Salah satu kesalahan yang sering dilakukan oleh para blogger adalah terlalu banyak menghabiskan waktu untuk mengurusi tampilan blog,  terlalu banyak waktu yang seharusnya dipakai untuk menulis artikel jadi terbuang hanya untuk memikirkan dan mengurusi design template. Bagi  mereka design tampilan dari blog adalah hal yang terpenting, isi blog nomor dua.

Saya sudah membuat banyak blog, meski belum ada yang benar-benar sukses, untuk tampilan blog, sudah banyak hal yang saya lakukan untuk memaksimalkan design tampilan blog.

Mulai dari mencoba membuat sendiri, mengambil dan memasang template gratisan dari internet sampai akhirnya saya menyerah, saya mempercayakan design template blog saya kepada ahlinya, ternyata itu keputusan yang menurut saya sangat tepat. 

Saya tidak pernah lagi mempersoalkan design template lagi, coba lihat tampilan norisanto.com ini, ini adalah template premium yang saya dapatkan dengan membayar kepada seseorang yang memang ahlinya dan sudah teruji dalam dunia mendesign template blog.

Yang buat saya sampai membayar untuk sebuah template?

Saya memang sedikit keras kepala, sudah sering saya dengar saran dari sesama blogger bahwa untuk urusan design template jangan dibuat atau dikerjakan sendiri, anda mungkin ahli di bidang jaringan atau jago menulis artikel tapi anda tidak punya jiwa seni, anda tidak punya kemampuan merancang suatu tampilan blog yang enak untuk dilihat orang.

Anda tidak punya kemampuan lebih untuk memadupadankan warna-warna agar cocok dan pas, anda tidak punya cukup pengalaman untuk memutuskan jenis font apa yang baik untuk blog yang banyak diisi artikel.

Anda tidak punya pengetahuan yang baik tentang susunan widget yang baik dan benar agar blog anda menjadi menarik, sampai kapan anda hanya mencoba dan mencoba, meski suatu saat anda berhasil menjadi master untuk urusan desain template, tapi sudah berapa banyak waktu anda terbuang untuk yang seharusnya tidak anda kerjakan sendiri.

Awalnya pusing juga dengar nasehat seperti itu, membayar untuk sebuah template? Hmmm nanti dululah.  Yang ada dipikiran waktu itu, bayarnya pakai kartu kredit? Pakai transfer atau cara apa? Siapa yang jualan template? Bisa dipercara tidak? Orang dalam negri atau dari luar? Harganya pasti mahal, belinya dalam dolar, lewat paypall… waaah ribet.

Kendalanya banyak apalagi kalau tidak punya kartu kredit. Sudahlah pake gratisan saja, terus custom sendiri, toh blogging juga cuma iseng-iseng saja.

Semakin banyak posting semakin banyak kunjungan yang datang, sadar bahwa makin banyak orang yang lihat blog saya. Maka kemudian saya mulai membandingkan tampilan blog saya dengan blog lain terutama para blogger dari luar, rasanya tampilan desain blog mereka sangat bagus, sangat pas di mata, sangat professional.

Sesaat kemudian saya sendiri merasa risih dengan tampilan blog saya, jauh dari kesan pro, sangat amatiran, banyak yang tidak pas.

Saya mulai terpikir untuk segera mencari template blog yang lebih terkesan professional meskipun cuma gratisan, setelah ketemu template yang lumayan bagus maka berikut saya coba custom, meng-custom blog ternyata tidak seperti dulu lagi, versi html dan CSSnya sudah berbeda dengan dulu.
Banyak sekali perubahan, mesti cari dan pelajari ulang  manual booknya, dengan susah payah berhasil juga meng-custom template. Tetapi beberapa waktu kemudian rasanya ada yang kurang pas dengan tampilan blog, pada perangkat mobile seperti smartphone dan tablet sepertinya terlihat kurang bagus.

Ada beberapa bagian yang terlihat melebar, saya coba lagi mengcustom tapi tidak juga maksimal usaha saya. Hasilnya cuma capek sendiri, stress sendiri, untung  gak gila sendiri.

Bayangkan, waktu yang saya habiskan bisa seharian meng-custom template blog dengan hasil yang hampir tidak jauh berbeda dari template-template sebelumnya yang saya pasang. Saat asik mengcustom template blog tidak terasa waktu begitu cepat tanpa hasil yang maksimal. Rasanya semua usaha sudah dikerahkan secara maksimal.

Saya mulai curiga, apakah karena template yang saya gunakan itu merupakan template gratisan yang tidak terlalu di-support oleh pembuatnya sehingga hasilnya pun tidak maksimal. Apa mungkin karena gratisan sehingga ada beberapa kunci untuk customisasi yang disembunyikan oleh oleh pembuatnya.
Mungkin butuh keahlian khusus untuk mencari dan membuka kunci itu, saya rasa ini bukan keahlian saya. Bisa saja sih dipelajari tapi butuh waktu yang panjang, banyak hal lain yang bisa dikembangkan dari pada menghabiskan banyak waktu untuk hal yang sebenarnya ada solusi gampangnya.

Sekarang cara pandang saya sudah mulai sedikit berubah, tidak lagi terfokus pada customize template gratisan yang banyak menghabiskan waktu, konsen saya adalah mengembangkan isi blog, design-nya nanti belakangan sajalah.

Sambil menyelam minum air, sambil buat artikel sambil cari template premium. Akhirnya ketemu beberapa template bagus namun sayang penjualnya dari India sana. Wah bisa kacau kalau sampai angka kartu kredit masuk internet… maklum pernah punya pengamalan buruk dengan CC jadi agak paranoid dengan hal-hal begitu.

Cari lagi dan ketemu juga template blog seperti yang sekarang terpasang ini. Template blog ini adalah buatan  putra Indonesia, namanya Sugeng dan dipanggil mas Sugeng, alamat blognya mas-sugeng.com.

Pertama kali lihat demonya saya langsung tertarik tapi saya agak ragu waktu mau beli namun setelah lihat harganya dan testimony dari para pelanggannya saya jadi berani. Bayarnya cukup pakai transfer duit antar rekening bank, tidak perlu kartu kredit.

Resikonya juga kecil sekali cuma 80 ribu rupiah hilang, namun ternyata si mas sugeng cukup professional, paket penjualannya lengkap dengan manual yang bagus dan sangat membantu untuk mengatur template blog tersebut.

Saya sendiri cukup puas dengan template blog tersebut, selain tampilan blog terlihat lebih professional, template ini juga sudah mobile friendly, cocok dan pas buat perangkat mobile  seperti smartphone dan tablet. Nyesal juga ya kenapa dari dulu tidak pakai template premium yang bayar, ruginya cuma 100 ribu, untungnya sangat besar.
Saya sendiri kalau melihat coding di template ini rasanya lama baru berhasil membuat yang seperti ini, mungkin karena bukan keahlian saya, maka dari itu saya tidak mau mengerjakan sendiri urusan design template, saya percayakan saja kepada ahlinya yang terpercaya. Bagaimana dengan anda? Selamat mencoba

Semoga membantu.