Teror bom yang baru saja terjadi membuat banyak anak-anak merasa ngeri dan takut dengan dunia tempat mereka berada, ketakutan akan kembali terjadinya ledakan bom, kerusuhan bahkan hal yang terburuk, seperti yang terjadi di daerah konflik peperangan pasti akan selalu menghantui anak-anak.tips-bagi-orang-tua-saat-menghadapi-anak-anak-yang-ketakutan-dengan-situasi-dan-khabar-berita-buruk

Sebagai orang tua, tugas kita adalah memberikan semangat, mengembalikan keberanian mereka, mengembalikan dunia mereka dan memberikan mereka harapan dan menghilangkan ketakutan tersebut.

Berikut adalah tips yang bagi orang tua dalam mengatasi anak-anak yang sedang ketakutan dalam hidup mereka.

1. Beritahukan kepada mereka hal-hal baik tentang dunia

Tunjukan kepada mereka berita-berita yang baik tentang bagaimana orang-orang saling membantu, tentang bagaimana orang-orang saling hidup bertoleransi di sebuah daerah dan masih banyak lagi hal yang lain.

2. Ingat bahwa anak-anak lebih suka mencontoh sebuah perbuatan atau tindakan daripada mengikuti sebuah perintah atau ajakan

Mulai saat ini sebaiknya sebagai orang tua, kita sudah harus menjaga tindakan dan sikap kita. Anak-anak akan melihat dan merasakan situasi yang mereka lihat dari orang tua mereka dibandingkan apa yang dikatakan orang tua mereka.

Jadi ketika berita tentang adanya peristiwa yang menakutkan bagi mereka, seperti terror bom, maka kita jangan menunjukan reaksi berlebihan di depan mereka.

Lebih baik kita bersikap tenang dan menjelaskan situasi yang terjadi dan tidak membuat mereka ketakutan. Ingat anak-anak selalu belajar dan mencontoh apa yang mereka melihat.

3. Jelaskan situasinya sesuai dangan cara berpikir anak

Saya sering ditanyakan oleh anak saya tentang sesuatu yang merisaukannya dan saya biasanya berpikir sejenak sebelum menjawab pertanyaannya.

Yang saya pikirkan adalah bagaimana mencari kata-kata yang membuatnya dapat mengerti, mencari perumpamaan yang pas, yang dapat membuatnya paham.

Jangan langsung mengabaikan atau cuek dengan pertanyaan anak tapi berikan waktu anda untuk memjawabnya.

Ketika dia bertanya kenapa ada terror bom katakan saja “ ada orang yang lagi marah, benci kepada orang lain dan dia coba melakukan sesuatu yang membuat banyak orang sedih, kesal. Orang itu kemungkinan adalah orang yang sudah menjadi gila dan hilang pikirannya”.

4. Berikan mereka rasa aman

Katakan kepada mereka bahwa rumah adalah tempat yang paling aman dari segala tempat, dengan demikian mereka akan merasa lebih aman dan nyaman ketika berada di rumah.

5. Jangan sampai anda lupa untuk memberikan anak-anak kekuatan dengan kata-kata yang baik

Semua kata-kata yang baik yang menurut kita biasa-biasa saja tapi bagi anak-anak itu luar biasa.

Katakan semua kata-kata itu kepada mereka, kata-kata seperti “ selama ada bapak dan ibu maka kalian tidak perlu takut, kami akan berdua selalu menyangi dan melindungi kamu”, tentu akan memberikan semangat dan jaminan akan keamanan.

Semoga berguna.