Bukan karena ia seorang fotografer profesional sehingga cara yang diajarkannya terlihat mudah untuk kerjakan tapi memang trik yang ia berikan benar-benar mudah untuk diterapkan dalam membuat dan meningkatkan kualitas sebuah foto dengan jepretan kamera.

Adalah Peter McKinnon seorang Youtuber dan fotografer pro, melalui video yang diunggah ke youtube memberikan beberapa trik dan tips yang mudah untuk dikerjakan agar kualitas foto yang kita buat lebih bagus dari biasanya.

Saya akan mencoba menyimpulkan apa saja yang dikatakan dan dipesan oleh Peter dalam Bahasa Indonesia, simak yang berikut ini:

1.     Pertimbangkan sudut pengambilan gambar

Sebelum mengambil gambar, luangkan waktu sekitar 10 detik untuk mempertimbangkan sudut pandang terbaik dalam mengambil gambar sebuah obyek. Cobalah untuk sedikit berpindah posisi, siapa tahu anda mungkin menemukan sudut pandang terhadap obyek gambar yang lebih bagus dari posisi sebelumnya.

2.    Menembak melalui obyek lain yang ada di sekitar obyek utama

Misalnya kita ingin mengambil gambar dengan fokus utama sebuah obyek yang berada di sekitar kumpulan orang maka kita bisa menembak sasaran tersebut melalui celah-celah pada sekelompok orang tersebut.  Intinya adalah membuat hasil foto terlihat  sedikit lebih mendalam dan kompleks.

3.    Berpikir sebaliknya

Jika semua orang mengambil foto dari tempat yang sama dan dari sudut yang sama juga maka kita bisa mencoba sesuatu yang berbeda. Ambilah gambar dari sisi yang lain, dari jarak yang lebih dekat, dengan posisi yang terbalik, dari sudut yang tidak biasa atau terlihat aneh dan sebagainya.

4.    Mencari cahaya yang bagus

Pencahayaan adalah hal yang super penting dalam membuat sebuah foto yang berkualitas, jadi luangkan waktu ekstra untuk menemukan cara yang mudah dalam mendapatkan pencahayaan.

Jangan mudah puas jika lampu tidak cukup baik maka carilah waktu lain pada posisi yang sama di mana pencahayaan pasti akan lebih bagus. Jika masih kurang tambahkan lagi pencahayaan sendiri.

5.    Framing atau membingkai foto

Gunakan benda, orang, dan apa pun yang Anda dapat ditemukan untuk dijadikan sebagai bingkai obyek foto dan memberikan kesan cerita pada sebuah foto. Framing menciptakan dinamika yang lebih menarik dan memberikan suasana pada  foto.

Penasaran ingin mencobanya, yakin anda pasti bisa melakukannya.