHz.

Perlu diketahui jika sebuah wifi menggunakan frequency tinggi, 5 GHz, maka bandwidth yang mampu disediakan wifi tersebut lebih tinggi dibanding jika hanya menggunakan freq 2.4GHz.

Untuk NETGEAR R6700 Nighthawk AC1750 Dual Band Smart WiFi Router sudah menggunakan standar IEEE 802.11ac, bagaimana dengan bandwithnya?

2. Data rate maksimum AC1750 WiFi : 450+ 1300 Mbps

Perlu diketatahui bahwa data rate adalah kemampuan atau daya maksimum sebuah wifi dalam memancarkan gelombang sinyal, jadi data rate bukan bandwidth ril.

Yang pasti jika semakin tinggi data rate sebuah wifi maka semakin besar bandwidth yang dapat disediakan wifi tersebut.

Jadi jika anda menggunakan NETGEAR R6700 Nighthawk AC1750 Dual Band Smart WiFi Router ini, maka anda pasti tidak memdapatkan bandwidth sebesar 1300 Mbps atau 1,3 Gbps.

3. Disebutkan dalam speknya bahwa jangkauan WiFi Range: Sangat besar jangkauannya.

TIdak jelas alasan apa yang mendukung pernyataan ini. Perlu diketahui bahwa jauh dekatnya jangkauan sinyal wifi itu ditentukan oleh daya pancar wifi tersebut dan juga seberapa besar kemampuan antenna wifi dalah menguatkan sinyal yang akan dipancarkannya.

Sayang dalam spesifikasi wifi  NETGEAR R6700 Nighthawk AC1750 ini tidak disebutkan berapa daya wifi dan berapa daya pancar antennanya.

4. Secara bersamaan memancarkan sinyal berfrequency 2.4 GHz dan 5 GHz

Ya ini kelebihan yang sangat menguntungkan penggunanya, tidak perlu was-was untuk mengupgrade wifi klien yang masih beroperasi dengan freq 2.4 GHz.

5. Tersedia 4 Ethernet port dengan kecepatan 10, 100 dan maksimum 1000Mbps

Ini cukup menguntungkan jika penggunanya membutuhkan kecepatan transfer yang tinggi maka tinggal menggunakan koneksi kabel saja.

6. Prosesor 1GHz dual core yang sangat powerfull

Sudah seharusnya jika sebuah wifi Router dengan standar IEEE 802.11ac membutuhkan prosesor yang cepat. Ini untuk mendukung kinerjanya secara keseluruhan.

Saya pikir ini bukan keuntungan tetapi ini adalah tanggung jawab  setiap vendor router wifi jika mereka ingin memberikan kinerja terbaik.

Untuk spesifikasi lain saya rasa tidak ada yang istimewa, mungkin harganya relatif murah untuk router wifi IEEE 802.11ac.

Saya pikir router wifi ini sangat layak untuk dibeli dan digunakan. Kuncinya terletak pada frekuensi dual band yang digunakan, standar 802.11ac dan didukung oleh powerfull prosesor dual core.