Memilih nama domain untuk website atau blog sangat merepotkan, sangat membingungkan, sangat melelahkan, terlalu banyak pertimbangan, sampai-sampai unsur-unsur mitos dan feng shui turut dilibatkan, hahaha lebay banget. Saya sendiri juga pernah mengalami pusing tujuh keliling, bahkan seharian waktu saya habis untuk memilih dan menentukan nama domain sendiri yang untuk blog.Tidak Perlu Bingung Memilih Nama Domain Yang Tepat Untuk Blog atau Website

Memilih nama domain ternyata ada ilmu dan triknya, meskipun harus dipikirkan dan dipertimbangkan secara baik karena nama domain adalah identitas dari sebuah website. Namun jika kita mengetahui apa sebenarnya yang kita butuhkan dan apa tujuan atau isi website kita, maka memilih nama domain tidak akan membuat kita kebingungan dan sampai menyita waktu kita.

Sebagai langkah pertama,

Yang mesti kita lakukan adalah mengenal karakter blog atau website kita. Apa tema, isi dan tujuan blog atau website tersebut. Jika anda sudah cukup mengenal dan memahami tema dan tujuaan blog maka hal tersebut akan sangat mempermudah dalam menentukan nama domain.

Untuk langkah kedua,

Silahkan cermati tips-tips cara mudah tentukan nama domain berikut ini:

  1. Usahakan pilih nama domain yang sesingkat mungkin

Jika nama domain kita terlalu panjang dan rumit maka calon pengunjung akan kesulitan untuk mengetikan alamat website kita dan bisa berakibat pada salah ketik alamat dan malah kunjungan lantas nyasar ke alamat website lain.

  1. Pilih nama domain yang mudah untuk diketik

Jangan memilih kata-kata yang memiliki dua huruf berurutan yang sama, banyak kata dalam bahasa Inggris yang memiliki dua buah huruf double yang sama, contohnya: business atau express. Pilihlah kata-kata yang tidak memiliki dua huruf double seperti itu supaya mudah untuk diketik dan tidak keliru.

  1. Gunakan kata kunci

Tujuan pemakaian alamat website kita dengan kata kunci agar mudah ditemukan oleh mesin pencari. Karena konon katanya mesin pencari seperti google akan mengecek dulu pada bagian alamat atau nama domain apakah ada kata kunci yang tersedia di bagian tersebut baru kemudian dicek di bagian konten atau isinya. Hahaha… kalau anda belum begitu paham soal kata kunci, tidak perlu bingung ikutin saja tips ini karena sudah banyak yang teruji, jika tidak ketemu kata kunci juga tidak apa-apa, tinggal bagian kontennya diisi kata kunci.

Contohnya begini, anda sedang mengembangkan sebuah blog tentang jam tangan atau mainan anak, nah alamat website atau nama domain yang ada kata kuncinya tuh seperti ini. Jamtanganmurah.com atau mainananakkeren.com, kira-kira seperti itu. Kata kuncinya adalah jam tangan murah dan mainan anak.

  1. Apakah ada target wilayah yang mau disasar oleh website kita.

Biasanya website jualan online biasa menambahkan lokasi target dari website tersebut. Misalnya mainan anak murah di daerah Bekasi, maka nama domainnya bisa seperti ini www.jual mainananakbekasi.com atau mainanmurahbekasi. Kurang lebih seperti itu.

  1. Jangan menggunakan angka dan tanda sambung –

Hindari pemakain angka pada nama domain kita karena orang akan menulis angka dalam bentuk tulisan seperti 2 ditulis dua. Begitu juga dengan tanda sambung, biasanya orang akan mencari bentuk standar penamaan domain tanpa symbol seperti tanda hubung. Tidak semua orang paham dan mengingat sampai sedetail-detailnya bahwa nama domain bisa ditulis dalam bentuk angka atau tanda sambung.

  1. Mudah diingat

Alamat atau nama domain yang baik adalah yang mudah diingat. Selain karena untuk mempermudah orang kembali berkunjung juga karena banyaknya alamat atau domain yang sudah terdaftar hingga saat ini.

  1. Cek soal potensi pelanggaran hak cipta atas sebuah nama.

Pastikan bahwa nama domain yang kita pakai tidak sama dengan nama sebuah perusahaan atau instansi sehingga tidak ada saling klaim terkait siapa yang berhak menggunakan nama untuk sebuah domain. Contoh seperti kasus nama domain sony.

  1. Bagus mana .com atau .net ( dot com atau dot net )

Pilihan .com atau dot net tentu ada pertimbangannya, meskipun kita bebas memilih mana saja sesuai yang tersedia namun sebaiknya pertimbangkan hal-hal berikut ini :

a.   .com  biasa dipakai untuk website yang isinya apa saja, bebas

b.   .net  biasa atau sudah identik untuk alamat website perusahaan yang bergerak di bidang bisnis internet

c.   .info  biasa atau sudah identik untuk alamat website yang berisikan informasi

d.   .org  biasa atau sudah identik untuk alamat website dari sebuah organisasinon komersial dan organisasi amal

e.   .biz  biasa atau sudah identik untuk alamat website dari sebuah perusahan bisnis atau komersial, sepertisitus e-commerce

d.   .me  biasa atau sudah identik untuk alamat website pribadi atau blog pribadi.

  1. Secepatnya mendaftar

Setelah sudah yakin dan belum ada yang pakai, maka langsung segera saja mendaftar agar tidak didahului oleh orang lain.

Semoga berguna