Buat saya, membeli kamera Action Cam itu sangat membingungkan terutama jika punya budget yang terbatas, kalau punya dana di atas 5 – 10 juta sih gak masalah, tutup mata langsung beli GoPro saja. Tapi bagi yang budget-nya terbatas, ya kira-kira hanya 1, 5juta atau kurang, ya pusing juga sih.

Banyaknya merk kamera Action Cam di pasaran, membuat kita memilih satu di antara yang banyak tersebut butuh kejelian dan ketelitian.

Berikut tips yang perlu diperhatikan untuk menentukan kamera action cam yang tepat untuk dibeli.

Fungsi dan Tujuan Pemakaian Action Cam

Seperti namanya, kamera action cam adalah kamera khusus yang dirancang untuk merekam aksi atau peristiwa yang tidak bisa dilakukan oleh kamera video biasa.

Kamera action cam memang dirancang untuk dipakai di medan yang tidak bisa ditebak, mulai dari yang kasar, keras sampai pada medan yang butuh ketahanan extra dari perangkat kamera tersebut.

Jadi kalau kebutuhan anda tidak masuk dalam kategori ini maka sebaiknya tidak perlu pusing mikirin action cam.

Performa Kamera

Kualitas gambar dan video adalah kunci utama sebuah kamera, tidak terkecuali action cam. Saat ini sebagian besar produsen kamera action cam menjanjikan bahwa produk mereka telah memiliki resolusi 4K dan kualitas gambar yang tinggi, namun resolusi yang tepat sangat tergantung pada penggunaan.

Yang perlu diperhatikan adalah adalah mode rekaman yang ditawarkan produk-produk action cam tersebut, pastikan banyak mode perekaman yang sudah didukung oleh kamera tersebut. Contohnya mode Slow Mo, Time Lapse, Mode Raw, Mode Otomatis dan lain sebagainya.

Aksesoris kamera

Intinya adalah karena action cam dirancang untuk mengambil gambar dari segala sudut yang berbeda-beda maka perlu juga didukung oleh aksesoris yang memadai.

Aksesoris penting untuk mendukung dan memastikan bahwa posisi pengambilan gambar di lokasi (dengan beragam situasi) dapat mampu menangkap berbagai Point of Views (PoV) dan menghasilkan rekaman dan gambar yang berkualitas, unik dan interaktif.

Setiap kamera action cam yang bagus harus memiliki aksesoris dasar seperti: mounting tripod, mounting helm, mounting pada sepeda, mounting sepeda motor, perlengkapan kedap air, aksesoris untuk di air seperti pengikat dan sebagainya.

Dengan aksesoris yang memadai maka kita dapat menangkap gambar dari berbagai sudut secara maksimal tanpa harus mengganggu kegiatan atau aksi utama yang sedang kita lakukan.

Daya tahan baterai

Seperti layaknya sebuah hape maka kita mesti pastikan bahwa jangan sampai kita kehabisan battery di saat momen-momen penting dari aksi kita.

Pastikan kapasitas battery setiap action cam yang kita minati, jangan sampai kehilangan momen penting hanya karena tidak cermat melihat kapasitas battery action cam incaran kita.

Penting untuk dicatat bahwa konsumsi tenaga sangat tergantung pada mode rekaman yang kita atur.

Jadi, sebaiknya dicek terlebih dahulu kapasitas baterai dan rata-rata waktu penggunaannya sebelum memilih kamera action cam.

Rata-rata kamera action cam memilki daya tahan baterai sekitar 2 jam, tetapi jika ingin merekam untuk durasi yang lebih lama, maka siapkan battery cadangan atau bila perlu siapkan juga semacam power bank.

Konektivitas

Kamera yang ideal adalah memiliki konektivitas yang memudahkan penggunanya untuk memindahkan data hasil rekaman ke hape, komputer atau bisa langsung diupload secara online ke sosmed atau pun youtube.

Untuk itu pastikan action cam idaman anda memiliki konektivitas yang lengkap termasuk koneksi Wifi.

Ukuran Dimensi Kamera

Sebelum membeli action cam, kita harus benar-benar paham bahwa tujuan utama dari kamera jenis ini adalah untuk merekam aksi kita pada situasi dan kondisi yang tidak lazim, bisa ditempat yang sempit, di saat hujan, saat di dalam air, saat sedang berkedara saat sedang di udara dan sebagainya.

Kondisi yang tidak biasa tersebut membuat ukuran action cam yang direkomendasikan adalah yang berukuran kecil, makin kecil makin bagus, mudah dibawa, ringan saat dipakai merekam, dapat menjangkau sudut-sudut jauh dengan mudah dan tidak merepotkan saat dipakai.

Jadi berdasarkan kriteria ini maka action cam itu harus yang kompak dan ringan agar mudah dibawa bergerak ke mana pun.

Tahan Banting

Action cam yang bagus itu adalah yang tahan terhadap masalah yang timbul karena faktor alam seperti cuaca, benturan keras pada batu, dan tidak berkabut setelah terendam air.

Kapasitas Memory

Kapasitas memory jauh lebih penting daripada hal lainnya. Pastikan action cam yang bakal dibeli sudah mendukung kartu memori yang berkecepatan tinggi untuk urusan Read dan Write.

Kemampuan menulis dari memory penyimpanan turut juga menentukan kualitas video hasil rekaman.

Kira-kira cukup sekian uraian saya tentang apa saja yang mesti anda pertimbagkan saat berencana untuk membeli acion cam.

Sebagai gambaran untuk anda, berikut adalah 8 Action Cam yang berkualitas dan paling laris menurut sebuah toko online di Indonesia.

1. Kogan Action Camera 4K UltraHD

2. Xiaomi Yi

3. GoPro

4. Brica B Pro

5. Unique Action Camera

6. Eken Action Camera H9R

7. Polaroid Cube Action

8. Cognos Omega 4K C-MAX 8