Merayakan hari ulang tahun di rumah ternyata penuh dengan beragam resiko yang dapat membuat kita atau anggota keluarga lainnya terluka atau mengalami musibah lainnya, hal ini bisa terjadi karena berbagai aktivitas yang biasa kita lakukan menjelang perayaan dan sesudah perayaan cukup mengandung resiko.

Kegiatan seperti membuat dekorasi dapat membuat kita beresiko terluka atau terjatuh. Bagi anak-anak, kalau tidak berhati-hati saat membuka kado dapat membuat mereka terluka.

Berikut ini adalah kegiatan yang penuh resiko dan tips yang mesti diperhatikan oleh orang tua atau siapa saja yang membuat acara perayaan ulang tahun atau sejenisnya di rumah.

  1. Tips saat membuat dan memasang dekorasi ulang tahun

Dekorasi ulang tahun berupan hiasan adalah sesuatu yang paling wajib ada saat perayaan, memasang hiasan itu adalah pekerjaan yang cukup beresiko.

Di Amerika Serikat, menurut laporan U.S. Consumer Product Safety Commission (CPSC,) atau Komisi  Keamanan Produk Konsumen Amerika Serikat, urusan dekor mendekor adalah penyebab utama atas cedera selama musim liburan. Pada bulan Desember 2015 saja Ada enam korban jiwa dan diperkirakan 14.000 orang masuk rumah sakit karena menjadi korban saat membuat dekorasi saat liburan Natal dan akhir tahun.

Saking bersemangatnya orang untuk membuat hiasan dekorasi yang mengesankan menjadikan orang lupa akan keselamatan diri mereka.

Sebagian besar cedera karena terjatuh, hal ini seperti dikatakan oleh Dr Shawn Evans kepada CNN, terjatuh adalah penyebab paling banyak orang dirawat di rumah sakit pada tahun itu.

Sebaiknya kita mesti berhati-hati dan tidak perlu sampai terjatuh dan beresiko menderita gegar otak, patah tulang, atau sakit punggung.

Untuk menghindari cedera atau terjatuh maka berikut adalah tips yang mesti diperhatikan saat membuat atau memasang hiasan dekorasi:

a. Jangan minum minuman beralkohol saat mendekor

Biasanya kalau perayaan itu identic dengan pesta, pesta biasanya tidak lengkap kalau tidak ada minuman keras. Banyak orang terluka saat melakukan dekorasi karena berada dalam kendali alkohol.

b. Jangan sendirian saat melakukan kegiatan dekorasi

Jika anda melakukan sendirian maka resiko terjatuh sangat besar karena tidak ada orang lain yang bisa anda minta bantuan saat melakukan kegiatan yang penuh resiko.

Jangan biarkan anda atau anggota keluarga anda lainnya melakukan kegiatan dekorasi sendirian tanpa ditemani oleh anggota keluarga lainnya.

c. Periksa tangga sebelum Anda menggunakannya

Pastikan tidak ada anak tangga yang rusak dan pastikan anda atau orang yang menaiki tangga tidak melebihi batas berat yang direkomendasikan. Juga pastikan anak tangga tersebut kering sebelum Anda naik.

d.  Mengatur posisi tangga Anda dengan benar

Tempatkan tangga di atas tempat yang padat. Jika tangga yang tinggi maka harus ada yang memegang tangga agar tidak goyah.

e.  Jangan libatkan anak-anak

Anak-anak biasanya ingin membantu menghias, jangan biarkan mereka melakukan perkerjaan yang berisiko terjatuh.

  1. Hati-hati dengan lilin dan kembang api

Ulang tahun selalu indentik dengan tiup lilin, biasanya anak-anak yang tidak sedang merayakan ulang tahun tetap meminta untuk menyalakan lilin untuk ditiup. Nah, ini peringatan kepada para orang tua untuk selalu berhati-hati agar tidak terjadi kebakaran.

Menurut CPSC, lebih dari 400 kebakaran, 10 kematian, 20 luka-luka, dan kerugian 17 juta US Dolarr akibat kerusakan properti terjadi antara tahun 2010 dan 2012 karena menyalakan lilin di dakat pohon Natal.

Lilin juga menyebabkan sekitar 6.500 kebakaran perumahan setiap tahun, dan korban mencapai sekitar 80 kematian, 650 luka-luka, dan  kerugian 237.000.000 USD akibat kerusakan properti setiap tahun.

Tips :  Membakar lilin dengan aman itu adalah dengan menjauhkan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan yang ada di rumah( kucing atau anjing ). Pastikan lilin tidak ditempatkan dekat benda yang mudah terbakar, seperti kertas dan kain dekorasi, tirai dan furnitur.

  1. Terluka saat membuka hadiah

Ini mungkin  aneh kedengarannya, tapi cedera yang terjadi saat membungkus atau membuka bungkus kado adalah jenis yang paling umum. Meski jarang terjadi luka yang begitu membahayakan dan sampai mengancam jiwa, tetapi anak-anak bisa berdarah.

Luka tusukan terjadi ketika orang menggunakan pisau, gunting, dan benda tajam lainnya untuk  membuka hadiah mereka.

Solusinya sangat mudah yaitu tidak menggunakan pisau dapur (terutama yang kusam dan berkarat,) pena, gunting dan alat-alat yang tidak diperuntukan untuk membuka hadiah.

Para orang tua harus mengawasi dan membantu anak-anak saat membuka kado hadiah mereka.

Semoga berguna.