Dua kata berikut ini harus dipahami benar biar bisa mengerti tentang topologi jaringan. Kata pertama adalah fisik(Physical) dan kata kedua adalah logika(logical). Ibarat orang, fisik dan logika adalah jasmani dan rohani.

Dalam dunia komputer kata fisik dan logika sering sekali dipakai sebagai istilah untuk melukiskan 2 keadaan atau situasi atau kondisi yang berbeda tapi saling terkait. Kata logika dipakai untuk melukiskan kondisi yang terjadi di dalam kondisi yang digambarkan oleh kata fisik.

Kata Fisik (Physical) biasanya dipakai untuk menggambarkan beberapa keadaan berikut ini:

1. Sesuatu yang kelihatan secara kasat mata atau dirasakan secara fisik.
Physical disk berarti bentuk fisik dari sebuah disk seperti hardisk, disket, flashdisk dan DVD.

Sedangkan physical topology berarti topologi fisik yang terlihat secara kasat mata berupa susunan kabel, perangkat-perangkat jaringan yang terkoneksi dan perangkat lain yang kelihatan bentuk fisiknya dan bisa tertangkap panca indera. Sama seperti badan atau jasmani kita.

2. Sesuatu yang merupakan bawaan dari produsen dan tidak bisa diubah-ubah oleh konsumen.
Contohnya adalah Physical address atau Mac address. Mac address tidak bisa diganti oleh penggunanya.

Kata logika (Logical) dipakai untuk menggambarkan keadaan seperti berikut ini:

1. Sesuatu yang tidak kelihatan secara kasat mata atau dirasakan keberadaannya secara fisik, keberadaannya hanya bisa diketahui melalui perantara seperti program atau software atau operating sistem.

Contohnya : Logical disk. Dalam dunia komputer logical disk dikenal sebagai partisi.
Logical disk lebih bersifat software karena hanya bisa diketahui melalui perantara sebuah software atau operating sistem. Tanpa software keberadaan logical disk tidak bisa dirasakan.

Tanpa menyalakan komputer kita tidak tahu berapa banyak partisi atau logical disk yang ada dalam suatu komputer. Berbeda dengan physical disk cukup membuka casing CPU sudah bisa diketahui diketahui kondisinya.

Secara logika, topologi jaringan merupakan susunan dari suatu proses atau kegiatan yang terjadi dalam jaringan fisik, dan kegiatan itu tidak terlihat secara kasat mata.

 2. Sesuatu yang bisa diubah-ubah oleh penggunanya.

Contoh: IP address, Ip address bisa disebut juga sebagai logical address karena bisa diganti-ganti melalui perantara software atau operating sistem. Begitu juga dengan Logical disk, bisa kita atur semau kita.

Pemahaman yang baik tentang kondisi fisik dan logik akan sangat membantu untuk memahami lebih jauh tentang topologi jaringan komputer.