Aksi mafia bukan hanya sekedar cerita film tapi nyata dalam kehidupan sehari-hari.
Akhir-akhir ini kita mendengar istilah mafia pajak, mafia hukum dan sebagainya dari pemberitaan di media masa.
Namun ternyata aksi dan praktek mafia itu sudah lama ada dalam kehidupan kita.
Berikut adalah hal-hal menarik menyangkut aksi dan praktek mafia yang selama ini terjadi


 1. Asal-usul dan arti kata MAFIA
Ada dua versi tentang kapan lahirnya mafia yaitu yang pertama tahun 1812 dan lainnya mengatakan pada tahun 1860. Tetapi beberapa ahli sejarah bahwa gerakan dan istilah Mafia sudah ada sejak abad ke 13. Di mana saat itu di Italia ada sebuah kelompok perlawanan atas agresi Prancis yang berjuang dengan semboyan “Morte alla Francia Italia anela!” Arti harafiahnya yaitu “Mati oleh Prancis merupakan Tangisan Italia”. Dari slogan ini kata mafia terbentuk yaitu dari huruf pertama kata-kata dari slogan tersebut ( Morte Alla Francia Italia Anela). 

Pada abad ke 19 Mafia dianggap sebagai kelompok kriminal yang biasa memeras para tuan tanah ataupun sebaliknya, mafia adalah kaki tangan tuan tanah kaya untuk memeras petani miskin.
Pendapat miring tentang mafia yang adalah kelompok kriminal ditentang oleh kelompok mafia modern terutama mafia di Amerika Serikat yang menyatakan bahwa mafia adalah gerakkan perlawanan rakyat Sicilia atas agresi tentara Prancis pada tahun 1282. Dan menurut seorang pimpinan mafia Amerika bernama Joe Bonanno. 


Dalam autobiographynya, A Man Of Honor, mengatakan bahwa kata mafia berasal dari jeritan seorang ibu yang anak gadisnya diperkosa oleh tentara Prancis. ” ma fia, ma fia “ atau “putriku, putriku”

2. CHICAGO AMNESIA

Chicago amnesia adalah istilah untuk para saksi yang diintimidasi oleh para tersangka mafia dan kaki tangannya yang diajukkan ke pengadilan sehingga mereka membatalkan kesaksian atau kesaksian mereka meringankan para tersangka mafia tersebut. 

3. Penjara Para Mafioso
Secara umum para bos maupun anggota mafia yang dijebloskan ke dalam penjara masih tetap memiliki kekuasaan. Dengan menyuap petugas, penjara dijadikan hotel mewah bagi para mafia.
Sebagai contoh adalah Al Capone yang dikurung dalam penjara di Pennsylvania, mendapatkan fasilitas istimewa berupa ruang sel khusus yang nyaman, jaringan telpon pribadi dalam ruang selnya. 

4. OMERTA, Tutup Mulut ala Mafia
Big Al juga dikhabarkan tinggal dalam sel yang dilengkapi dengan karpet, lukisan, meja, rak buku, lemari, lampu dan sebuah radio yang paling bagus pada saat itu. Waktu kunjungan bagi tahanan lain hanya satu hari dalam seminggu tapi Al Capone memiliki hak istimewa yaitu tujuh hari seminggu.

Omertà berarti kejantanan. Dalam dunia mafia omerta adalah sebuah aturan untuk menjaga kerahasiaan organisasi dengan mempertaruhkan nyawa sekalipun. Membocorkan rahasia organisasi dianggap melakukan dosa besar.
Pelakunya diangap sama seperti seekor tikus dan harus mati. Omerta berlaku bagi semua anggota mafia termasuk para pimpinan. Omerta juga diberlakukan kepada keluarga dan saksi korban tindak kekerasan dan pembunuhan geng mafia.
Keluarga dan saksi korban diancam akan bernasib sama jika berani berbicara. Pada era mafia modern aksi omerta dilakukan tanpa harus dengan pertumpahan darah, cukup dengan menyuap aparat penegak hukum yang korup.
 
5. SICILIAN FLU 

Istilah ini diberikan oleh FBI bagi para bos mafia yang mengeluh sakit saat akan ditahan untuk diinterogasi. Para bos mafia tersebut biasanya sudah berusia lanjut dan saat akan ditahan mereka memperlihatkan diri sedang dalam kondisi yang tidak sehat untuk dilakukan penahanan.
Kondisi kesehatan atau penyakit “Sicilian flu” dianggap hanya kamuflase atau tameng untuk berlindung dari jeratan hukum.
 

Hal tersebut mengingatkan kita akan prilaku para pejabat atau mantan pejabat di negara ini yang terjerat kasus hukum, sering berbuat hal yang sama seperti para don atau bos mafia yang mengeluh sakit saat akan menghadapi pemeriksaan aparat penegak hukum. 

6. KISS OF DEATH, Waktunya sudah dekat
Ciuman pada bibir yang dilakukan oleh seorang anggota mafia merupakan tanda peringatan dan bahaya. Ketika seorang yang berhutang kepada sebuah sindikat mafia didatangi oleh anggota mafia dan perbincangan mereka tersebut disertai dengan ciuman pada bibir hal itu mengisyaratkan peringatan dan bahaya yang mengancam.
Maka segera setelah itu orang yang berhutang tersebut dengan segala macam cara akan segera melunasi utangnya.

7. IN YOUR FACE!!!  Di muka mu

Istilah atau kata-kata ini di kehidupan sehari-hari menunjukkan ketidaksopanan atau semacam tantangan.
Namun di dunia mafia istilah ini mengandung makna sebaliknya yaitu sebuah tanda penghormatan tertinggi atas prestasi dari anggota Mafioso yang berhasil membunuh lawan yang dianggap penting dan sulit dikalahkan.

8. MALLIOCCHIA
Malliocchia adalah upaya yang dilakukan oleh anggota mafia untuk mengintimidasi para saksi yang bersaksi melawan geng mafia sehingga mereka menarik atau membatalkan kesaksian mereka.
9. Alat Pemecah Es atau Ice Pick
Alat pemecah es bagi mafia dianggap sebagai senjata untuk membunuh yang paling efisien dan sangat kejam. Alat pemecah es yang bentuknya runcing dan tajam ditusukkan ke dalam telinga korban setelah meninggal dan diotopsi, korban dinyatakan meninggal oleh penyakit medis bernama cerebral hemorrhage.
10. Hitmobile: Mobil Khusus Untuk Beraksi
Berdasarkan laporan kepolisian Chicago pada 2 Mei 1962 bahwa mereka menemukan sebuah mobil terparkir di sebuah tempat dengan 2 orang di dalamnya yang dicurigai sebagai anggota mafia. Kedua orang tersebut akhirnya dibebaskan karena tidak cukup bukti untuk ditahan tapi mobil tersebut ditahan.
Polisi juga tidak berhasil menemukan pemilik mobil tersebut karena nama dan data pemilik mobil tersebut adalah fiktif. Yang menarik adalah mobil tersebut dirancang khusus dengan kemampuan untuk menghindar dari kejaran polisi pada malam hari dan pada bagian tertentu yang tersembunyi dari mobil tersebut merupakan tempat penyimpanan senjata mesin yang siap ditembakkan dari dalam mobil.