Hape smartphone sangat membantu dan membuat segala kegiatan kita yang sebelumnya sulit untuk dilakukan jadi lebih mudah dan cepat, namun tanpa sadar makin lama hape pintar kita itu bisa membuat hidup normal kita menjadi tidak karuan dan berantakan.Sisi Negatif Smartphone Adalah Bisa Buat Hidup Jadi BerantakanPemakaian dan ketergantungan pada hape yang berlebihan membuat orang menjadi sulit tidur, cepat marah, gampang stress dan interaksi atau hubungan sosial dengan orang terdekat menjadi renggang.

Berikut adalah dampak yang buruk yang disebabkan oleh pemakaian hape smartphone yang berlebihan.

  1. Kehidupan seks jadi berantakan

Semua hal yang tersedia dari hape anda mulai dari berita, breaking new, trending topic twitter, berita di kompas.com dan detik.com, pesan dari group WA … semua yang tersaji dari ponsel membuat keinginan untuk berhubungan seks dengan pasangan jadi teralihkan bahwa hilang sama sekali.

Keinganan atau mut jadi gampang berubah akibat chating dengan teman, curhatan orang tua via BBM dan WA atau dengar khabar duka ada teman yang meninggal dunia secara mendadak via facebook.

Mut dan keinginan seks bisa hilang terkikis isi ponsel anda.

  1. Jadwal tidur jadi tidak teratur

Saya biasanya tidur sebelum jam 10 malam, tapi karena baru punya handphone baru, keren, ditambah lagi koneksi internet yang cepat, maka malam-malam selanjutnya jadi tidak tentu jam tidur saya.

Kadang jam 11 malam, kadang tanpa sadar sudah jam 12:30 tengah malam…. Hahahaha emang benar tuh smartphone bikin waktu tidur kita jadi tidak tentu.

  1. Hape Smartphone bikin kita jadi pengendara yang tidak fokus, sembrono, berbahaya bagi orang lain

Kalau orang sudah ketagihan dengan handphone mereka dan sulit lepas dari ponsel mereka dalam waktu sebentar saja termasuk saat mengendarai kendaraan maka kemungkinan pengendara kendaraan seperti ini bisa membahayakan.

Mengendarai mobil sambil membagi perhatian dengan hape anda adalah hal yang membahayakan.

Pikiran manusia tidak mungkin bisa fokus pada dua hal yang berbeda dalam waktu yang bersamaan, JADI pilih salah satu mau fokus berkendara atau fokus ke ponsel.

Kalau fokus di ponsel jangan nyetir…

  1. Hape smartphone bikin orang kecanduaan.

Kalau sudah ketagihan dengan maka susah untuk lepas dari hape, mau ngapain saja hape pasti di tangan terus. Sambil makan pegang hape, sambil mandi pegang hape, sambil tidur pun hape ditangan.

Kalau tidak pegang hape orangnya pasti gelisah, uring-uringan tidak punya semangat hidup, ini ciri orang ketagihan atau kecanduan hape.

  1. Hape smartphone buat orang lebih mudah stress dan sering depresi

Orang-orang yang terus-menerus memeriksa smartphone mereka, cenderung mengalami depresi dan kecemasan dibanding orang yang jarang mengecek hape.

Menurut sebuah studi dari psikolog di University of Illinois Urbana-Champlain hal ini mungkin karena orang yang berjuang mengatasi depresi menggunakan ponsel mereka sebagai semacam pelarian.

“Kelihatannya bahwa orang yang menggunakan ponsel untuk menghindari stres dan sisi negatif dari kehidupan nyata mereka juga cenderung memiliki masalah kesehatan mental,” kata Dr. Alejandro Lleras, seorang psikolog di University of Illinois Urbana-Champlain dan penulis utama studi tersebut.

  1. Pakai Hape smartphone tanpa kenal waktu membuat target hidup kita jauh dari sasaran atas rencana yang sudah kita buat.

Sewaktu kita terus memperhatikan layar hape kita maka banyak pekerjaan yang kita rencanakan tidak benar-benar kita kerjakan. Kita merasa seolah-olah sudah mengerjakannya tapi ternyata tidak, yang kita lakukan hanya memandang layar hape kita.

Saat kita tersadar banyak kerjaan yang kita rencanakan ada yang berhasil kita selesaikan, untuk itu segera lepaskan pandangan dari layar ponsel anda, dan mulailah melakukan rencana anda.

Jangan sampai hape smarphone kita mengambil alih control kita atas diri kita sendiri. Cobalah untuk tidak menggunakan hape selama seminggu dan coba bandingkan berapa banyak rencana hidup anda yang berhasil anda selesaikan.

  1. Hape smartphone bikin kita jadi susah belajar

Smartphone bisa menjadi media bagi pelajar untuk mencari bahan pelajaran dengan gampang dan mudah, namun ketergantungan terhadap pemakaian ponsel yang berlebihan membuat orang menjadi sulit untuk berkonsentrasi selama berlajar.

Sebuah studi dari Universitas Rice menemukan bahwa menggunakan smartphone di dalam kelas membuat belajar lebih sulit.

” Smartphone selalu menyebabkan gangguan ketika siswa sedang belajar, membaca, mempersiapkan diri,” kata Dr. Philip Kortum, penulis utama studi dan anggota fakultas di departemen psikologi di Rice University di Texas.

Jika Anda benar-benar ingin agar informasi yang anda pelajari terserap ke dalam pikiran anda maka sebaiknya jauhkan handphone dan lupakan sementara selama anda belajar.

  1. Memakai hape sambil bercakap-cakap bisa merusak percakapan anda.

Percakapan sering terhenti ketika bunyi notifikasi di smartphone kita terdengar, kita jadi sering memperhatikan percakapan di layar hape dari pada tatap muka langsung dengan lawan bicara di depan mata kita.

Kegiatan ini lambat laun membuat orang jadi segan untuk bercakap-cakap secara langsung dan lebih merasa nyaman jika bercakap-cakap melalui sambungan hape mereka. Bahkan saat berada dalam jarak yang dekat sekalipun.

Hmmm dunia memang sudah terbalik……