Sebelum menginstal jaringan computer pastikan terlebih dahulu komputer-komputer yang akan tergabung dalam jaringan bisa terkoneksi melalui jaringan.

Memang, tidak banyak kebutuhan yang harus dipenuhi oleh sebuah unit komputer untuk bisa terkoneksi ke jaringan, namun tidak ada salahnya untuk memastikan bahwa komputer yang kita miliki sudah siap untuk bergabung dalam jaringan yang akan terbangun nanti.

Berikut adalah spesifikasi komputer yang harus dipenuhi agar bisa ditergabung dalam jaringan beserta perangkat lainnya yang mesti dicek terkait dengan jaringan komputer:

1. Processor

Minimum kecepatan CPU yang dipelukan adalah CPU 550MHz. Tapi rasanya sudah jarang menemukan komputer dengan kecepatan processor 55MHZ.

Sekarang hampir semua komputer bahkan smartphone kecepatannya sudah di atas 1 GHz. Untuk processor rasanya tidak ada masalah.

2. Memory

Untuk bisa mempercepat proses data dan system buffering maka dibutuhkan memory dengan kepasitas minimal 128.

Namun masih dijumpai beberapa komputer dengan RAM dibawah 128 MB masih dapat terkoneksi ke jaringan. Untuk menjamin kecepatan sebaiknya digunakan RAM dengan kapasitas minimal 128 MB.

3. Harddisk

Harddisk memeng tidak terlalu berpengaruh langsung ke networking, namun dengan semakin canggihnya system operasi maka semakin besar kapasitas hardisk yang dibutuhkan untuk instalasinya.

4. NIC ( LAN or Wireless Card )

Network interface card adalah penghubung antara system operasi pada sebuah komputer dengan jaringan komputer baik itu sifatnya fisik maupun yang bersifat logika.

Tanpa NIC tidak akan ada yang namanya Networking, jadi sebelum membangun jaringan komputer, pastikan komputer yang akan tersambung dijaringan sudah dilengkapi dengan NIC dan terdeteksi melalui system operasi.

Untuk memastikan bahwa NIC sudah terdeteksi atau bekerja secara baik maka lakukan tes koneksi yang sifatnya local( dengan loopback ).

Cara mengecek NIC atau network card adalah sebagai berikut:
a. Jalankan  command prompt.
b. Ketik ping localhost
c. Pastikan muncul pesan reply from 127.0.0.1
d. Jika tidak cek apakah NIC sudah terpasang secara fisik dan secara software dengan sempurna.

5. Operating System (OS) yang dipakai.

OS yang popular saat ini adalah

a. Windows. Windows merupakan OS yang paling popular Windows 98, Windows XP, Windows Vista, Windows 2000, Windows 7, Windows 8, windows server 2000, 2003, 2008.

b. Mac OS

c. Linux and Distro

6. Hardware lainnya yang terpasang (CD-ROM, CD-RW, DVD, Zip drive, dan modem)

7. Eksternal hardware dan peripheral (camera, printer, scanner dan sebagainya).

Data dan cek semua  serta pastikan semua perangkat hardware dan software di atas berfungi secara normal, putuskan jika ada yang mesti diganti atau diupgrade.

Segera langsung lakukan perhitungan berapa biayanya dan pastikan bahwa kebutuhannya memang sudah mesti dilakukan upgrade atau penggantian.