Ketika menjalankan komputer dan terasa ada keanehan pada sistem dan program komputer kita, di mana terlihat ada program yang rasanya tidak pernah diinstall tapi ada dalam daftar all programs atau terasa tidak seperti biasanya, bersiap-siaplah! kemungkinan besar komputer kita sedang dihack.

Selanjutnya apa yang mesti dilakukan untuk menghadapi situasi ini. Pada posting yang terdiri dari dua bagian ini akan dibahas mengenai langkah-langkah awal yang mesti kita lakukan untuk mencegah munculnya berbagai keanehan dan situasi yang tidak biasa ini pada sistem komputer yang kita gunakan sehari-hari.

Sebelum melakukan tindakan pecegahan maka kenali dulu gejala-gejala aneh yang mengindikasikan bahwa komputer kita sudah terserang oleh hacker, berikut adalah tanda-tandanya: 

1. Program baru telah diinstal pada komputer kita, di mana kita tidak pernah menginstal ( meskipun beberapa software, terutama software gratisan yang biasa tanpa sengaja terinstal ).

2. Munculnya dokumen baru pada komputer.

3. Ada dokumen yang hilang, di mana kita tidak pernah meresa menghapusnya ( Pastikan dahulu sebelum membuat kesimpulan bahwa dokumen kita telah diambil karena biasanya secara tidak sadar kita menghapus sebuah dokumen, cek pada recycle bin).

4. Munculnya popup program meski tidak kita klik atau dijalankan.

5. Adanya pesan pop – up yang aneh yang tidak berasal dari program yang biasa kita gunakan.

6. Password telah berubah ( Pastikan kita tidak salah menggantinya atau karena alasan lupa).

7. Sistem keamanan operating sistem yang jalan pada komputer tiba-tiba berstatus nonaktifkan .

8. Untuk tingkatan yang lebih parah, di mana komputer kita dapat melakukan aktivitas yang rasanya mustahil seperti mouse bergerak dan klik pada hal-hal tanpa ada tindakan oleh Anda , misalnya.

9. Informasi terkait data pribadi yang seharusnya tidak tersebar secara bebas di internet sekarang bisa dengan mudah diakses orang melalui internet publik.

10. Munculnya catatan pada layar desktop yang tidak pernah kita buat dan kita letakkan di desktop.

Dengan segera dan secepat mungkin kita mengetahui keanehan dan gejala pada sistem komputer kita yang tidak biasanya maka kerugian yang kita alami bisa diminimalisir sekecil mungkin.

Wasapadalah selalu bahwa tidak hal yang tidak mungkin dalam dunia teknologi, sekecil apapun celah yang ada bisa dimanfaatkan orang secara tidak bertanggung jawab. 

Pada posting berikutnya akan dibahas tentang tindakan apa yang mesti dilakukan untuk mengantisipasi 10 gejala yang mengindikasikan komputer kita terserang hacker.