Ketika anda masih berada di jalan dan waktu masuk kantor sudah lewat maka beberapa saat kemudian pikiran anda akan memasuki kondisi terburu-buru, buru-buru mode ON, hahahah.

Sikap dan tindakan yang  terburu-buru, tidak sabaran, sebenarnya ada penyebab dan pasti ada solusinya.

Berikut ini adalah cara-cara mengatasi kebiasan terburu-buru yang kita lakukan sehari-hari:

      1.       Jangan buat janjian meeting terlalu mepet

Misalnya kita punya 2 meeting dalam sehari, nah jarak antara meeting pertama dan kedua tidak boleh terlalu dekat, jangan sampai meeting pertama dan kedua tidak ada jeda waktu sama sekali.

Jika waktu meeting terlalu mepet maka kita akan dikejar-kejar untuk segera mengikuti meeting berikutnya dan tentu kita akan terburu-buru.

Aturlah selisih waktu antara meeting pertama dan kedua dalam jeda waktu yang cukup lama, kurang lebih 2 jam.

      2.       Alokasikan waktu lebih untuk sebuah aktivitas

Kalau kita yakin mengerjakan sesuatu tugas yang diberikan dalam waktu 2 jam, maka kita harus memberikan kepastian kepada atasan atau rekan kerja bahwa kita akan menyelesaikan tugas itu dalam waktu 3 jam.

Jangan katakan 2 jam, karena perkiraan waktu yang kita buat bisa saja meleset.

Jika perkiraan waktu kita meleset dari perkiraan maka hasil kerja kita pun pasti berantakan dan terkesan terburu-buru dilakukan.

      3.       Buat jadwal kegiatan dan disiplin dengan waktu yang sudah dibuat.

Jika kegiatan kita untuk hari ini sudah kita atur dari pagi sampai sore maka kita harus konsisten dengan keputusan kita, jangan melakukan kegiatan lain di luar dari yang sudah terjadwal.

Kita biasanya menjadi terburu-buru karena berusaha melakukan banyak pekerjaan di luar dari rencana kita, sehingga jadinya kita terburu-buru dan tidak tahu mana pekerjaan yang mesti diprioritaskan terlebih dahulu.

      4.       Bangun Pagi lebih cepat

Yang suka terlambat sampai di kantor, sebaiknya  bangun dan berangkat lebih pagi. Karena biasanya kalau sudah terlambat bangun pasti akan terlambat sampai di kantor.

Kalau waktunya sudah mepet maka biasanya orang akan terburu-buru, sepanjang jalan ngomel-ngomel, tidak sabaran, dan juga nekat melakukan tindakan-tindakan yang berbahaya.

      5.       Berangkat dari rumah tepat waktu

Berangkat pada waktu yang tepat, sesuai dengan jadwal yang sudah direncanakan maka akan membuat semua kegiatan kita akan sesuai dengan schedule yang sudah kita buat.

Jika sampai terlambat berangkat maka jadwal yang kita rencakanan akan menjadi berantakan dan kita akan menjadi terburu-buru karena waktu yang sudah mepet.

      6.       Prioritaskan tugas yang paling penting untuk diselesaikan

Jika pada jadwal yang sudah kita rencanakan masih banyak tugas yang belum selesai kita kerjakan maka kita tidak harus menjadi terburu-buru dan tertekan.

Kita bisa mereview ulang dan menghapus kegiatan-kegiatan yang skala prioritasnya tidak terlalu penting. Dengan begitu kita masih punya cukup banyak waktu untuk menyelesaikan pekerjaan yang jadi prioritas utama.

      7.       Berani untuk berkata tidak

Banyak tawaran dan ajakan rekan kantor yang jika dituruti bisa membuat anda menunda-nunda waktu untuk menyelesaikan tugas dan tanggung jawab kita.

Kita harus berani berkata tidak karena prioritas kita masih ada yang lain. Keberanian untuk mengatakan tidak adalah sebuah langkah awal untuk menjadikan kita tetap terjadwal sehingga apa yang kita hasilkan bukan karena dilakukan secara terburu-buru.

      8.       Ubah jadwal kegiatan tetap

Untuk menghindari sikap buru-buru maka cobalah mengatur atau mengeser jadwal waktu kegiatan rutin kita. Misalnya waktu makan siang yang jam 12 digeser menjadi pukul 13:00 agar kita tidak terburu-buru saat waktu sudah mendekati jam 12 siang.

      9.       Sempatkan untuk menenangkan diri

Untuk menenangkan diri kita bisa melakukan dengan beristirahat sejenak, bermeditasi sesaat, memejamkan mata sebentar.

      10.   Mulailah bekerja

Jika jadwal kerja anda sudah terasa padat maka segeralah mulai bekerja, dengan bekerja kita akan lupa dengan padatnya jadwal karena fokus kita terpusat pada pekerjaan yang sedang kita hadapi.

      11.   Lakukan pekerjaan yang paling penting terlebih dahulu

Setelah pekerjaan yang penting selesai dilaksanakan maka beban pikiran akan berkurang dan kita menjadi lebih tenang karena tugas yang berat sudah selesai.

       12.   Lakukan persiapan sehari sebelumnya

Jika anda ingin bepergian pada esok hari maka sebaiknya anda menyiapkan perlengkapan perjalanan sehari sebelumnya.

Lakukan segala persiapan di malam sebelumnya agar besok anda tidak terburu-buru.

      13.   Jangan terlalu sering mengecek hape

Mengecek hape akan membuat kita lupa akan tugas dan pekerjaan utama kita, saat kita sadar maka waktu sudah begitu mepetnya sehingga pekerjaan yang kita lakukan pasti akan dicap sebagai hasil dari sebuah perkerjaan yang terburu-buru.

      14.   Jangan menerima telpon

Menerima telpon yang tidak begitu penting, misalnya dari teman yang hanya sekedar mengajak ngobrol akan membuat anda terlena dan tidak fokus saat mengerjakan pekerjaan anda.

Biasanya orang yang bekerja sambil mengobrol, selalu berharap waktu cepat berlalu dan pekerjaan yang ada di depannya dilakukan secara buru-buru.