Suatu ketika saat berkunjung ke rumah saudara, saya dikejutkan dengan penampakan baru di rumah tetangganya, pada rumah di sebelah saudara itu terdapat beberapa kamera CCTV.Solusi Murah Meningkatkan Keamanan Rumah

Kesan pertama ketika melihat sebuah rumah terpasang beberapa kamera CCTV yang berukuran sedang adalah bahwa pemilik rumah itu dalam keadaan yang sangat sigap, memberikan perasaan was-was kepada orang di luar rumah bahwa segala kegiatan diluar rumah tersebut dalam pantauan si pemilik.

Kehadiran beberapa kamera CCTV tersebut seolah memberikan pesan dari pemilik rumah bahwa jangan coba-coba berbuat kejahatan, segala tindak-tanduk anda terekam CCTV, jika berani nekat maka sama saja anda sengaja berurusan dengan pihak berwajib.

Itulah kesan yang didapat ketika melihat CCTV, pertanyaannya adalah apakah benar CCTV tersebut berfungsi atau tidak? Itu urusan nanti, yang penting adalah kesan pertama yang mau disampaikan oleh adanya CCTV tersebut.

Nah, dengan memanfaatkan situasi ini maka dibuatlah sebuah produk kamera CCTV yang sifatnya cuma dummy atau bentuk tiruan yang tidak berfungsi sama sekali  tapi penampilannya sangat sangat mirip dengan CCTV benaran.

Inilah solusi murah yang dimaksud untuk meningkatkan keamanan rumah kita, solusi ini jauh lebih murah, coba bandingkan jika menyediakan sebuah jaringan CCTV yang lengkap dengan server penyimpan rekaman pastilah sangat mahal.

CCTV dummy dirancang menyerupai tampilan CCTV benaran untuk memberikan kesan bahwa rumah atau lingkungan sekitar sedang dalam pengawasan ketat meskipun sebenarnya tidak ada gambar yang direkam.
Selain itu CCTV palsu yang terpasang akan memberikan keuntungan antara lain:

1.    Membatalkan niat orang untuk menyusup masuk.

Penjahat biasanya nekat beraksi karena rumah yang ditargetnya tidak berpenghuni, penghuninya sering ceroboh, kurang waspada, bagian luarnya gelap dan system pengamanannya tidak ada sama sekali.

Dengan adanya kamera CCTV walaupun cuma tiruan maka akan menjadi semacam peringatan bahwa segala gerak-gerik dan tindakan penjahat sedang diamati.

Akan memberikan kesan bahwa penghuni rumah sangat konsen dan waspada terhadap segala macam niat jahat yang mengancam penghuni rumah tersebut.

2.    CCTV tiruan biayanya yang jauh lebih murah dibanding CCTV asli atau benaran

Meskipun tidak berfungsi sama sekali tetapi dapat memberikan semacam sok terapi kepada orang yang ingin berbuat jahat atau berbuat iseng terhadap rumah kita. Kamera tiruan adalah cara yang lebih murah dibandingkan dengan yang asli.

3.    Penampilan kamera dummy biasanya sangat persis dengan kamera aslinya

Anda pernah melihat handphone dummy? Nah, CCTV palsu atau dummy kurang lebih seperti itu, persis seperti aslinya.

Beberapa CCTV dummy bahkan dilengkapi dengan lampu LED yang kedap-kedip seolah-olah memberi kesan sedang merekam.

4.    Tahan lama dan tidak cepat rusak

Karena tidak berfungsi sama sekali karena cuma tiruan maka kita tidak perlu kuatir untuk memikirkan perawatan dan pemeliharaannya.

Jika anda berminat untuk lebih meningkatkan keamanan rumah anda maka cari dan belilah kamera CCTV model dummy yang tampilannya mirip persis dengan aslinya, termasuk perlengkapan pendukungnya seperti kabel dan lampu LED.

Katakan saja kepada tetangga anda bahwa itu adalah CCTV benaran, bila perlu tulis pada sebuah papan pengumuman bahwa rumah kita dalam pengawasan CCTV dan segala kegiatan di sekitarnya terpantau dan terekam melalui CCTV.