Anda yang sudah puluhan kali melempar surat lamaran via email, via pos, bahkan sudah sering diinterview, ikut psikotes tapi masih belum diterima kerja dan sudah mulai kehilangan gairah dan semangat; Sebenarnya anda tidak sendirian, banyak orang seperti itu.Tips Bagi Yang Belum Dapat Kerja Agar Tetap Semangat

Kita tidak pernah tahu seperti apa perjuangan orang lain yang sudah berhasil mendapatkan kerja, bagaimana perjuangan mereka sampai berhasil mendapatkan pekerjaan itu? apakah jauh lebih berat dari yang kita kira?

Apakah  jauh lebih berat dari situasi yang kita hadapi saat ini? Apakah mereka yang mendapatkan pekerjaan dengan mudah itu benar-benar murni karena usaha atau ada koneksi orang dalam yang membantu?

Usaha kita  untuk mendapatkan pekerjaan itu ibarat seperti orang yang sedang naik sepeda, kita harus terus mengayuh, menjaga keseimbangan, selalu melihat, mengawasi, waspada dan menganalisa situasi di depan, jika tidak maka kita akan berhenti ditempat dan tidak pernah mencapai tujuan kita.

Sama juga saat kita mencari sebuah pekerjaan, kita harus terus mencari informasi, selalu terus bersiap diri dan terus berusaha menyakinkan perusahaan pencari karena saat kita berhenti berusaha untuk mencari maka tidak akan ada perusahaan atau kantor yang tahu bahwa sebenarnya anda butuh dan berniat untuk bekerja.

Salah satu faktor yang membuat orang kehilangan semangat dan mulai berhenti untuk mencari kerja adalah hilangnya motivasi, berikut adalah beberapa tips yang bisa kita terapkan sehingga kita selalu termotivasi dan tidak pernah putus asa dalam mencari kerja.

1.    Tetaplah menyibukan diri dengan melakukan pekerjaan yang sifatnya sosial.

Cari kesibukan dengan mencoba melakukan pekerjaan-pekerjaan sederhana yang ada di sekitar kita misalnya membantu tetangga yang sedang membutuhkan bantuan atau mencari pekerjaan yang sifatnya sukarela.

Pekerjaan sukarela itu tidak sulit kita temui di sekitar kita, misalnya menjadi pengurus di organisasi keagamaan, mengunjungi orang sakit, membantu di posyandu, membersihkan got di sekitar rumah, menawarkan kepada tetangga untuk mengecat ulang rumah mereka.

Banyak sebenarnya pekerjaan yang dapat kita lakukan untuk mengisi kekosongan hari-hari kita menunggu panggilan kerja datang dan siapa tahu pekerjaan yang sifatnya sosial tersebut ternyata bisa menjadi pembukan jalan untuk pilihan bisnis bagi kita sehingga kita tidak perlu lagi mencari kerjaan kantoran.

Dan siapa tahu juga kita bertemu dengan tetangga  kita atau seseorang  yang nota bene seorang pejabat penting di kantornya dan bisa merekomendasikan kita untuk masuk ke perusahaan tempat dia bekerja tanpa melalui proses yang panjang dan berliku.

2.    Lakukan olahraga rutin

Karena sedang menganggur maka cobalah untuk rutin berolahraga di pagi atau sore hari, buatlah tubuh kita selalu bergerak, selalu usahakan jangan sampai kita berdiam diri dalam waktu yang lama.
Menjaga tubuh tetap sehat ada baiknya karena proses penerimaan karyawan biasanya ada pemeriksaan medis dan jika suatu waktu kita menghadapi tes medis maka kita tubuh kita sudah siap menghadapi tes itu.

3.    Mengatur barang-barang bekas jaman kuliah dulu

Barang-barang semasa kuliah pasti banyak yang sudah tidak terpakai lagi, seperti buku atau mungkin printer atau komputer PC. Nah, coba atur kembali kamar anda dari tumpukan benda-benda yang berbau kuliah. Jika ada yang tidak diperlukan lagi, cobalah untuk disumbangkan kepada yang membutuhkan.

Melihat kembali barang-barang kuliah dulu membuat kita kembali teringat akan cita-cita kita semasa kuliah dan kembali bersemangat bahwa tujuan kita kuliah sampai lulus adalah untuk mendapatkan pekerjaan yang lebih baik dibanding jika kita hanya berkerja dengan ijasah SLTA.

4.    Belajarlah dari orang yang sudah berhasil mendapatkan pekerjaan

Siapa tahu ternyata selama ini ada yang kurang atau ada kesalahan yang kita lakukan selama proses perekrutan; Cobalah untuk mencari tahu apa saja tips atau kunci sukses yang membuat seseorang dapat diterima bekerja di sebuah perusahaan.

5.    Yakinlah bahwa Tuhan tidak tidur dan memiliki rencana atas diri kita.

Iman dan kepercayaan akan membuat kita selalu bersemangat bahwa ada rencana lain yang sedang Tuhan buatuntuk diri kita. Yang perlu kita lakukan adalah tetap bersabar dan terus berusaha.

Cobalah pergi ke tempat-tempat ibadah yang belum pernah kita kunjungi di sekitar tempat tinggal kita. Kunjungi tempat tersebut di luar waktu orang biasa berkunjung agar suasananya lebih sepi dan tenang, berdoalah sejenak untuk menyampaikan maksud tujuan dan kesulitan yang kita alami.

Teruslah berusaha dan tetap semangat.