Menentukan smartphone atau tablet yang akan dibeli sering membuat kita galau bahkan ada yang sampai frustrasi, dengan tips yang akan saya berikan nanti, yakin pastinya tidak akan mengalami galau, stress dan frustrasi.Tips Anti Galau Saat Cari dan Beli Smartphone Tablet

Seperti apa tips jitu anti galau untuk menentukan smartphone tablet yang cocok untuk kita. Cek yang berikut ini

  1. Ukuran layar

Ukuran layar menentukan dimensi, besar kecilnya perangkat. Semakin besar ukuran layar semakin lebar dan panjang smartphone tablet yang akan kita beli. Coba pertimbangkan ukuran panjang dan lebar tablet yang nyaman untuk dipegang atau digunakan.

Selain itu, ukuran layar yang lebar dan besar membuat kita nyaman untuk membaca atau browsing dengan smartphone tablet tersebut.

Menurut saya Smartphone ukuran 4 inch sampai 5 inch adalah pilihan yang ideal, untuk tablet sebaiknya anda pilih yang ukuran 7 atau 8 inchi, 10 inchi terlalu besar dan kurang nyaman saat dipegang.

  1. Kamera depan dan kamera belakang

Ada produsen tablet yang menawarkan produknya tanpa kamera belakang atau tanpa kamera depan dengan harga yang jauh lebih murah dibanding jika ada kamera lengkap. Nah, pertanyaannya seberapa sering kita menggunakan kamera tablet untuk foto-foto?

Kalau saya, tablet itu idealnya cukup satu kamera saja, yang depan cukup, kenapa ?karena dari spesifikasi kamera tablet sudah bisa ditebak seperti apa kualitas hasil photo atau video yang dibuat.

Hasilnya pasti tidak bagus, ya wajarlah dengan kemampuan 2 Mega pixel atau 2 MP ya pasti hasilnya tidak sebagus pakai kamera 8 MP.

Jadi lebih baik pilih tablet yang kameranya satu saja, rasanya sudah cukup, toh jarang dipakai juga.

  1. OS nya Android atau windows

Pilih yang android karena aplikasinya banyak. Kalau windows aplikasinya tidak sebanyak Android tapi lumayan berguna.

  1. Daya tahan battery

Kalo pilih tablet itu minimal daya tahan batterynya di atas 3500mAH jangan yang kurang dari itu. Kalau kurang dari 3000 atau Cuma 2000 mAH maka siap-siap power bank atau pakainya dengan colokan listrik.

Daya tahan battery itu penting karena menentukan berapa lama kita bisa menggunakan gadget kita tanpa harus tercolok ke listrik. Semakin tinggi nilai mAh maka semakin tinggi daya tahan battery-nya.

  1. Versi operating sistemnya yang terbaru atau sudah ketinggalan jaman.

Ini penting, jika versi operating system seperti android atau windows sudah jauh tertinggal dibanding versi terbarunya maka makin sedikit atau tidak banyak aplikasi atau program yang bisa terinstal atau terpasang pada smartphone tablet itu.

Maka dari itu, pilih dan belilah tablet yang versi android atau windowsnya terbaru atau tidak jauh tertinggal. Jangan terkecoh dengan harga yang ditawarkan, biasanya harganya dikasih murah tapi setelah dicek versi androidnya sudah jauh tertinggal dan tidak bisa di upgrade.

  1. Brand dan merk

Jangan pernah membeli karena dipengaruhi tampilan luarnya saja. Tablet apple tampilannya sangat bagus, tapi belum tentu cocok untuk kita. Jadi sebelum membeli buatlah daftar aplikasi apa yang sering kita gunakan dengan tablet atau hp smartphone kita.

Jangan melebih-lebihkan kebutuhan kita, buatlah daftar tersebut dengan jujur apa adanya. Karena kalau tidak jujur apa adanya pasti dilebih-lebihkan dan pasti pilihan kita jauh dari sasaran.

Contoh: anda baru langganan indihome, internetnya kencang, nonton youtube tanpa ada buffer. Anda mau cari tablet buat anak yang pakainya lebih banyak buat nonton youtube sama browsing-browsing saja.

Nah ini yang saya maksud, kita hanya fokus pada dua kebutuhan tersebut, untuk nonton youtube dan browsing. Kita tidak butuh kamera, tidak butuh aplikasi office, tidak butuh aplikasi disain grafis, tidak butuh aplikasi email, tidak butuh aplikasi video editing, tidak butuh aplikasi yang boros memori.

Selama bisa menjalankan program yang kita mau, saya rasa sudah cukup, jangan menambah lagi beban pikiran anda.

  1. Konektivitas

Untuk koneksi yang kita butuhkan sebenarnya dengan wifi dan Bluetooth saja sudah cukup tidak perlu 3G atau 4G. Jangan teriming-imingi dengan kecepatan yang ditawarkan oleh 4G, kenapa?

Masalahnya apakah di rumah anda sudah ada jaringan 4G? Waktu dicoba jaringan 4G di toko yang ada di mall dengan koneksi 4G dan bagus hasilnya, jelas itu karena memang di mall-mall pasti sudah ada jaringan 4G, apakah kondisi yang sama juga berlaku di rumah kita? Belum tentu.

Kalau anda yang sudah langganan indihome atau internet kabel lainnya di rumah, maka yang anda butuhkan adalah koneksi wifi saja. Cukup wifi saja saja.

Sekian saja tips dari saya, jika ada yang masih ide lainnya akan saya tambahkan lagi nanti. Atau mungkin anda punya informasi atau pendapat yang mau disampaikan saya persilahkan.