Apa itu Jaringan Wireless?Jaringan Wireless adalah teknologi komunikasi data antar komputer yang menggunakan sinyal gelombang elektromaknet sebagai media penghantar untuk mengirimkan atau melewatkan data antara satu computer dengan computer lainnya.

Dari sudut pandang para pengguna atau users networking, tidak ada perbedaan antara jaringan Wireless dan jaringan kabel, bagi pengguna jaringan selama aplikasi yang dipakai oleh user seperti web browser, email dan sebagainya berfungsi dan  berjalan secara normal maka hal tersebut bisa diterima dan tidak peduli seperti apa jaringan yang digunakan.

Membangun sebuah jaringan wireless di rumah atau di kantor tidak bisa hanya dilihat dari sudut pandang pengguna saja.  Secara teknis, membangun sebuah jaringan wireless sangat berbeda dengan membangun jaringan kabel.

Secara teknikal antara koneksi wireless dan koneksi kabel memiliki perbedaan yang besar, mulai dari bentuk media fisik sampai protocol yang mengatur kedua jenis koneksi tersebut. Inilah yang mesti diketahui dan dipahami ketika akan membangun sebuah jaringan wifi di lingkungan rumah maupun kantor kita.
Dari mana asalnya gelombang electromagnet itu berasal?

Media  penghantar pada jaringan wireless adalah gelombang electromagnet. 

Gelombang electromagnet yang timbul, berawal ketika penghantar listrik yang dialiri arus listrik yang mengalir dari sumber tegangan negative ke  sumber tegangan positif dan sebaliknya secara terus menerus dengan intensitas yang semakin bertambah.

Pergerakan arus listrik tersebut akan menimbulkan gaya listrik, semakin tinggi intensitas pergerakan arus listrik maka semakin besar pula gaya listrik yang dibangkitkan. Karakter  pergerakan Gaya listrik adalah bergerak menjauhi penghantar  dan meradiasi atau menyebabkan  daerah sekitarnya terkena dampak dari gaya listrik muncul tersebut.

Pergerakan dari gaya listrik itulah yang dikenal sebagai Gelombang Electromagnet. Dalam dunia telekomunikasi hal-hal yang terkait dengan gelombang elegtromagnet lebih dikenal sebagai Radio Frequency atau RF.  

Gelombang electromagnet biasanya dihasilkan melalui sebuah antenna untuk dipancarkan melalui udara ( tanpa media penghantar yang terlihat secara fisik ) dan kemudian pada peralatan di sisi lawannya, gelombang electromagnet tersebut diterima oleh antenna untuk diproses  sehingga bisa diketahui data dari pesan yang dikirim.

Awal mula pemakaian Gelombang Electromagnet adalah untuk telekomunikasi yang pesan atau datanya masih bersifat analog, seperti;
1.    System kominikasi telegraph
2.    Radio komunikasi, Radio broadcaster seperti Radio FM dan AM.
3.    Pemancar siaran televisi

Namun seiring perkembangan teknologi yang makin maju maka gelombang electromagnet juga dipakai untuk menghubungkan perangkat komputer yang menggunakan data digital, antara lain adalah sebagai berikut;
1.    Jaringan Cellular system seperti GSM dan CDMA
2.    Koneksi pada perangkat komponen komputer seperti mouse dan keyboard
3.    Jaringan Satelite
4.    JaringanWireless Fidelity atau WiFi

 Berikut kesimpulan tentang teknologi wireless yang dipakai untuk kebutuhan komunikasi data:

1.    Teknologi wireless yang dipakai untuk komunikasi data adalah teknologi yang menggunakan sinyal gelombang electromagnet yang dipancarkan tanpa melalui media perantara yang terlihat secara fisik seperti kabel.

2.    Dibutuhkan  tenaga listrik untuk bisa membangkitkan dan  memancarkan gelombang electromagnet.


3.    Antenna adalah peralatan yang berfungsi untuk memancarkan dan menerima gelombang electromagnet.


4.    Kekuatan pancar gelombang electromagnet sangat tergantung pada daya pemancarnya.


5.    Gelombang electromagnet hanyalah media tidak peduli apa yang dilewatkan padanya.


6.    Data yang dilewatkan atau dikirim melalui gelombang electromagnet bisa berupa data analog dan bisa juga data digital.