Dari Gambar di atas, pertanyaannya adalah: Setelah HostA melakukan ping ke HostB, masukan atau input-an apa yang terdapat dalam ARP cache dari HostA, untuk mendukung proses pengiriman atau transmisi packet ping dari HostA ke HostB (After HostA pings HostB, which entry will be in the ARP cache of HostA to support this transmission?)

Ada beberapa point yang harus diperhatikan di sini:

1. Lokasi HostA dan HostB
HostA dan HostB terletak pada LAN yang berbeda, masing-masing host terkoneksi dengan router yang berbeda. HostA terhubung dengan interface Fa0/0 dari Router1 dan HostB terhubung dengan interface Fa0/1 dari Router2.

Berdasarkan informasi ini dapat kita simpulkan bahwa komunikasi antara HostA dan HostB harus melalui Router1dan Router2.  Ketika hostA mengirimkan packet ping kepada HostB maka yang pertama dituju adalah default gateway dari HostA yakni interface Fa0/0 pada Router1. Perhatikan pada gambar setiap informasi yang diberikan.

Ingat, komunikasi antara HostA dan Router1 (int Fa0/0) sifatnya lokal, artinya HostA hanya membutuhkan mac address int Fa0/0 dari Router1. Untuk mengetahui mac address int Fa0/0 dari Router1 maka HostA akan mengecek pada ARP cache. Jika HostA tidak menemukan Mac address dari Router1 (int Fa0/0) pada ARP cache maka HostA akan mengirimkan semacam ARP broadcast untuk mencari tahu mac address int Fa0/0 dari Router1.

2. ARP cache
ARP atau Address Rosolution Protocol adalah protocol yang berfungsi untuk mencari tahu mac address dari sebuah komputer atau network interface berdasarkan IP address interface tersebut.
Mula-mula, untuk mengetahui mac address dari sebuah network interface maka Host atau komputer akan mengecek pada ARP cache yang ada pada dirinya.

Jika pada ARP cache tidak ditemukan mac address yang dicari maka host atau komputer itu akan mengirimkan protocol ARP secara broadcast ke semua komputer atau perangkat jaringan yang ada di dalam LAN tersebut, protocol ARP tidak bisa menyebrang ke LAN lain karena diblok oleh router.

Intinya ARP akan bertanya ke setiap komputer atau host yang ada di LAN seperti ini “ Hei yang merasa punya IP 192.168.6.1, berapa mac address-mu ” 

Komputer atau host yang memiliki IP 192.168.6.1 akan memberitahukan Mac address-nya. Dan hostA kemudian menerima dan menyimpannya dalam ARP cache.

Pada soal  ini, yang tertera dalam ARP cache dari HostA setelah melakukan ping ke HostB adalah IP address dan Mac addressnya dari interface Fa0/0 pada Router1. 
Jawaban dari soal ini adalah 192.168.6.1 dan 000F.2480.8916

Buka Command prompt, jalankan perintah ini untuk mengetahui ARP cache:

C:>arp -a
Interface: 172.16.10.2 — 0x3
Internet Address Physical Address Type
172.16.10.1 00-15-05-06-31-b0 dynamic