Berdasarkan gambar di atas pertanyaannya adalah What is the correct addressing for a frame and packet received by Host B from Host A? Atau kurang lebih dalam bahasa Indonesia nya adalah alamat apakah yang benar yang terdapat pada frame dan packet yang diterima Host B dari Host A.

Sebelum  mencoba menjawab pertanyaan ini ada baiknya kita memahami tentang dua kata kunci yang ada pada soal tersebut. Kata kunci tersebut adalah frame dan packet.

Frame adalah bentuk atau hasil dari encapsulation data pada layer 2 OSI layer atau Data Link Layer, di dalam frame terdapat sistem pengalamatan yang menggunakan Mac Address, hanya mac address, sama sekali tidak ada IP address.

Dalam frame terdapat dua mac address yaitu Source mac address yang merupakan mac address dari pengirim dan destination mac address yang merupakan mac address dari tujuan yang ada di lokal LAN, bukan mac address tujuan yang berada di luar dari LAN.

Kata kunci yang kedua adalah packet, Packet merupakan bentuk atau hasil dari encapsulation data pada layer 3 OSI layer atau Network layer. Karena merupakan bagian dari network layer maka dalam packet terdapat sistem pengalamatan yang hanya menggunakan IP address, ingat hanya IP address.

IP address dalam packet adalah source dan destination IP address. Source IP address adalah IP address dari komputer pengirim, destinationIP address adalah ip address dari komputer tujuan dari packet tersebut, komputer tujuan yang dimaksud lokasinya bisa berada dalam LAN yang sama atau berada pada LAN yang berbeda.

Jadi bedanya frame dan packet adalah sistem pengalamatan pada frame sifatnya lokal sedangkan pengalamatan pada packet tidak bersifat lokal tetapi mengarah langsung pada IP address dari tujuan packet tersebut.

Baiklah, sekarang kita bahas soal di atas.

Berdasarkan pada gambar, terlihat bahwa Host A dan Host B berbeda LAN. Jadi ketika hostA mengirim data ke HostB maka packet data tersebut harus melewati Router1 dan kemudian baru diteruskan ke hostB.
Dari gambar juga bisa diambil informasi bahwa sebagai gerbang atau gateway bagi HostA menuju ke Host B adalah interface fast Ethernet Fa0/0 dari Router1.

Ketika HostA mengetahui bahwa tujuan dari packet tidak berada satu LAN dengannya maka packet tersebut akan dikirim ke gateway dari HostA, dalam hal ini adalah interface fast Ethernet Fa0/0 dari Router1.

Router1 kemudian mengecek routing table dan mengetahui bahwa tujuan dari packet tersebut adalah interface fast Ethernet Fa0/1 dari Router1 yang juga adalah gerbang atau gateway dari HostB.

Koneksi antara interface fast Ethernet Fa0/1 dari Router1 dan Host B bersifat lokal artinya cukup menggunakan mac address saja. Dampak dari hal tersebut adalah terjadi perubahan pada sistem pengalamatan dalam frame yang menuju host B dari interface fast Ethernet Fa0/1 pada Router1.

Ketika data tersebut melewati interface fast Ethernet Fa0/1 dari Router1 menuju HostB maka terjadi perubahan sistem pengalamatan yang ada pada frame.

Ingatlah selalu bahwa frame sifatnya lokal, berlaku hanya pada komunikasi antar perangkat yang berada dalam LAN yang sama dan ketika data tersebut sudah melewati gerbang atau gateway dari suatu LAN maka sistem pengalamatan pada frame pun ikut berubah.

Dalam Frame dari  interface fast Ethernet Fa0/1 pada Router1 ke host B, source mac addressnya adalah mac address dari interface fast Ethernet Fa0/1 Router1 sedangkan destination mac addressnya adalah mac address dari HostB.

Pada Packet tidak ada perubahan sama sekali, Source IP address masih sama yaitu IP address HostA dan destination IP address adalah IP address dari Host B.

Dari contoh soal ini jawaban atas pertanyaannya adalah 

Dalam Frame yang diterima oleh hostB ketika Host A mengirimkan paket data ke Host B adalah:
Source Mac Address : Mac address interface fast Ethernet Fa0/1 dari Router1, 007:0e8f:088a.
Destination Mac Address : Mac address dari Host B, 0011:43da:2c98

Dalam Packet yang diterima Host B dari Host A terdapat:
Source IP address : IP address dari HostA: 192.168.24.5
Destination IP address : IP address dari HostB 192.168.60.5

Regards