Kecewa dan penasaran terhadap Windows 8 masih terasa sampai saat ini. Kecewa karena sampai dengan saat ini di laptop masih jalan dengan Windows 7, padahal kondisinya  sudah babak belur dihantam virus. Format ulang, tanggung, sudah ada OS baru, Windows 8, yang lebih baru dan belum banyak yang pakai,  jadi gengsinya lebih tinggi.  hehehe

Seorang rekan staf  IT di kantor yang tugasnya mengurus segala hal menyangkut OS windows; mulai dari urusan license sampai problem support, memproklamirkan diri, telah memiliki Windows 8 32 bit  versi RTM atau Release to Manufacturing alias final version. Tapi sayang, beliau masih belum rela untuk berbagi. Setiap kali diminta,  jawabannya nanti, nanti dan nanti.

Daripada kecewa dan penasaran terus,  lebih baik cari-cari info kenapa dengan windows 8? Apa lebihnya dari windows 7? Kenapa begitu cepat Microsoft meluncurkan OS client baru?

OS Windows 8, berdasarkan informasi yang ada, katanya bisa jalan tidak cuma di komputer biasa, seperti PC ( komputer yang menggunakan processor jenis intel ), tapi juga bisa jalan di perangkat yang menggunakan Chip ARM  seperti tablet. Jadi artinya, kalau kita punya tablet yang menggunakan Chip ARM di dalamnya, silahkan saja pakai windows 8. So, Mulai dari sekarang ingat-ingat, kalau mau beli tablet cari yang pakai ARM Chips. Dijamin, bisa juga buat Windows 8.

OS baru sama artinya dengan wajah baru, tampilan baru, fitur baru, serba baru.  Begitu kira-kira gambaran mengenai tampilan Windows 8. Windows 8 hadir dengan dua tampilan yaitu Metro interface dan tampilan klasik, seperti pada Windows 7.

Metro interface khabarnya banyak meniru Windows phone 7  dan lebih difokuskan untuk mengantisipasi revolusi teknologi layar sentuh. Windows 8 hadir dengan fitur layar sentuh yang tidak jauh beda seperti yang ditawarkan Operating System untuk smartphone dan tablet. Fitur tersebut membuat pemakainya seolah-olah sedang mengoperasikan sebuah smartphone. Banyangkan, aplikasi-aplikasi berat di Windows bisa dijalankan seperti menggunkan sebuah smartphone.

Sepertinya monitor layar sentuh jodohnya Windows 8.

Windows 8 kini sudah hadir dengan versi RTM alias versi final dan hadir dengan dua mode 32bit dan 64 bit. Tidak lama lagi, mungkin, sudah ada dipasaran atau ditoko-toko komputer seperti Bhineka.com. Bagi client microsoft yang besar mungkin akan dapat kesempatan paling awal. 

Tidak mau ketinggalan dari pesaingnya, Windows 8 rencananya akan memasukkan aplikasi game dan game konsol  ke dalamnya. X-Box live langsung menyatakan ketertarikannya terhadap Windows 8.

Sebagai produk Microsoft, semua fitur microsoft tentunya harus bisa diaplikasikan dalam Windows 8. Salah satunya adalah teknologi cloud Microsoft. Semua pemegang akun cloud microsoft, yang lama maupun baru,  akan bisa mengakses ke Skydrive (Microsoft Cloud ) layaknya mengakses file di komputernya sendiri. Dengan windows 8 pemilik akun Skydrive dapat juga mengakses sistem lain yang terhubung melalui Skydrive meski harus melewati firewall. Begitu kira-kira, tunggu saja pembuktiannya.

Nah, fitur yang ini seperti meniru Apple, Windows store. Dalam windows 8 juga ada aplikasi toko khusus sofware, seperti pada Apple Mac. Bedanya pada windows store aplikasi yang dijual bisa dicoba dulu. Jadi tidak seperti membeli kucing dalam karung, bagus juga. Aplikasi seperti game, fotografi serta aplikasi yang berjalan di mode klasik pun dijual di sini.

Ini dia yang ditunggu-tunggu, keamanan alias security. Windows 8, khabarnya menawarkan tingkat keamanan yang tinggi. Proses pengamanan dimulai saat dari sistem melakukan booting awal. Selain itu kinerja Windows Defender juga lebih ditingkatkan dengan memberikan perlindungan terhadap serangan virus secara penuh. Fitur App Reputation protection akan memberikan perlindungan dengan mencegah user untuk menginstall aplikasi yang di mata Windows tidak jelas asal-usulnya.

Harap bersabar mudah-mudahan Windows 8 akan segera hadir dengan harga yang terjangkau oleh pengguna windows tanpa harus menggunakan bajakan.