Simulasi Lab CCNA tentang EIGRP adalah yang paling mudah menurut saya dibandingkan dengan 2 soal simualasi lainnya, VTP dan Access Control List. Mungkin karena sudah terbiasa dengan soalnya atau juga karena persiapan yang matang tapi yang pasti soal ini amat sangat cepat untuk diselesaikan.
Dalam posting ini saya ingin berbagi pengalaman tentang soal simulasi lab EIGRP CCNA. Berikut adalah hal-hal yang sekiranya diperhatikan dan dipersiapkan sebaik mungkin sebelum mengerjakan soal tersebut.

1.    Pelajari tentang prinsip dasar EIGRP
Hal utama yang paling penting adalah untuk materi CCNA terkait dengan EIGRP routing protocol adalah terfokus pada materi tentang routing antar network yang memiliki Autonomous System (AS) number yang sama. Jadi untuk AS number berbeda tidak terlalu dibahas dan ditanyakan dalam ujian CCNA.

2.    Prinsip AS number

Dalam EIGRP routing protocol dua buah router bisa saling bertukar informasi tentang routing table syarat utamanya adalah AS number keduanya harus sama. Secara default jika AS number antara satu router dengan router lainnya berbeda maka keduanya tidak bisa terkoneksi dan bertukar informasi tentang routing table dari masing-masing router tersebut. Dua buah router dengan AS number berbeda bisa bertukar informasi routing table asalkan mendapat settingan khusus yang disebut dengan istilah redistribution tapi pada CCNA routing antar AS tidak bahas. Fokuskan pada routing pada AS number yang sama.

3.    Autonomous System (AS) adalah kumpulan network yang berada dalam administratif domain yang sama. AS number diwakilkan dengan angka 1 sampai 65535.

4.    Pada soal simulasi Lab digambarkan ada tiga buah 4 buah router yang berada dalam jaringan lokal dan salah satunya yang terhubung ke ISP atau internet. Salah satu dari 4 router tersebut adalah router yang baru dikonfigur dan ditambahkan ke jaringan tersebut.

5.    Router yang baru ditambahkan itu ternyata tidak mendapatkan update-an informasi tentang routing table dari 3 router yang sudah terpasang lebih dahulu atau dengan kata lain router yang baru terpasang tidak bisa berkomunikasi dengan 3 router lainnya. 

6.    Pertanyaan atau instruksi yang diberikan adalah mencari tahu penyebabnya dan memperbaikinya.

Penyelesaian soal.
1.    Pada soal diberitahukan bahwa AS number dari jaringan 3 router yang terpasang sebelumnya adalah sekian-sekian ( Contoh: 212) dan juga daftar segment IP yang terpasang pada masing-masing  dari 4 router tersebut.
2.    Langkah yang harus dilakukan adalah login ke router yang baru terpasang.
3.    Jalankan perintah show running-config dari privileged exec mode  untuk mengecek konfigurasi lengkap dari router tersebut. Cari dan temukan informasi tentang angka di belakang tulisan Router EIGRP ….
4.    Angka tersebut adalah AS number yang terpasang pada router tersebut.
5.    Cocokkan dengan AS number dari router lainnya seperti yang diberitahukan dalam soal. Angkanya pasti berbeda, hal inilah yang menjadi penyebab utama router yang baru terpasang tidak bisa bertukar informasi dengan router lain.
6.    Hapus konfigurasi atau routing EIGRP yang ada. Dengan perintah no router eigrp ….( AS number)
7.    Buat kembali routing EIGRP yang baru dengan AS number yang sama dengan yang dipakai oleh ketiga router yang lain.
8.    Input kembali segment network yang terkoneksi langsung pada router tersebut.
9.    Jalankan perintah no auto-summary
10.     Kembali ke privileged exec mode dan jalankan perintah copy running-config startup-config
Ingat perintah ini harus dijalankan setiap kali melakukan perubahan settingan pada router. Jika tidak dijalankan maka semua settingan kita dianggap salah.
11.    Pada router yang terkoneksi langsung dengan router yang baru pasang pada network, tambahkan segment network yang ada di antara kedua router ini.
12.    Kemudian  jalankan perintah copy running-config startup-config.

Sumber: 9tut.com
Semoga membantu