Soal ujian CCNA yang paling banyak menyita waktu adalah soal simulasi. Berdasarkan pengalaman saya mengikuti ujian CCNA, dari tiga soal simulasi yang ditanyakan soal tentang Vitual Trunking Protocol atau VTP adalah soal yang paling lama saya kerjakan, dibandingkan dengan soal EIGRP dan Access Control List atau Access List.

Soal Simulasi VTP adalah gabungan antara VTP, STP, Vlan dan juga basic Cisco command. Berikut adalah beberapa gambaran tentang soal VTP sim CCNA.

1.    Soal simulasi ini berisikan sebuah jaringan yang terdiri atas beberapa switch Cisco atau Catalyst, 2  router dan sebuah server serta beberapa segment network.
2.    Ada lima pertanyaan yang diajukan dan untuk menjawab lima pertanyaan tersebut kita harus mengakses switch dan menjalankan command-command atau perintah yang tepat dan cocok agar informasi yang kita cari bisa langsung terlihat.
3.    2 Router pada soal ini satunya dipakai untuk menghubungkan beberapa segment LAN yang ada dan satu router lagi dipakai untuk konek ke internet.
4.    Router yang dipakai untuk menghubungkan beberapa segment LAN menggunakan metode router on stick atau intervlan routing. Pada router ini informasi yang didapat adalah subinterface dan IP address yang disetting,  segment ip pada VLAN-VLAN itu.
5.    Pada simulasi ini kita hanya bisa mengakses via console satu switch saja dan tidak bisa mengakses switch lain atau router via telnet atau apapun. Jadi untuk mengetahui hal-hal yang terkait dengan router atau switch kita hanya bisa mendapatkannya melalui satu switch saja. Pemakaian command atau perintah yang tepat akan sangat menghemat waktu.
6.    Tanda tanya untuk menampilkan petunjuk bantuan tidak bisa dijalankan, intinya semua command atau perintah harus benar-benar dikuasai.
7. Pusatkan konsentrasi pada switch yang terakses secara console, yakinlah bahwa semua pertanyaan bisa dijawab tanpa harus mengakses switch lain maupun router. 

Pembahasan soal-soal:

Login ke switch dengan perintah enable, passwordnya dikasih tahu, biasanya cisco, cek pada soal.
1.    Soal pertama menanyakan tentang port manakah sebuah mac address tercatat atau terdaftar. Mac addressnya dikasih tahu, dan tugas kita adalah menentukan pada port berapa mac address itu tercatat. Perintah yang dipakai adalah show mac-address-table atau show mac address-table perintah ini dijalankan pada user mode atau privileged mode.
Setelah dijalankan terlihat daftar interface dari switch dan mac address yang terdaftar pada masing-masing interface pilih dan cocokan dengan pilihan yang diberikan oleh soal. show mac-address-table atau show mac address-table adalah perintah yang menampilkan port-port dari switch, anggota VLAN mana port tersebut dan juga mac address yang terdaftar pada tiap-tiap port tersebut.

2.    Soal kedua menanyakan tentang port mana saja yang merupakan port trunk.
Perintah yang dipakai adalah show interface trunk, biasanya tertera lebih dari satu port. Cocokan dengan pilihan pada jawaban soal pastikan semua port yang cocok atau yang sesuai sudah terpilih.

3.    Soal ketiga adalah tentang jenis router yang dipakai untuk intervlan routing  atau routing antar vlan. Perintah yang dipakai adalah show cdp neighbor. Pelajari secara mendalam tentang show cdp neighbor. Perintah show cdp neighbor dan show cdp neighbor detail sangat efektif untuk mengetahui informasi tentang jenis perangkat apa yang terhubung langsung dengan perangkat di mana perintah ini dijalankan. Informasi seperti interface yang terkoneksi, ip address, jenis perangkat tersebut ( router atau switch ) dan juga platform dari perangkat itu diketahui dengan menggunakan perintah ini.

