Ketika komputer tidak bisa konek ke jaringan maka yang pertama dan terus divonis bersalah pasti LAN card atau konfigurasi LAN.

Sebelum menyalahkan LAN card maka ada baiknya melakukan pengecekan terhadap beberapa hal yang sekiranya dapat menjadi penyebab tidak koneknya komputer satu dengan yang lain.

 Berikut adalah langkah-langkah yang mesti dilakukan untuk memastikan apakah masalahnya pada LAN Card, konfigurasi LAN, masalah hardware  dan software LAN card.

1.    Cek firewall pada komputer.
Pastikan firewall berstatus off atau jika anda paham tentang cara mengatur setting-an firewall silahkan disetting sesuai dengan kebutuhan, jadi tidak harus dimatikan.
Control panel >> Network connection >> windows firewall

2.    Cek status LAN
Pastikan LAN connection pada komputer tidak berstatus disable.
Cek melalui:  Control panel >> Network connections ( Win XP ) >>  atau network and internet (Win7) >> Network and sharing center >> change adapter setting  >> pastikan LAN Card tidak ter-disable.
JIka disable ubah menjadi enable.

3.    Pastikan kabel tercolok dengan baik.
Kadang meski lampu indikator menyala tetapi koneksi belum bisa tersambung, pastikan bahwa konektor kabel sudah bercolok dengan sempurna pada tempatnya.

4.    Cek IP konfigurasi
Buka command prompt, jalankan perintah ipconfig /all, cek ip address, subnetmask dan default gateway, apakah sudah sesuai.

5.    Cek koneksi Fisik
Jika antara komputer satu dengan yang lain terhubung melalui hub atau switch, pastikan kabel LAN tercolok dan indikator pada switch menandakan bahwa komputer sudah terhubung secara normal. Jika ditemukan adalah keanehan pada indikator maka lakukan reset switch dengan cara mati dan nyalakan lagi perangkat switch tersebut.

6.     Pastikan Komputer lain tidak bermasalah
Biasanya pada LAN terdapat lebih dari satu komputer. Pastikan bahwa koneksi dari komputer lainnya tidak bermasalah.

7.    Jalankan perintah ping ke localhost, pastikan muncul pesan reply, jika tidak reply atau Request time out, maka secara Operating system LAN card tidak terdeteksi.  Artinya driver LAN card tidak terinstal secara benar.

8.    Jika ping ke tujuan ada reply maka belum tentu keduanya sudah terkoneksi. Pastikan bahwa pada komputer lawan hasil ping ke komputer kita terdapat reply. 
Jika tidak cek firewall, jika firewall bawaan windows sudah off maka cek antivirus. Beberapa antivirus memiliki fitur firewall yang dapat memblok koneksi ke komputer tersebut.

Kesimpulannya adalah tidak perlu tergesa-gesa menyalahkan LAN card terutama terkait hardware atau software-nya, lakukan langkah-langkah di atas untuk memastikan bahwa ada penyebab lain yang membuat koneksi terputus atau  bermasalah.