Salah satu cara hemat dalam berinternet adalah dengan membagi koneksi internet, satu sambungan digunakan secara bersama-sama. Banyak cara bisa dilakukan untuk berbagi sambungan atau koneksi internet, mulai dari yang sederhana sampai yang rumit dan membutuhkan tambahan hardware dan software khusus yang mahal harganya.

Berikut ini adalah metode yang umum digunakan agar satu koneksi internet yang diberikan dan diperbolehkan oleh ISP dapat dipakai oleh lebih dari satu komputer yang pada LAN.

1. Network Address Translation atau NAT 
Syarat utama sebuah komputer bisa terkoneksi ke internet adalah harus memiliki dan menggunakan IP Publik. IP Publik biasanya diberikan oleh ISP kepada pelanggannya per satu koneksi atau sama artinya hanya untuk satu komputer.

Jika pelanggannya terdiri atas lebih dari satu komputer maka komputer lainnya harus mengajukan IP publik kepada ISP bagi tiap-tiap komputer yang ingin terkoneksi ke internet. Tentunya biayanya  sangat mahal.

NAT hadir dengan memberikan solusi atas masalah IP address untuk konek ke internet tersebut. Dengan adanya NAT, cukup satu IP publik maka semua komputer lain yang tidak dapat jatah IP publik bisa terhubung ke internet.

2. Proxy Server
Proxy server adalah sistem komputer atau aplikasi yang dipakai sebagai perantara antara komputer klien dan server yang lain.

Ketika sebuah komputer klien yang  sedang membutuhkan koneksi, file-file, halaman web dan resources lainnya dari sebuah server,  terhubung dengan sebuah proxy server maka proxy server akan mengecek permintaan tersebut dan membantu mempermudah dan mencarikan solusi atas permintaan tersebut Saat ini sebagian besar proxy adalah proxy web, dipakai untuk memfasilitasi akses ke konten di World Wide Web.

Proxy server berbeda dengan NAT. Proxy server bekerja berdasarkan permintaan atas kebutuhan yang terkait dengan aplikasi sedangkan NAT bekerja dengan menerjemahkan IP Address Publik menjadi IP address Private atau sebaliknya.

3. Windows Internet Connection Sharing (ICS)
Internet Connection Sharing adalah fitur dari Windows sistem yang dapat membagi koneksi internet pada sebuah komputer.

Sebuah komputer yang terhubung ke internet melalui koneksi modem dan membagi koneksi internet dengan komputer lain melalui interface LAN lainnya yang ada pada komputer tersebut.  ICS adalah cara yang paling sederhana untuk berbagi koneksi internet, tidak butuh server dan aplikasi khusus.

Wifi hotspot dengan menggunakan access point tidak bisa dikategorikan sebagai metode dalam membagi koneksi internet, wi-fi hanyalah media penghubung, metode yang dipakai pastilah menggunakan salah satu dari tiga metode di atas.