Dalam setiap ujian CCNA, soal-soal yang berhubungan dengan mac address selalu ditanyakan. Pembahasan tentang Mac Address tidak sulit, cukup mengetahui beberapa konsep dasar maka segala pertanyaan bisa diatasi. Mac Address memang terlihat sepele namun memegang peran yang penting pada komunikasi antar perangkat komputer yang ada dalam segment LAN yang sama, ingat LAN yang sama segment-nya bukan yang berbeda segment.

Dalam beberapa posting nanti, saya akan mencoba memberikan penjelasan tentang soal-soal yang biasanya ditanyakan saat ujian CCNA. Untuk posting kali ini saya akan membahas tentang soal Drag and Drop yang berkaitan dengan Mac Address seperti terlihat pada gambar di atas.

Pada soal di atas diberikan gambaran bahwa PC-A sedang mengirimkan packets kepada FTP server. PC-A dan FTP server berada pada segment LAN yang berbeda.  Sebut saja PC-A berada pada LAN A dan FTP server ada di LAN B.

Router RA berperan sebagai gerbang bagi LAN A untuk berkomunikasi dengan LAN B sedangkan Router RB adalah gerbang bagi LAN B untuk berkomunikasi dengan LAN A.

Pada soal ini kita diberikan informasi tentang IP address dan Mac Address dari :
1. PC-A
2. Interface Fast Ethernet Fa 0/1 dari router RA ( interface yang terhubung ke LAN A )
3. Interface Fast Ethernet Fa 0/0 dari router RA ( interface router RA yang terhubung ke Router RB )
4. Interface Fast Ethernet Fa 0/1 dari router RB (interface router RB yang terhubung ke Router RA)
5. Interface Fast Ethernet Fa 0/0 dari router RB ( interface yang terhubung ke LAN B )
6. FTP Server

Sekali lagi yang harus diperhatikan adalah PC-A mengirimkan packet ke FTP server, packet tersebut akan melalui router RA dan RB sebelum sampai ke FTP server. Kedua switch dapat kita abaikan saja karena tidak ada informasi penting yang terkait dengan jawaban dari soal tersebut.

Pertanyaan atau instruksinya adalah:

1. Menentukan IP address souce atau sumber yang ada pada packet tersebut ketika packet itu berada diantara router RA dan RB. Seperti terlihat pada gambar packet tersebut ditandai sebagai sebuah amplop.

2. Menentukan souce Mac Address atau sumber Mac Address yang ada pada frame ketika packet itu berada diantara router RA dan RB. Seperti terlihat pada gambar packet tersebut ditandai sebagai sebuah amplop.

3. Menentukan destination IP address atau tujuan yang ada pada packet tersebut ketika packet itu berada diantara router RA dan RB. Seperti terlihat pada gambar packet tersebut ditandai sebagai sebuah amplop.

4. Menentukan destination Mac Address atau tujuan yang ada pada frame ketika packet itu berada diantara router RA dan RB. Seperti terlihat pada gambar packet tersebut ditandai sebagai sebuah amplop.

Pembahasan :

1. Pada sebuah packet network layer, source IP address adalah IP address dari komputer yang mengirimkan packet tersebut, pada soal ini source IP address adalah IP address dari PC-A.

2. Pada sebuah packet network layer, destination IP address adalah IP address dari komputer yang menjadi tujuan dari packet tersebut, pada soal ini destination IP address adalah IP address dari FTP Server.

Untuk source dan destination Mac address agak sedikit berbeda, Mac address sifatnya local artinya mac address hanya dipakai saat komunikasi antar perangkat komputer pada local area network atau LAN saja, ketika sebuah packet sudah melewati router maka sorce dan destination mac address pun berubah sesuai dengan kondisi LAN di mana packet tersebut berada.

1. Dalam soal ini source  mac address yang ada dalam frame saat berada pada posisi di antara router RA dan RB adalah mac address dari interface Fast Ethernet Fa 0/0 dari router RA ( interface router RA yang terhubung ke Router RB, Cek pada gambar ).

2. Destination mac address dari frame dalam packet tersebut adalah Mac address dari interface fast Ethernet Fa 0/1 dari router RB  (Interface router yang terhubung ke Router RA, Cek pada gambar ).

Biasanya ada pola atau bentuk yang bebeda dari soal ini, di antaranya seperti berikut ini :

1. Dalam ujian CCNA yang saya ikuti, model soal agak sedikit berbeda, di mana packet dikirim dari sisi FTP Server ke PC-A, posisi packet berada di antara router RA dan RB. Pertanyaannya tetap sama, tentukan source dan Destination dari IP address dan Mac address.

Jika soalnya seperti yang saya alami maka jawabannya adalah:
Source IP address: IP address dari FTP server.
Destination IP address: IP address dari PC-A
Source Mac address: Mac address dari interface fast Ethernet Fa 0/1 dari router RB  (Interface router yang terhubung ke Router RA, Cek pada gambar ).
Destination Mac Address: mac address dari interface Fast Ethernet Fa 0/0 dari router RA ( interface router RA yang terhubung ke Router RB, Cek pada gambar ).

2. Bagaimana jika packet tersebut dikirim dari FTP server ke PC-A dan ketika berada di antara FTP server dan Router RB, Tentukan source dan Destination dari IP address dan Mac address yang ada pada packet dan frame yang dikirim tersebut?

Ingat packet tersebut berada di antara FTP server dan Router RB maka Mac address yang terdapat dalam frame pastilah mac address dari default gateway pada FTP server dalam hal ini interface Fa 0/0 dari Router RB (Interface router RB yang terhubung ke LAN atau switch SB, Cek pada gambar ) dan mac address dari FTP server, sekarang tinggal ditentukan source dan destination-nya.

Maka jawabannya adalah:
Source IP address: IP address dari FTP server.
Destination IP address: IP address dari PC-A
Source Mac address: Mac address dari FTP Server.
Destination Mac Address: mac address dari interface fast Ethernet Fa 0/0 dari router RB  (Interface router RB yang terhubung ke LAN atau switch SB, Cek pada gambar ).

3. Bagaimana jika packet tersebut dikirim dari PC-A ke FTP server dan ketika berada di antara PC-A dan Router RA, Tentukan source dan Destination dari IP address dan Mac address yang ada pada packet dan frame yang dikirim tersebut?

Ingat packet tersebut berada di antara PC-A dan Router RA maka Mac address yang terdapat dalam frame pastilah mac address dari default gateway pada PC-A dalam hal ini interface Fa 0/1 dari Router RA (Interface router RA yang terhubung ke LAN atau switch SA, Cek pada gambar ) dan mac address dari FTP server, sekarang tinggal ditentukan source dan destination-nya.

Maka jawabannya adalah:
Source IP address: IP address dari PC-A.
Destination IP address: IP address dari FTP server
Source Mac address: Mac address dari PC-A.
Destination Mac Address: mac address dari interface fast Ethernet Fa 0/1 dari router RA (Interface router yang terhubung ke LAN atau switch SA, Cek pada gambar ).

Semoga Berguna.