Bagi anda yang baru memiliki atau menggunakan handphone Smartphone Android maka ada beberapa cara panduan dasar yang mesti anda ketahui salah satunya adalah cara mengoperasikan Android anda dengan menggunakan sentuhan pada layar HP.

Teknik Layar Sentuh Teknik Dasar Yang Mesti Pengguna Android

Mengetahui dan menguasai cara atau teknik mengoperasikan Android dengan sentuhan jari pada layar merupakan sebuah kewajiban bagi penggunanya, terutama yang baru pertama kali memiliki HP android.

Touchscreen atau cara sentuh layar dilakukan dengan cara menyentuhkah ujung jari-jari kita pada layar. Biasanya dengan menggunakan satu jari atau kombinasi antara satu atau dua jari kita.

Beberapa cara atau teknik sentuh layar yang biasa digunakan pada Android adalah sebagai berikut:

  1. Sentuhan ujung jari

Menyentuhkan bagian ujung jari ke layar merupakan cara atau teknik paling dasar dalam mengoperasikan android. Cara ini cukup sederhana, tempelkan ujung jari anda secara halus pada layar atau pada obyek yang ada dilayar yang ingin dieksekusi, misalnya sebuah objek seperti lambang untuk menelpon dan control atau settings. Teknik ini mungkin biasa dikenal dengan instilah press atau tap.

Pada komputer, teknik ini sama seperti cara kerja klik pada mouse.teknik swipe

  1. Swipe atau sentuh layar dan geser

Cara melakukan swipe adalah sentuh layar, kemudian geserkan jari ke posisi lain. Tujuan dari swipe adalah untuk menggeser layar atau mengganti tampilan layar, bisa ke atas, ke bawah, ke kanan dan ke kiri. Swipe pada layar tidak dimaksudkan untuk mengeksekusi atau mengklik sebuah ikon. Tujuan hanyalah mengeser layar. Cara ini mirip dengan tampilan slide, cuma dilakukan secara manual.

  1. Sentuh dan tahan

Cara ini dilakukan dengan menyentuh layar, kemudian tahan sentuhan pada layar tersebut beberapa lama sampai muncul pilihan yang bisa kita pilih untuk dieksekusi atau di-tap. Cara ini biasanya dilakukan untuk keperluan tertentu seperti memindahkan ikon pada layar. Cara atau teknik ini biasanya dipadukan dengan beberapa teknik sentuhan lainnya seperti tap dan swipe.

  1. Double – touch atau Dua kali sentuhan pada titik layar yang sama

Double touch tidak sama fungsinya dengan double klik pada mouse. Ada beberapa tujuan dari teknik ini, misalnya digunakan untuk memperbesar gambar dan juga untuk memperkecil.

  1. Menjepit dua jari pada layar

Cara ini dilakukan dengan menyentuh layar menggunakan dua jari secara terpisah kemudian kedua jari tersebut digerakan secara bersamaan agar saling mendekat atau dirapatkan. Teknik ini digunakan untuk memperkecil gambar dan tampilan pada layar.

  1. Merenggangkan dua jari pada layar

Cara ini dilakukan dengan menyentuh layar menggunakan dua jari yang dirapatkan kemudian kedua jari tersebut digerakan secara bersamaan ke arah yang berlawanan agar terpisah atau tidak saling bersentuhan. Teknik ini digunakan untuk memperbesar gambar dan tampilan pada layar.

  1. Sentuh dan Putar

Dua jari yang bersamaan menyentuh layar pada titik tertentu, diputar secara bersamaan ke arah yang sama. Cara ini dilakukan untuk memutar sebuah obyek pada layar.

Teknik layar sentuh seperti ini biasanya tidak cuma digunakan pada hp dan tablet Android tapi juga di Smartphone lainya seperti Windows Phone , iPhone dan system operasi lainnya.