Selain harus menguasai teori-teori dan materi sertifikasi CCNA, kita juga harus terbiasa dengan beberapa software yang akan mendukung selama proses belajar dan persiapan meraih sertifikat CCNA. Software tersebut merupakan simulator networking yang mensimulasikan tentang koneksi perangkat-perangkat yang ada dijaringan cisco, mulai dari PC, switch, router dan wifi access point serta simulasi soal-soal ujian yang memberikan kita gambaran atau model ujian sertifikasi nanti.

Berikut adalah sekilas tentang software-software yang akan sangat membantu anda lulus ujian CCNA;

1.    Packet Tracer
Pertanyaan yang sering dilontarkan adalah mengapa harus menggunakan packet tracer? Seberapa pentingnya packet tracer? Jawabannya adalah sangat penting. Packet tracert merupakan software simulator Cisco yang akan memberikan anda pengalaman atau praktek langsung dalam mendesign, konfigur dan memperbaiki atau troubleshooting network.
Meskipun tidak sepenuhnya konfigurasi yang ada pada sebuah peralatan atau hardware bisa dijalankan di Packet Tracer namun kemampuan packet tracer sudah lebih dari cukup dalam memberikan anda pengalaman terhadap praktek  nyata tanpa harus memiliki atau berhadapan langsung dengan perangkat sebenarnya.
Berdasarkan pengalaman saya packet tracert amat sangat membantu terutama bagi anda yang memutuskan untuk belajar sendiri dalam mendapatkan sertifikasi CCNA.
Versi packet tracer yang terakhir adalah versi 6.0 namun jika anda bisa mendapatkan versi 5, itu sudah cukup untuk menjadi senjata anda dalam mempersiapkan diri menghadapi ujian CCNA.

2.    GNS3
GNS3 adalah program atau aplikasi network simulator, prinsip kerja dari aplikasi ini meng-emulasi sebuah perangkat jaringan seperti switch dan router.  Bagi calon pemegang sertifikat CCNA , aplikasi ini agak sedikit kurang cocok karena terlalu rumit dalam mendesain topologi jaringan.
Tapi untuk merasakan konfigurasi nyata aplikasi ini cukup handal, aplikasi ini lebih pas untuk network engineer yang sudah memiliki dasar-dasar networking yang kuat. Tidak ada salahnya juga sih anda yang sedang belajar CCNA untuk menggunakan software ini namun jika anda menemui kesulitan dengan GNS3 segeralah beralih menggunakan packet tracer.

3.    Visual CertExam

Visual CertExam adalah aplikasi simulasi terhadap kondisi saat ujian, di mana jika menggunakan software ini penggunanya diberikan pengalaman tentang bagaimana kondisi model dan bentuk ujian CCNA. Selain itu juga aplikasi ini menyediakan banyak contoh soal ,mulai dari soal-soal teori, simulasi dan juga drag and drop.
Mempersiapkan diri dengan berlatih soal-soal Visual CertExam adalah tahap pematangan yang harus dilakukan, anda bisa mengetahui berapa waktu yang dibutuhkan untuk menjawab sebuah soal, anda juga bisa mereview sejauh mana kecepatan anda dalam menjawab soal-soal ujian. Ingat waktu untuk menjawab soal saat ujian sangat terbatas, membiasakan diri menjawab soal-soal dengan perhitungan waktu yang tepat adalah kunci sukses anda untuk lulus.

Menggunakan software simulator  untuk desain, konfigur dan troubleshooting serta simulasi soal-soal ujina merupakan hal yang wajib anda lakukan jika ingin lulus CCNA.

Semoga berguna
sumber gambar: PeterThoeny