Selama ini mungkin yang merasakan koneksi internet terkencang hanyalah pihak-pihak tertentu, seperti karyawan ISP sampai penyedia koneksi fiber optic. Menanggapi pemberitaan terkait koneksi internet terkencang yang bisa dirasakan oleh pelanggan biasa ( Kompas.com ) mungkin ada baiknya kita berpikir apa saja yang mesti kita lakukan agar koneksi sekencang itu tidak mubazir jika benar-benar sudah ada provider yang berani menawar dengan harga yang pantas dan sesuai dengan kantong kita. Banyangkan suatu saat koneksi internet dengan kecepatan 100 Gbps bahkan 1000 Gbps atau Tbps ( Tera bit per second ) mampir ke komputer anda, apa yang mesti dilakukan oleh  pelanggan agar koneksi koneksi sekencang itu tidak terasa biasa-biasa saja.

Apa yang mesti kita lakukan sebelum terkoneksi atau berlangganan internet super kencang? Berikut ini kira-kira pesiapan  yang bisa dan mesti kita lakukan:

1.    Cek dan upgrade interface koneksi fisik
Interface koneksi fisik yang dimaksud di sini pastinya adalah Network Interface Card atau NIC. Cek pada NIC komputer anda, berapa kecepatan yang tertera di situ. Jika tertera 10Mbps maka segeralah untuk menggantinya dengan koneksi 100 Mbps atau yang sudah support sampai Gbps. Jika menggunkan koneksi wifi maka cek koneksi wifi anda apakah menggunakan wireless card  802.11b ataukah yang sudah mendukung 802.11n. Koneksi wifi 802.11b/g merupakan koneksi wi-fi yang paling lambat sedangkan 802.11n atau 11ac merupakan koneksi wifi yang tercepat saat ini.

2.    Cek dan upgrade kabel data yang dipakai
Cek jenis kabel data yang dipakai saat ini apakah cat5, cat 6 atau cat 7 atau sudah pakai fiber optic? Mungkin fiber optic rasanya terlalu berlebihan tapi jika masih mengguanakan kabel UTP cat5 maka segeralah diganti dengan yang cat6.

3.    Cek network device atau perangkat jaringan
Jika masih menggunakan hub sebaiknya ganti dengan switch, alasan utamanya karena kemampuan hub hanya mencapai 10Mps dan semua komputer yang terkoneksi pada hub berada pada broadcast domain yang sama. Jika menggunakan wifi access point 802.11b maka segera ganti dengan yang mendukung standar 802.11n atau 802.11 ac.

4.    Matikan firewall dan gunakan atau update antivirus
Firewall dimatikan agar koneksi data menjadi lebih optimal, namun security atau keamanannya jadi berkurang untuk itu pastikan antivirus anda sudah terupdate dengan virus database yang terbaru.

5.    Gunakan software download
Siapkan dan gunakan software khusus untuk mendownload file atau data dari internet. Alasannya karena software download lebih cepat jika kita men-download data dengan menggunakan browser.

6.    Upgrade komputer anda
Jika anda memiliki dana lebih maka lebih baik meng-upgrade processor dan RAM sekaligus atau ganti komputer dengan yang lebih tinggi kecepatan prosesnya.

7.    Siapkan List download
Pastikan anda memiliki daftar panjang url yang akan anda download.

Demikian tip yang mesti diketahui, bahwa koneksi internet yang cepat harus juga didukung oleh sarana penunjang seperti  koneksi pada jaringan lokal yang cepat,  network interface yang memadai, serta kemampuan proses data yang cepat, tanpa sarana pendukung yang mamadai maka koneksi internet yang kencang akan terasa sia-sia.