Cara paling sederhana menjelaskan tentang topologi jaringan adalah dengan mengelompokan dahulu susunan jaringan komputer menjadi 2 macam.

 Dua kelompok Topologi Jaringan adalah sebagai berikut: 

1. Jaringan atau susunan yang kelihatan atau tampak secara kasat mata alias topologi fisik atau physical topology.

2. Jaringan atau susunan yang tidak kelihatan atau tidak tampak secara kasat mata alias topologi logikal atau Logical Topology.

Berikut uraian singkat tentang jenis-jenis topologi fisik dan topologi logika.

1. Topologi fisik 
Ada beberapa jenis topologi fisik, yaitu:

a. Point to point 
Model ini hanya bisa menghubungkan dua buah komputer secara langsung, tidak bisa lebih. Topologi model point to point biasa dipakai dalam kegiatan maitenance atau perbaikan. Dalam proses perbaikan biasanya koneksi ke suatu tujuan dijadikan point to point dulu, hal ini bertujuan untuk mengisolasi jaringan dan mengetahui di mana letak sumber masalah(kegiatan testing atau pengetasan).

 b. Topologi BUS 
Pada topologi BUS masing-masing komputer terhubung langsung pada satu jalur utama. Mirip dengan rute bus di jalan beserta halte bus. Jalan diandaikan seperti jalur utama sedangkan halte-halte sepanjang rute dianggap sebagai komputer-komputer. Topologi bus sudah tidak populer lagi saat ini. c. Topologi Ring 
Modelnya secara kasat mata menyerupai sebuah cincin di mana komputer-komputer yang terhubung membentuk sebuah lingkaran. Komputer-komputer yang terhubung secara fisik dengan model ini biasanya berfungsi sebagai penyambung atau perantara bagi komputer lain di sebelahnya.

d. Topologi Star 
Topologi star atau bentuk bintang adalah topologi yang paling banyak dipakai saat ini. Semua komputer dalam jaringan secara fisik tidak terhubung secara langsung tetapi melalui sebuah terminal perantara. Terminal itu berupa hub atau switch.
e. Topologi Mesh atau jaring 
Topologi mesh terlihat rumit karena masing-masing komputer terhubung secara langsung dengan semua komputer yang ada dalam satu jaringan tanpa melalui perantara. Teknologi mesh tidak terlalu banya dipakai pada jaringan kabel karena rumit dan biayanya besar, tapi model jaringan ini sangat cocok dipakai pada jaringan wireless.

2. Logical Topology 
Topologi logika merupakan struktur dari sebuah jalur atau rute yang dilalui oleh signal atau data dari suatu komputer ke komputer lain.
Rute yang dilalui oleh data pada topologi logika bentuknya sama dengan struktur pada topologi fisik. yang dilalui oleh data tidak selalu mengikuti struktur fisiknya. Contoh pada jaringan yang menggunakan ethernet, secara susunan fisik terlihat menyerupai bintang tapi secara aliran data atau secara logika bentuknya berupa topologi bus.

Sulit memang memahami secara kasat mata susunan rute yang dilewati oleh data dalam topologi logika, namun dengan memahami prinsip kerja dari beberapa protocol dan teknologi pendukung seperti Ethernet, hub, switch, bridge, wireless dan mac address maka saya jamin pasti akan lebih membuka pikiran kita tentang topologi dari jaringan (network) dalam teknologi komputer.