4.    Soal keempat adalah tentang switch manakah yang menjadi root bridge untuk VLAN 1. Untuk menjawab soal ini, gunakan kombinasi informasi yang diperoleh dari perintah show spanning-tree vlan 1 dan show cdp neighbors. Perintah  show spanning-tree vlan 1 akan menampilkan informasi tentang port manakah dari switch yang menjalankan perintah ini terkoneksi dengan switch yang bertindak sebagai root bridge untuk Vlan1. Setelah mengetahui port mana yang terkoneksi ke switch root bridge maka selanjutnya adalah mencari tahu switch id atau nama switch itu. Perintah yang dipakai adalah show cdp neighbor dan hasilnya terlihat switch id yang terkoneksi pada port di mana perintah show spanning-tree vlan 1 dijalankan.

5.    Pertanyaan kelima adalah tentang berapa alamat default gateway yang dipakai oleh host yang terkoneksi pada salah satu port dari Switch yang sedang kita akses via console. Pertama, dalam soal kita dikasih informasi tentang router intervlan, yaitu berupa ip address dari tiap subinterface dan vlan mana saja yang terkoneksi dengan subinterface dari router itu. Maka perintah yang mesti kita jalankan adalah mencari tahu port pada soal tersebut termasuk dalam VLAN mana, perintahnya adalah show vlan. Hasil dari perintah ini dengan jelas menampilkan semua vlan beserta anggotanya. Cek informasi pada router intervlan dan cocokan dengan informasi keanggotaan VLAN dari port yang dimaksud.

6.    Pertanyaan keenam adalah tentang VTP update. Dari manakah switch yang kita akses via console tersebut mendapatkan update informasi. Solusinya atas jawaban ini diperoleh dari kombinasi informasi yang didapat dari dua perintah. Pertama, perintah show vtp status. Hasil dari perintah ini adalah berupa ip address dari switch yang dimaksud. Kedua, perintah show cdp neighbor details. Perintah ini adalah untuk menampilkan IP address  dan nama dari switch atau router yang terkoneksi dengan switch yang sedang diakses secara console.

7.    Pertanyaan ke tujuh adalah jika salah satu switch yang ada dalam jaringan diganti dengan sebuah switch baru maka apa yang terjadi. Untuk mengetahui jawaban yang cocok dengan pilihan jawaban yang diberikan maka ada dua perintah yang harus dikuasai. Pertama show vlan dan kedua adalah show vtp status. Langkah pertama mengecek configuration revision dan  VTP domain name dari kedua switch tersebut. Jika VTP domain name dari kedua switch sama maka switch dengan configuration revision tertinggi akan me-replace semua VLAN pada switch dengan configuration revision yang lebih rendah.

8.    Pertanyaan kedelapan adalah pada port manakah frame dengan souce mac address sekian dan destination mac address sekian akan diteruskan. Jawaban dari pertanyaan ini bisa lebih dari satu jadi pastikan anda tidak melewatkan satupun pilihan yang tersedia. Untuk menjawab pertanyaan ini dibutuhkan informasi dari hasil beberapa perintah. Perintah pertama adalah  show mac-address-table untuk mencari tahu mac address source dan destination terdaftar pada port berapa dan port tersebut anggota dari vlan mana. Yang kedua jalankan perintah show vlan untuk memastikan port mana sajakah yang termasuk dalam anggota vlan itu, yang harus diingat jika destination atau tujuan dari frame itu tidak berada dalam VLAN yang sama maka switch akan meneruskan frame itu ke semua port yang satu vlan terkecuali port source atau sumber, jadi semua port yang satu vlan akan mendapatkan kiriman frame tersebut ini kecuali port sumbernya, hal ini dikenal dengan istilah layer 2 broadcast. Perintah ke tiga adalah show interface trunk, perintah ini untuk mengecek port mana saja yang termasuk dalam port trunking dan pastinya port ini akan dilewati oleh frame jika frame tersebut tujuannya ke port lain yang tidak berada dalam vlan yang sama.

Pastikan anda menguasai dan memperhatikan dengan teliti output atau hasil dari perintah-perintah seperti show vlan, show mac address table, show vtp,show spanning-tree, show trunk dan show cdp neighbor detail. Biasanya soal yang ditanyakan selama ini adalah 5 soal dari 8 soal di atas.

Source :9tut.com
Selamat belajar, selamat datang di CCNA Club